Jadikan Penampilan Tetap Maksimal, Begini Cara Tepat Treatment Wajah agar Awet Muda

Siapa tidak ingin memiliki kulit yang tampak glowing dan sehat, serta terlihat awet muda? Khususnya pada bagian wajah, memiliki kulit terawat merupakan salah satu hal yang amat penting bagi kebanyakan orang. Tidak hanya bagi kaum hawa, banyak pria saat ini juga gemar melakukan perawatan atau treatment wajah untuk menjaga penampilannya.

Ya, menunjang penampilan sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang di zaman modern seperti sekarang ini. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau untuk menarik lawan jenis, setiap orang seakan diharuskan untuk bisa menjaga penampilannya agar senantiasa terlihat menarik.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek cukup dalam demi bisa mendapatkan treatment wajah yang maksimal. Lantas, seperti apa sih cara tepat merawat wajah agar mampu mendapatkan hasil sesuai harapan? Tanpa panjang lebar lagi, simak rekomendasi melakukan treatment wajah, kisaran biaya treatment wajah, dan tips mengumpulkan dananya berikut ini.

Baca juga: Tips dan Trik Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Treatment Wajah

loader

Treatment Wajah

Sebelum mencari tahu cara terbaik untuk merawat wajah, kamu perlu memahami dulu bagaimana kondisi kulit dan kesehatannya saat ini. Agar mampu menentukan proses treatment wajah yang penting untuk dilakukan, perhatikan dulu 8 hal ini.

  • Ketahui Masalah Kulit Wajah

    Setiap orang tentu memiliki keluhan yang berbeda terkait kesehatan kulit wajahnya, seperti jerawat, pori-pori membesar, wajah kusam, serta tumpukan komedo. Setiap permasalahan pada kulit tentu membutuhkan treatment yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui dulu masalah apa yang dialami oleh kulit wajah agar mampu menentukan proses perawatan dan produk skincare yang tepat.

  • Kenali Kondisi Tubuh

    Selain itu, sebelum melakukan perawatan, kamu juga harus mengetahui kondisi tubuh terlebih dulu. Selayaknya dengan masalah yang sedang menerpa kulit, kondisi tubuh juga turut mempengaruhi metode perawatan yang perlu diambil nantinya. Jika diabaikan, risiko masalah wajah semakin parah akan menjadi lebih tinggi, termasuk potensi munculnya penyakit lain yang membahayakan.

    Sebagai contoh, jika menderita sakit jantung, tidak dianjurkan untuk melakukan treatment pengencangan wajah dengan metode energi radio frekuensi karena memicu gangguan pada alat pacu detak jantung. Perawatan wajah serupa juga pantang dilakukan oleh ibu hamil karena diketahui mampu memicu efek samping terhadap janin.

  • Pilih Waktu Treatment yang Tepat

    Hal lain yang penting diperhatikan sebelum menjalani treatment wajah adalah memilih waktu tepat untuk melakukannya. Misalnya, beberapa produk perawatan lebih ideal digunakan di pagi hari maupun malam menjelang tidur.

    Penentuan waktu treatment wajah ini juga disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan, seperti berkegiatan lama di bawah terik matahari ataupun banyak berkeringat. Waktu perawatan ini juga berhubungan dengan metode pengobatan yang dilakukan oleh dokter kulit. Contohnya, dokter kulit akan memberi obat tertentu untuk mengatasi jerawat meradang, dan menunggu beberapa saat agar bisa melakukan proses pengobatan lanjutan jika diperlukan.

  • Tak Sembarangan Memilih Skincare

    Sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya untuk menggunakan dulu produk skincare yang tepat agar kulit siap mendapatkan treatment dengan lebih baik. Dengan kata lain, mengaplikasikan skincare ini mampu membuat treatment wajah memberikan hasil yang lebih maksimal, termasuk memberikan perlindungan pada kulit. Selain itu, penggunaan skincare yang tepat juga mampu meminimalkan risiko efek samping perawatan wajah, khususnya bagi pemilik kulit sensitif.

  • Konsultasikan Dulu dengan Ahli

    Bagi yang baru ingin melakukan perawatan wajah, tidak sedikit yang merasa bingung mengetahui kondisi kulit pada wajah dan masalah yang sebaiknya diatasi. Daripada mendiagnosisnya sendiri dan berakhir melakukan perawatan yang kurang tepat, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kulit. Meski harus merogoh kocek lebih dalam, tapi hal ini penting untuk dilakukan guna meminimalkan risiko terjadinya efek samping dan masalah kulit yang lebih buruk nantinya.

  • Perbaiki Gaya Hidup

    Pada dasarnya, masalah kulit erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak tepat, terutama yang berhubungan dengan pola makan. Selain itu, jika sering beraktivitas di luar ruang, kulit juga menjadi lebih sensitif terkena masalah sehingga perlu segera dirawat dengan cara tepat.

    Hal serupa juga berlaku jika kerap melakukan pola tidur yang salah. Kemudian, kalaupun sudah melakukan perawatan wajah, usahakan untuk tak melakukan gaya hidup yang salah agar masalah kulit tak kembali muncul.

  • Cek Budget

    Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, metode perawatan wajah saat ini sudah sangat beragam dengan variasi harga yang berbeda. Tentunya, kamu perlu menyesuaikan biaya treatment wajah ini dengan budget yang tersedia.

    Tergantung dari kebutuhan dan kondisi wajah, anggaran untuk hal ini bisa saja cukup terjangkau dan tak terlalu banyak menguras isi kantong. Tapi, jika memang memiliki budget lebih, jangan ragu untuk mendapatkan perawatan wajah yang berkualitas sekaligus mampu mendapatkan hasil treatment yang maksimal.

  • Pastikan Kredibilitas Klinik Wajah

    Tak kalah pentingnya, pastikan untuk mengecek kredibilitas klinik wajah agar tak mengalami masalah serius akibat salah treatment. Pasalnya, tidak sedikit kasus mencuat akibat sembarangan memiliki klinik untuk perawatan wajah, apalagi yang tanpa sertifikat dan izin layanan. Bila perlu, minta rekomendasi ke relasi terkait tempat treatment wajah yang sudah terbukti memberikan hasil sesuai ekspektasi dan tentunya telah teruji secara klinis serta profesional.

Baca juga: Daftar Dokter Kecantikan Terdekat di Bekasi

4 Rekomendasi Perawatan Wajah

Setelah mengetahui apa saja problem yang mungkin tengah dialami pada wajah, kamu bisa menentukan treatment wajah seperti apa yang perlu untuk diambil. Sebagai rekomendasi, berikut adalah 4 treatment wajah yang umumnya dilakukan untuk menjamin kulit tetap sehat.

  1. Anti Aging Treatment

    Perawatan anti aging berfokus pada pencegahan gejala penuaan pada wajah. Meski umumnya dilakukan pada orang berusia lebih dari 40 tahun, tapi ahli kecantikan menganjurkan perawatan ini dilakukan ketika masih berusia 20 tahunan.

    Terdapat sejumlah tanda penuaan kulit yang umum terlihat, seperti garis mata, smile line, keriput, sampai flek hitam. Penyebabnya tidak lain faktor usia, genetik, paparan sinar matahari, gaya hidup, stres, dan penyakit. Beberapa contoh perawatan anti aging yang bisa dilakukan adalah mikrodermabrasi, dan tanam benang.

  2. Brightening Treatment

    Sementara untuk brightening treatment berupaya mengatasi masalah kulit yang tampak kusam. Perawatan wajah ini populer dipilih oleh banyak orang agar bisa membuat kulit terlihat cerah kembali. Cara perawatan yang dilakukan bisa berupa booster atau penyuntikan kandungan pencerah pada kulit, serta brightening peeling yang proses pengangkatan sel kulit mati sehingga regenerasi kulit menjadi lebih cepat.

  3. Hydrating Treatment

    Sesuai namanya, perawatan ini dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kering maupun dehidrasi. Caranya bisa dengan hydrating facial yang dilakukan untuk membersihkan kotoran pada wajah, seperti sel kulit mati, komedo, dan debu pada wajah bisa terangkat. Untuk biaya treatment wajah ini, bisa dibilang relatif terjangkau dan aman sehingga cukup diminati.

  4. Acne Treatment

    Terakhir ada perawatan jerawat yang muncul pada wajah. Treatment ini bisa dilakukan dengan Intense Pulse Light atau IPL acne menggunakan energi sinar lampu intensitas tinggi agar bakteri pada kulit bisa ditumpas. Selain itu ada pula acne injection yang dilakukan untuk mengatasi jerawat berukuran besar dengan hasil yang instan.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Suntik Putih, Bagaimana Dampaknya untuk Kesehatan?

Tips Kelola Keuangan untuk Biaya Treatment Wajah

Secara umum, biaya treatment wajah bagi sebagian orang memang terkesan mahal dan membebani keuangan. Tapi, bukan berarti jika pengeluaran tersebut tidak bisa terpenuhi saat dibutuhkan. Asalkan pandai dalam mengelola keuangan, biaya treatment wajah pasti tetap bisa terjangkau.

Jika memang merasa perawatan wajah ini sebagai hal yang penting dan wajib untuk dilakukan, masukkan saja pengeluaran untuk hal tersebut pada anggaran kebutuhan pokok. Jadi, biaya treatment wajah termasuk ke dalam pos keuangan utama, selayaknya tagihan bulanan, kebutuhan harian, dan semacamnya.

Apabila dananya terbatas, kamu perlu menekan beberapa pengeluaran lain yang kurang penting dan bisa dihilangkan. Contohnya adalah mengurangi intensitas makan di luar, rajin mencari promo, dan lain sebagainya.

Jika masih kurang, tak ada cara lain selain meningkatkan penghasilan, baik melalui kerja sampingan atau berbisnis. Dengan begitu, barulah ada cukup dana untuk dialokasikan melakukan perawatan wajah ini.

Baca juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Bukan Lagi Kebutuhan Tersier, Treatment Wajah Penting Dilakukan Semua Orang

Karena tuntutan pekerjaan, kehidupan sosial, hingga untuk menarik lawan jenis, semua orang saat ini diharuskan mampu menjaga penampilannya dengan semaksimal mungkin. Salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit dengan rutin melakukan perawatan wajah. Nah, agar mampu lebih optimal menjalani aktivitas treatment wajah dan mengumpulkan dananya, pastikan untuk mengikuti penjelasan di atas, ya!