7 Tips Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Cerdas Agar Dapat Cashback

Punya credit card di dompet? Yuk mulai manfaatkan kartu ajaib ini untuk mendapatkan beragam keuntungan salah satunya cashback. Ini merupakan program pengembalian uang yang diberikan bank penerbit kartu kredit kepada pemegang kartu atas transaksi yang dilakukan.

Jadi, untuk dapat cashback tentunya kamu harus menggunakan kartu kredit tersebut. Contoh untuk makan di resto atau cafe tertentu, belanja, bahkan memesan tiket perjalanan. 

Namun, tak semua tempat dan jenis pembiayaan menyediakan cashback lho. Jadi jangan sampai salah ya. 

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Tips Cerdas Dapatkan Cashback dari Transaksi Kartu Kredit 

loader

Belanja dengan Kartu Kredit

Berikut ini ada beberapa tips memanfaatkan kartu kredit supaya dapat cashback yang bisa kamu coba!

  1. Tepat Memilih Kartu Kredit dengan Program Cashback yang Sesuai

    Ada banyak bank yang menawarkan program cashback untuk jenis kartu kredit dan transaksi tertentu, jadi kamu harus lebih selektif. Akan lebih baik pula jika memilih jenis kartu kredit dengan program cashback yang memungkinkan pengguna untuk bebas bertransaksi belanja tanpa dibatasi jenisnya.

    Jika program cashback yang diberikan hanya untuk transaksi pembelian jenis barang atau merchant tertentu saja, kamu tentunya akan rugi. Beberapa bank penerbit menawarkan program cashback dengan kategori belanja tertentu, seperti belanja di supermarket, belanja online, dan belanja di restoran.

    Selain itu, beberapa kartu kredit juga menawarkan cashback dengan persentase yang berbeda-beda. Pastikan kartu kredit yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk dapat memanfaatkan program cashback dengan maksimal.

    Contoh, kalau kamu suka belanja bulanan di supermarket coba deh pilih jenis kartu kredit yang menawarkan program cashback untuk transaksi tersebut.

  2. Perhatikan Limit Kartu Kredit Tersebut

    Cara memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan cashback selanjutnya adalah dengan mengetahui limit dari kartu kredit tersebut. Bonus cashback biasanya memiliki jumlah maksimal tertentu, misalnya kamu berbelanja barang minimal Rp 1.000.000 dengan cashback 5% maksimal Rp 50.000.

    Jadi, sebanyak apapun saldo yang dihabiskan batas maksimalnya hanya Rp 50.000 saja per transaksi. Contoh, dengan pembelanjaan Rp 1.000.000 cashback yang didapatkan sekitar Rp 50.000 (5% X Rp 1.000.000) pas limitnya.

    Jika berbelanja lebih dari Rp1.000.000 pun, misal Rp 10.000.000 cashback yang didapatkan tetaplah hanya Rp 50.000. Jadi, supaya cashback yang didapatkan semakin banyak dan menguntungkan penting sekali bagi pengguna kartu untuk mengetahui batas maksimal cashbacknya.

    Oh iya, selain itu kamu juga perlu memperhatikan jumlah minimal transaksi untuk mendapatkan cashback. Pastikan pula bunga bank yang dikenakan masih dibawah cashbacknya supaya tidak rugi.

  3. Cari Tahu Promo yang Sedang Berlangsung

    Biasanya bank penerbit akan memberikan promo-promo khusus dalam jangka waktu tertentu. Supaya bisa memanfaatkan promo tersebut dengan baik, cari tahu informasi promo terupdate yang ditawarkan oleh bank.

    Bisa melalui brosur yang disebarkan pihak bank, email, website resminya, media sosial, iklan, dan lain sebagainya. Pihak bank biasanya memberikan promo tersebut supaya pemilik kartu makin rajin menggunakannya untuk bertransaksi.

    Sejumlah promo yang ditawarkan diantaranya adalah poin reward hingga cicilan 0%. Tapi sebelum itu, baca lebih lanjut seputar ketentuan promo tersebut untuk memastikan bahwa kamu sudah memenuhi syarat untuk dapat promo.

    Selain itu, pastikan juga transaksi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan ya. Jangan sampai kamu harus hutang untuk barang atau layanan yang sebenarnya tidak diperlukan hanya untuk mengejar promo.

  4. Manfaatkan untuk Transaksi Tertentu dalam Kegiatan Sehari-Hari

    Ingat, makin sering kartu kredit tersebut digunakan maka makin besar pula cashback yang bisa didapatkan selama transaksi tersebut memenuhi ketentuan. Coba gunakan kartu kredit tersebut untuk transaksi sehari-hari. Mulai dari belanja di supermarket, belanja online, atau makan di restoran.

    Gunakan juga kartu kredit tersebut untuk membayar beberapa tagihan tertentu seperti tagihan listrik, air, telepon, internet, dan sejenisnya.

  5. Gunakan di Merchant yang Bekerja Sama dengan Bank Penerbit

    Biasanya, program cashback dari kartu kredit hanya diberikan untuk merchant-merchant tertentu saja. Jadi, ketahui lebih dulu merchant mana saja yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu.

    Jangan sampai nih, sudah belanja banyak eh ternyata merchant tersebut tidak memfasilitasi program cashback dengan transaksi kartu kredit. 

    Maka dari itu sebelum belanja, tak ada salahnya untuk memastikan merchant atau toko yang dipilih bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit milikmu.

  6. Bayar Tagihan On Time

    Untuk memanfaatkan program cashback dengan maksimal, pastikan melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tepat waktu. Jika perlu, bahkan sebelum jatuh tempo cicilan sebaiknya sudah harus lunas. 

    Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari adanya denda atas keterlambatan pembayaran. Sebab, denda ini tentunya sangat merugikan, terlebih nominalnya bisa lebih besar dari cashback yang sudah didapatkan. 

    Selain itu, bayar tepat waktu juga sangat penting guna mempertahankan credit score yang baik. Supaya dikemudian hari pengajuan pinjaman lebih gampang.

  7. Tukar Poin Cashback dengan Hadiah atau Uang

    Beberapa jenis cashback biasanya berwujud poin, poin ini nantinya bisa ditukarkan dengan uang ataupun hadiah lainnya. Jadi, supaya poin cashback tersebut bermanfaat coba tukarkan dengan hadiah atau uang sesuai kebutuhan.

    Beberapa bank penerbit kartu kredit menawarkan beragam pilihan hadiah seperti barang elektronik, voucher belanja, hingga diskon tiket perjalanan maupun akomodasi hotel. 

    Sedangkan untuk pengembalian uang, pihak bank penerbit akan mengirimkan saldo sesuai cashback ke rekening milikmu dalam jangka waktu tertentu.

  8. Baca Juga: 15 Tips Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan Hemat

Optimalkan Transaksi dan Dapatkan Cashback yang Menguntungkan 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cashback dari transaksi kartu kredit dengan lebih maksimal. Mulai dari pilih jenis kartu yang banyak menawarkan cashback, mengetahui besaran limitnya, sesuaikan dengan promo, hingga sering digunakan, dan bayar tagihan secara on time.

Mendapatkan cashback dari transaksi kartu kredit bukan hal yang sulit. Asal tahu tipsnya, setiap transaksi bisa menghasilkan cashback yang menarik!

Baca Juga: Cermati Macam-macam Diskon dan Promo, Berikut Cara Menghitungnya