Trik Hemat Belanja dengan Cashback dan Promo Diskon

Di era digital seperti sekarang, ada banyak aplikasi tercipta untuk memudahkan aktivitas manusia modern di kesehariannya. Baik itu aplikasi untuk belanja, olahraga, transportasi, dan aplikasi pembayaran yang mampu memberikan promo diskon maupun cashback

Nyaris semua pengembang aplikasi tersebut tidak menetapkan tarif ataupun biaya dari jasa pemakaian kepada pelanggannya. Menariknya, mereka justru memberi beragam penawaran seperti potongan harga ataupun cashback demi menjaring user

Tak bisa dipungkiri, berbelanja menggunakan harga diskon sangat menyenangkan. Akan tetapi, berhati-hatilah supaya penawaran itu bukan malah menjebak untuk semakin bertindak boros. Lantas, bagaimana sih cara yang tepat dalam menghemat pengeluaran menggunakan penawaran seperti itu? Simak ulasan berikut selengkapnya. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Manfaatkan untuk Bayar Tagihan

loader
Bayar Tagihan dengan Kartu Kredit

Setiap orang sudah pasti memiliki anggaran rutin untuk membayar berbagai jenis tagihan bulanan. Mulai dari pembayaran tagihan air dan listrik, internet, televisi berbayar, hingga layanan streaming. Jika biasanya kamu membayar tagihan secara langsung dengan bantuan rekening bank tanpa benefit apapun, maka kini saatnya memanfaatkan pembayaran via aplikasi. 

Pasalnya, aplikasi e-commerce kerap memberi penawaran berupa cashback yang cukup menarik di setiap transaksi. Bahkan, nilainya terbilang besar meski tetap disesuaikan lagi dengan transaksi yang dilakukan. 

Percayalah, ketika kamu memanfaatkan cara pembayaran melalui aplikasi tersebut dengan rutin, bukan tak mungkin jika nilai cashback yang didapatkan cukup besar sehingga bisa dibelanjakan lagi. Dengan begitu, penghematan di beberapa pos belanja bisa dilakukan dari pendapatan cashback di setiap transaksi pembayaran tagihan atau utilitas. 

2. Gunakan untuk Pembayaran Transaksi Utama

Saat ini, ada banyak jenis aplikasi yang membebaskan kamu dari kewajiban pembayaran biaya transfer saat bertransaksi jika saldo mengendap hingga limit tertentu. Nah, aplikasi semacam ini yang bisa dimanfaatkan sebagai rekening untuk segala bentuk transaksi utama. 

Dengan begitu, kamu bisa membayar segala kebutuhan tanpa takut saldo terkuras hanya untuk sekedar biaya transfer antar bank. Coba bayangkan berapa besar nilai penghematan di setiap bulannya jika kamu menggunakan aplikasi pembayaran seperti ini. Cukup menarik, bukan?

Baca Juga: Ingin Punya Kartu Kredit? Pastikan Kamu Bebas dari 5 Ciri Ini

3. Maksimalkan untuk Menambah Point rewards dari Kartu Kredit

loader
Pembayaran dengan Kartu Kredit

Jika kamu tercatat sebagai salah satu nasabah pemegang kartu kredit, pasti paham bahwa ada pemberian poin untuk setiap transaksi dengan nilai tertentu. Contohnya, setiap minimal transaksi sebesar Rp10 ribu, maka kamu berhak mendapatkan satu point rewards. Nah, poin tersebut tentu bisa dimanfaatkan agar kegiatan belanja jadi super hemat. 

Kok bisa? Tentu bisa dong, misalnya nih jumlah poin dari kartu kredit tersebut telah mencapai angka 50 ribu point rewards. Kamu bisa menggunakan poin tersebut layaknya diskon atau potongan harga dari transaksi senilai Rp50 ribu. 

Selain digunakan sebagai promo diskon, poin hadiah ini juga bisa digunakan untuk menutup besar biaya iuran tahunan dari kartu yang dimaksud. Namun sayangnya, point rewards ini memiliki tanggal kadaluarsa. Jadi, pastikan saja kamu rajin memanfaatkan program tersebut sehingga poin yang dimiliki tidak hangus. 

4. Jangan Lewatkan Referral  Hingga Promo Musiman

Di beberapa musim tertentu, pengembang aplikasi pembayaran juga menyelenggarakan kampanye pemasaran cukup menarik. Misalnya seperti, menjelang Hari Kemerdekaan di bulan Agustus. Pasti ada banyak platform yang memberi kode promo hingga 75% untuk para pelanggannya. 

Bukan itu saja, ada juga promo diskon melalui kode referral yang tak kalah menarik. Umumnya, kode ini diberikan melalui kerjasama antara aplikasi dengan influencer. Nah, kode tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi menggunakan harga diskon. 

Terkadang, kode referral ini juga bisa didapatkan hanya dengan melakukan share link download kepada orang lain. Dengan kata lain, ketika orang yang dimaksud menggunakan tautan dari kamu, maka otomatis kamu akan mengantongi cashback sesuai nilai yang ditetapkan. 

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

5. Hindari Beli Barang dengan Harga Penuh

loader
Belanja dengan Kartu Kredit

Berkat adanya beragam jenis penawaran diskon ataupun cashback, tentu banyak orang yang bakal merasa rugi jika harus membeli barang tanpa keuntungan apapun. Karenanya, ketika membeli sesuatu pastikan kamu mencari diskon sesuai kebutuhan. Misalnya saat hendak mengisi BBM atau sekadar membeli kopi kekinian. 

Salah satu contoh paling mudah, saat berbelanja online menggunakan aplikasi e-commerce. Bisa jadi, harga barang yang dijual tidak dibanderol dengan promo apapun. Jika hal tersebut terjadi, maka tak perlu kecewa karena kamu bisa membeli melalui aplikasi yang sudah pasti memberi cashback di tiap transaksi. 

Menghemat pengeluaran dengan cara bijak

Menarik sekali, bukan? Siapa sangka ada begitu banyak cara untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Salah satunya dari pemanfaatan promo diskon ataupun cashback

Apalagi didukung dengan teknologi yang kian mumpuni, membuat kegiatan berhemat jadi lebih seru. Jadi, tunggu apalagi? Sekarang saatnya berbelanja menggunakan aplikasi dan memanfaatkan seluruh promo yang tersedia. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Bikin Utang Menggunung