Tips dan Trik Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah adalah masalah kulit umum yang mempengaruhi banyak orang. Banyak yang merasa menjadi tidak percaya diri dan insecure akibat adanya flek hitam di wajah.

Tidak hanya di wajah, seringkali kita menemukan flek hitam di bagian tubuh baik itu tangan, baru, punggung, dan lainnya.Meskipun flek hitam biasanya tidak berbahaya, flek hitam bisa tidak sedap dipandang dan membuat kulit terlihat kusam dan tersumbat.

Tidak sedikit dari perempuan yang ingin menghilangkan flek hitamnya secara instan. Baik itu melalui penggunaan skincare hingga cara-cara medis. Tapi sebelumnya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu flek hitam dan mengapa bisa terjadi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Flek Hitam?

loader

Flek hitam yang biasa kita jumpai pada muka kita merupakan kondisi kulit yang diakibatkan oleh produksi melanin berlebih sehingga muncul seperti warna coklat pipih kecil di area wajah dengan permukaan yang rata. Flek hitam pada umumnya akan lebih sering terlihat dan muncul di orang berkulit putih. Namun yang perlu diketahui bahwa flek hitam merupakan kondisi yang dinormalkan sesuai bertambahnya usia dan produksi pigmen.

Pada umumnya, flek hitam tidak pernah memberi signal bahaya atau justru tidak butuh pengobatan. Kondisi seperti ini sangat sering terjadi seiring bertambahnya umur serta meningkatnya produksi pigmen. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki flek hitam janganlah takut atau merasa bahaya karena flek hitam hanya mengganggu penampilan.

Penyebab Terjadinya Flek Hitam

Tentu munculnya flek hitam ini disertai beberapa penyebab yang bisa saja kita menyadarinya maupun tidak. Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya flek hitam, yaitu:

  1. Terjadinya bawaan genetik sehingga flek hitam muncul seiring bertambahnya usia. Bagi orang-orang yang memiliki genetik kulit cerah dan rambut pirang atau merah, maka orang tersebut mayoritas mempunyai flek hitam.
  2. Flek hitam dapat muncul akibat dari faktor lingkungan dari sisi geografis. Orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa akan mempunyai melanin lebih banyak daripada orang yang sering terkena matahari. Selain itu, bisa saja terkena sinar matahari dan menghalau radiasi UV.
  3. Penyebab utama munculnya flek hitam juga dipengaruhi oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari dan tanning bed. Hal ini akan lebih mudah muncul jika terjadi pada usia paruh baya. Maka dari itu disarankan untuk memakai sunblock.
  4. Menggunakan obat-obatan yang bisa menyebabkan flek hitam dan membuat kulit lebih sensitif dengan sinar matahari. Beberapa obat diantaranya ada Amiodarone (obat untuk detak jantung yang tidak teratur), Tetrasiklin (antibiotik), Sulfonamida (obat infeksi), Fenitoin (obat antikonvulsan), Estrogen, dan Fenotiazin (obat gangguan mental dan emosional).
  5. Terdapat kondisi tertentu seperti sedang hamil, mempunyai penyakit tumor hipofisis, penyakit hemokromatosis, penyakit Addison, dan penyakit hati dapat menyebabkan munculnya flek hitam.
  6. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam di kulit baik itu wajah maupun tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada ibu hamil atau menstruasi.
  7. Selain itu, terdapat beberapa penyakit kulit yang menyebabkan munculnya flek hitam. Diantaranya yaitu:
    • Hiperpigmentasi pasca-inflamasi: perubahan warna kulit setelah mengalami goresan, ruam, atau jerawat.
    • Chloasma atau sering dikenal dengan Melasma: masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak coklat.
    • Linea nigra: kondisi kulit yang muncul garis vertikal berwarna gelap di area perut hingga tulang kemaluan.
    • Melanosis Riehl: bentuk dermatitis kontak yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
    • Poikiloderma of Civatte: masalah kulit yang mengubah bagian leher menjadi warna coklat kemerahan.
    • Erythromelanosis follicularis: munculnya bercak coklat kemerahan pada wajah dan leher.

4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Medis

loader

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami maupun medis. Berikut merupakan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara medis atau bantuan dokter yang mana kamu harus mengunjungi dokter kulit. Diantaranya adalah:

1. Chemical Peeling

Dengan cara chemical peeling, flek hitam akan dihilangkan dengan cara mengoleskan cairan kimia ke kulit untuk mengangkat kulit mati dan biasanya membutuhkan beberapa minggu. Nantinya saat mulai tumbuh kulit baru, flek hitam akan memudar secara perlahan.

2. Krim Pencerah Wajah

Dengan cara ini, kamu akan menggunakan krim pemberian dokter untuk memudarkan flek hitam. Biasanya, dokter kulit akan memberikan resep paket skincare sesuai kebutuhan kamu. Dan perlu diingat bahwa krim dokter biasanya cocok-cocokan.

3. Mikrodermabrasi

Dengan cara mikrodermabrasi, flek hitam akan dihilangkan dengan perawatan kulit tipe mengangkat lapisan luar kulit. Hal ini juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, mengatasi garis halus, dan lain-lain.

4. Laser Treatment

Dengan cara laser treatment, umumnya kamu akan mendapatkan jenis Intense Pulsed Light (IPL) untuk memecahkan flek hitam dan perawatan ini harus dilakukan secara berulang.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit Sehat Ala Wanita Korea

8 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

loader

Berikut merupakan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang mana cara ini cocok dan tidak cocok, tergantung dari penggunanya akan reaksi dari alami ini. Diantaranya adalah:

1. Menggunakan Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang paling sering digunakan dalam kandungan skincare. Buah ini kaya akan vitamin E dan berguna untuk menyamarkan bintik hitam di wajah. Berikut merupakan cara mengolah buah alpukat untuk menjadi obat flek hitam buat kita, yaitu:

  • Ambil setengah daging alpukat.
  • Haluskan dan campur dengan perasan lemon
  • Oleskan di wajah yang ada flek hitam, kemudian bilas hingga bersih.

2. Menggunakan Buah Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan terkenal untuk mengatasi jerawat, flek hitam, serta mencegah jerawat muncul kembali. Berikut merupakan cara mengolah lemon untuk menjadi obat flek hitam buat kita, yaitu:

  • Ambil setengah buah lemon.
  • Peras dan buang bijinya.
  • Taruh air perasan di dalam wadah dan celupkan kapas hingga basah ke air perasan.
  • Oles kapas tersebut ke flek hitam yang ingin diobati.
  • Biarkan kering dan bilas sampai bersih.

3. Menggunakan Buah Mentimun

Mentimun merupakan buah yang kaya akan air sehingga bisa membantu memudarkan flek hitam. Terdapat dua cara dalam menjadikan mentimun sebagai obat. Yang pertama bisa dipotong lalu ditempelkan ke flek hitam yang ingin diobati, sedangkan yang kedua menjadikannya masker. Berikut merupakan cara mengolah buah mentimun untuk menjadi masker muka, yaitu:

  • Ambil 1 mentimun yang masih fresh dan blender atau parut sampai halus. Ingat, jangan buang airnya.
  • Setelah di blender atau parut sampai halus, oleskan pada wajah.
  • Diamkan selama 20-30 menit dan bilas.

4. Menggunakan Kulit Semangka

Kulit semangka merupakan bagian yang banyak manfaatnya bagi kecantikan kulit karena kaya akan vitamin. Cara menggunakannya adalah oleskan kulit semangka bagian dalam ke wajah, jika sudah maka tunggu sampai kering dan bilas.

Baca Juga: Murah Meriah! Begini Cara Perawatan Kulit Wajah Berjerawat Sendiri di Rumah

5. Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang berfungsi untuk pencerah alami, mencegah penuaan dini, serta memudarkan flek hitam. Cara menggunakannya adalah menjadikan kunyit sebagai masker muka. Walaupun meninggalkan bekas warna kuning yang cukup lama, tetapi masker kunyit cukup ampuh untuk wajah kita. Berikut cara pengolahan kunyit menjadi masker, yaitu:

  • Kupas kunyit dan cuci sampai bersih.
  • Haluskan kunyit dan kasih perasan lemon maupun minyak zaitun.
  • Oleskan pada flek hitam dan diamkan selama 30 menit.
  • Basuh dengan air hangat.

6. Menggunakan Buah Bengkoang

Bengkoang merupakan bahan dasar yang cukup terkenal dalam menjadikan campuran pada produk whitening atau lulur. Dengan banyaknya vitamin C, bengkoang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dengan cepat dan regenerasi kulit. Berikut cara membuat masker bengkoang, yaitu:

  • Ambil setengah bengkoang dan parut serta tumbuk hingga halus.
  • Campurkan dengan sedikit air matang atau perasan lemon.
  • Aplikasikan di wajah dengan merata dan tunggu selama 15-20 menit.
  • Jika sudah, bilas sampai bersih.

7. Menggunakan Tea Tree

Tea tree oil merupakan minyak essential yang terkenal untuk mengatasi jerawat maupun bekas-bekas jerawat. Khusus untuk bahan ini, kamu bisa mendapatkannya di produk-produk skincare yang mengandung tea tree oil.

8. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang cukup tinggi untuk bisa mengurangi hiperpigmentasi karena sinar UV serta munculnya flek hitam. Kamu bisa mendapatkan gel lidah buaya di toko kecantikan.

Kamu Punya Flek Hitam? Yuk Atasi Dengan Cara-Cara Alami!

Jika kamu memiliki flek hitam, jangan panik dan jangan insecure. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan kembali kulitmu dengan cara-cara alami hingga mengunjungi dokter. 

Baca Juga: Kenalan Sama Fungsi Niacinamide, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit?