7 Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les, Dijamin Bisa!

Lancar berbahasa Inggris sudah menjadi hal yang wajib saat ini. Selain untuk melanjutkan kuliah atau traveling ke luar negeri, beberapa perusahaan di Indonesia juga sudah mewajibkan karyawannya bisa berbahasa inggris.

Belajar Bahasa Inggris bisa dengan mudah tanpa les sekalipun. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat belajar bahasa inggris. Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

1. Mendengar lagu dan menonton film barat

belajar b.inggris lewat film
Mendengarkan dan menonton film barat

Tips pertama yang bisa dicoba adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris secara rutin. Ini sangat membantu memperkaya kosakata dalam Bahasa Inggris, sekaligus mengajarkanmu cara mengucapkan kata-kata dengan tepat.  

Jika kurang mengerti sama arti lirik lagunya, kamu bisa cari artinya di kamus. Atau gampangnya dari Google terjemahan. Lalu, hubungkan sama kata-kata dalam Bahasa Inggris lainnya agar kamu tahu arti lirik lagunya secara lengkap.

Selain mendengar lagu, kamu juga harus lebih sering menonton film Barat untuk meningkatkan minat belajar. Semakin sering mendengarkan kata-kata dalam Bahasa Inggris, pendengaranmu juga semakin baik.

Baca Juga: Tempat Kursus Online Ini Bisa Meningkatkan Skill Bahasa Inggris dan Karir Kamu

2. Mencari arti kata dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris itu sama seperti Bahasa Indonesia dimana arti katanya bisa sama, tapi penggunaannya berbeda. Misalnya kata “tengok” yang sama artinya dengan “lihat”. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, yaitu “see” dan “look”.

Dalam belajar bahasa, penting untuk mencari arti-arti kata guna memperkaya vocabulary. Apalagi di Bahasa Inggris, satu arti bisa menggunakan lima sampai enam kata yang berbeda-beda.

Banyaknya kosakata yang diketahui akan membantumu membentuk suatu kalimat yang lebih enak didengar nantinya. Jadi, orang yang mendengarnya pun dapat memahami maksudmu dengan baik.

3. Mencatat dan menghafalkan kosakata

Setiap kosakata baru yang berhasil didapatkan sebaiknya dicatat ke dalam catatan khusus. Kamu bisa membeli notebook kecil yang bisa dibawa ke mana-mana, jadi kamu bisa belajar Bahasa Inggris kapan dan dimana saja sesuai keinginan. Notebook ini juga sebagai pengingat kalau sewaktu-waktu kamu lupa sama arti dari kata-kata yang sulit. 

Setelah itu, kamu bisa belajar menghafalkan setiap kosa kata yang sudah tertulis dalam notebook. Tujuannya agar kamu semakin terbiasa dengan penggunaan kata tersebut dan pastinya tidak lupa sama artinya.

Lakukan tips ini secara rutin, setidaknya dalam 1-2 bulan dan lihat berapa besar peningkatan yang berhasil kamu dapatkan.

4. Membaca buku Bahasa Inggris

membaca buku
Membaca buku bahasa inggris

Proses belajar itu akan semakin menarik kalau kamu mau menantang dirimu dengan hal-hal baru. Misalnya saja membaca buku Bahasa Inggris yang secara tidak langsung akan melatih kemampuanmu dalam menerjemahkan kalimat berbahasa inggris. 

Awalnya kamu pasti merasa kesulitan karena belum terbiasa. Terjemahanmu pun mungkin sepenggal-penggal saja, tapi percayalah semakin baik dan utuh kalau kamu terus berlatih.

Dengan membaca buku juga, kamu bisa belajar komposisi kalimat atau grammar dalam Bahasa Inggris. Yakin tidak mau mendapatkan manfaat two in one ini?

5. Mendengarkan berita dan wawancara berbahasa Inggris

Sekarang saatnya belajar mengasah pendengaranmu dalam Bahasa Inggris. Kenapa harus berita? Karena pengucapannya lumayan cepat, intonasi dari setiap pembawa acara berita juga berbeda-beda. 

Ditambah lagi kalimat yang digunakan dalam berita sangat baku dan terkadang bukan kosakata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bisa sekaligus menambah vocabulary kamu.

Ini adalah tahap lanjutan kalau kamu sudah dapat menangkap setiap kata dalam lirik lagu. Jadi, belajar Bahasa Inggrisnya pun semakin seru.

Baca Juga: Coba Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Ini! Dijamin Kemampuan Berbahasa Anda akan Meningkat

6. Menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua

Selain kurang menarik, belajar teori membuatmu lebih cepat lupa sama apa yang dipelajari sebelumnya. Makanya butuh yang namanya praktek berbicara Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Carilah partner atau teman yang dianggap mampu berbahasa Inggris dengan baik. Lalu, gunakan bahasa ini sebagai bahasa kedua dalam keseharian kalian.

Kemampuan Bahasa Inggris dijamin akan semakin baik. Apalagi kalau kamu berani berbicara langsung dengan orang asing saat bertemu di suatu tempat.

7. Menuliskan sesuatu dalam Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris tanpa les terakhir adalah menuliskan sesuatu dalam bentuk kalimat menggunakan kosakata yang berhasil didapatkan selama ini. Tidak perlu panjang-panjang, pendek pun sudah bisa.

Untuk isi tulisannya dapat berupa apa yang kamu rasakan hari ini, kegiatan yang dilakukan sepanjang hari, dan lain sebagainya.

Apabila kemampuan berbicara, mendengar, dan menulis sudah baik, itu artinya belajar Bahasa Inggris-mu telah berhasil. Kamu patut bangga dengan pencapaian ini.

Pilih Metode Belajar yang Menyenangkan

Belajar karena terpaksa biasanya akan sulit diterima. Akan tetapi, jika belajarnya karena senang, materi bahasa inggris akan lebih mudah dipahami. Untuk itu, pilih salah satu metode belajar yang menyenangkan. Selain menikmati, kamu akan lebih cepat bisa berbahasa inggris.

Baca Juga: Ini 7 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan