Simak Kisaran Biaya dan Tips Mengumpulkan Dana Lebih Cepat untuk Ziarah Holyland

Tanah Israel dianggap suci oleh seluruh umat Nasrani di dunia. Ini dikarenakan Israel memiliki kaitan erat dengan pelayanan, kelahiran, penyaliban, hingga kebangkitan Yesus Kristus. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin melakukan ziarah ke Holyland ini.

Dalam melakukan ziarah Holyland, kamu akan diajak menyambangi berbagai situs yang disebutkan dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Berziarah ke Holyland, pengunjung dapat melihat langsung ke Danau Galilea.

Selain itu, pengunjung pun bisa melihat langsung patung istri Lot di kota Sodom dan Gomora, bertandang ke kota Yerusalem/ Al-Qudz—kota suci bagi tiga agama Kristen, Islam, dan Yahudi, hingga napak tilas ke Gunung Sinai yang menjadi saksi Musa menerima sepuluh perintah Allah.

Baca juga: Apa Itu Tabungan Investasi dan Rekomendasi Produk Terbaiknya?

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Mengapa Harus Berwisata Rohani ke Israel?

loader

Ziarah Holyland

Melakukan perjalanan wisata religi ke Holyland Israel tentu dapat memberikan pengalaman spiritual yang bermanfaat. Menjejakkan kaki secara nyata ke Tanah Suci bisa membuat iman kepada Tuhan menjadi semakin kuat.

Berwisata rohani dapat memberikan angin segar dan pemulihan jiwa yang menginspirasi. Bahkan, banyak orang yang memberikan kesaksian bahwa semangat hidupnya kian bertambah setelah melakukan wisata rohani, baik secara kolektif maupun perorangan. Selain itu sejumlah benefit lainnya bisa dirasakan, seperti:

  • Menjadi Lebih Dekat dengan Sang Penyelenggara Kehidupan

    Menjelajahi jejak Kristus sesuai lokasi dan tempat yang disebutkan di Alkitab dapat membuatmu lebih mengasihi Bapa di Surga beserta tebusannya. Serupa seperti umat Islam yang umrah atau naik haji, ziarah Holyland juga membuat para Kristiani menjadi lebih dekat dengan Allah. Karakter religius yang lebih patuh dan penuh syukur dalam menjalani kehidupan dapat tercipta berkat pengalaman rohani ini.

  • Mendapatkan Pengalaman Spiritual yang Berharga

    Berkunjung ke Israel merupakan bentuk dari peribadatan dan tindakan nyata dalam iman. Ziarah ke Holyland bisa menjadi salah satu momen paling penting dalam hidup karena belum tentu semua orang mampu melakukan dan mengalaminya langsung, apalagi jika mengingat pengalaman spiritual terhitung begitu berharga.

    Itulah sebabnya, banyak umat Nasrani terutama pasangan yang baru menikah melakukan ziarah Holyland sembari memohon restu dan berkat dari Allah untuk hidup dan masa depan yang lebih baik.

  • Bisa Menyambangi Beragam Situs Bersejarah Dunia

    Secara umum, kamu pun bisa bertandang ke berbagai situs atau tempat bersejarah dunia dalam ziarah Holyland ini. Ada banyak sekali situs bersejarah hingga landmark yang indah beserta sejumlah kisah menarik di baliknya. Kebanyakan dari situs tersebut sesuai seperti yang tertera di dalam Alkitab.

    Selain itu, dalam acara kegiatan tur yang dihelat oleh agen perjalanan, biasanya sudah terselip paket hiburan holiday tambahan yang tak kalah seru dan menarik untuk dilewatkan. Kiranya, seluruh hal tersebut bisa dinikmati saat berwisata rohani ke Tanah Suci Israel.

  • Berkemungkinan Mengalami Mukjizat dan Keajaiban

    Sudah banyak cerita mengenai keajaiban dan mukjizat tak biasa yang dialami oleh para peziarah Holyland, salah satunya termasuk mukjizat kesembuhan. Jika melakukan perjalanan ke sana, siapa tahu kamu atau keluargamu termasuk salah satu yang terpilih dan bisa mengalaminya secara langsung.

    Bagi yang penasaran bisa coba membuktikan sendiri kebenarannya. Karena kabarnya, banyak peserta perjalanan yang mengalami hal ini. Di Tanah Suci, peziarah kerap mengalami kenikmatan atau kemalangan, mendapat pencerahan atau berkat dan ilham, yang semua itu tergantung dari buah perbuatan yang pernah mereka lakukan di masa lalu.

Baca juga: Liburan Pakai Investasi Reksa Dana? Ini Tipsnya

Kapan Waktu Tepat untuk Ziarah Holyland?

Soal waktu yang tepat untuk napak tilas ke Israel ialah di musim semi atau musim gugur. Biasanya, musim semi berlangsung di bulan April dan Mei. Sedangkan musim gugur dimulai pada bulan September ke Oktober.

Timing tersebut merupakan saat terbaik untuk berwisata rohani ke Tanah Suci Israel. Ini dikarenakan suhu udara di Israel tak begitu panas dan berkisar di angka 10-31 derajat Celcius. Di periode waktu tersebut, hujan pun hampir tidak pernah turun.

Namun, pada November sampai Maret yang memasuki musim dingin, temperatur udara lebih rendah (14-23 derajat Celcius) dan hujan sering turun. Maka, acara tur bisa terganggu.

Pada bulan Agustus, suhu udara bisa mencapai 40 derajat Celcius sehingga tidak begitu disarankan. Tapi nyatanya, bulan Desember pun kerap dijadikan waktu favorit bagi keluarga Nasrani untuk berkunjung. Ini dikarenakan banyak orang yang antusias untuk merayakan Natal di Betlehem.

Ulasan Perkiraan Harga Paket Ziarah ke Holyland

Sekali perjalanan ke Holyland umumnya memerlukan waktu 10-13 hari. Adapun untuk urusan biaya tur ke Israel, rata-rata paket dari agen perjalanan mematok harga sekitar Rp 38-50 juta per orang.

Nominalnya memang cukup beragam dan ini tergantung dari waktu kunjungannya—apakah di hari raya besar atau libur panjang seperti saat Natal dan Lebaran. Selain itu, musim naik haji juga menjadikan biaya tour ke Holyland lebih mahal akibat naiknya harga tiket pesawat.

Peak season terjadi sewaktu Natal dan Lebaran dengan harga 2.690 Dollar AS (kurang lebih Rp 40,8 juta) per orang selama sepuluh hingga tiga belas hari tour.

Tips Mengumpulkan Dana Ziarah ke Holyland

Melakukan perjalanan spiritual ke Holyland tentu memerlukan persiapan matang dan terencana. kamu hendaknya harus siap tak hanya dari segi fisik dan mental, tapi juga biaya mumpuni dengan nominal yang tak sedikit.

Dana yang cukup dapat memungkinkanmu untuk melakukan ziarah Holyland sesuai impian. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan tunai secara langsung. Namun, jika dana yang tersedia belum cukup, kamu bisa mulai mengumpulkan budget sejak jauh hari agar tak memberatkan.

  1. Menabung untuk Mengumpulkan Dana

    Mengumpulkan biaya dengan disiplin menabung bisa membuatmu meraih tujuan keuangan dengan efektif dan efisien. Bila memungkinkan, tabunglah dana perjalanan di rekening khusus atau bahkan langsung di biro traveling yang sudah kamu pilih.

    Akan tetapi, memang tak semua agen perjalanan menyediakan layanan tersebut. Namun, ada sejumlah biro yang memungkinkan. Kamu bisa memilih lebih dulu jadwal keberangkatan apabila Down Payment (DP) telah mencapai 500 Dollar AS (Rp 7,6 juta).

    Kemudian, kamu bisa melakukan pelunasan dengan menabung seperti biasa sampai H-40 jadwal keberangkatan. Beberapa biro perjalanan juga memungkinkanmu mendapat bunga tabungan hingga 6-7% setiap tahun. Selain itu, tak dikenakan biaya setor/tarik.

    Sejumlah benefit tersebut tentunya tak hanya lebih memudahkan, tapi juga akan semakin menguntungkanmu jika dibanding dengan mengumpulkan dana secara konvensional di bank.

  2. Mencicil untuk Pelunasan Biaya

    Opsi kedua yaitu mencicil biaya perjalanan untuk pelunasan. Umumnya, cara ini menggunakan kartu kredit. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni mencicil seluruh biaya dari awal, atau membayar DP dulu, lalu dicicil sisanya sampai lunas.

    Umumnya, biro perjalanan telah bekerja sama dengan sejumlah e-commerce seperti Blibli.com dan Tokopedia untuk memudahkanmu melakukan pembayaran. kamu pun bisa memilih sistem pembayaran, yakni 12 bulan atau 24 bulan.

    Sistem pembayaran dengan mencicil ini tak membebankan bunga (bunga 0%). Kendati demikian, ada biaya admin 2-3%. Selain itu, besaran atau pilihan jangka waktu cicilan pun akan disesuaikan dengan bank penerbit credit card yang digunakan.

  3. Mulai Berinvestasi agar Budget Ziarah Holyland Tercukupi

    Selain menabung dan mencicil biaya perjalanan, kamu juga bisa mulai mencoba berinvestasi. Sebelum memulai, jangan lupa pahami dulu hal-hal seputar investasi secara komprehensif.

    Perbanyaklah edukasi finansial untuk agar pengelolaan keuanganmu makin cerdas dan tepat. Dengan begitu, kamu pun bisa meraih keuntungan dengan maksimal alih-alih merugi.

    Ada beragam instrumen investasi yang bisa dicoba untuk mendatangkan keuntungan secara maksimal. Di antaranya, seperti properti, emas, saham, deposito, reksa dana, SBN (Surat Berharga Negara), NFT (Non Fungible Toke) dan lainnya.

    Investasi yang konservatif cenderung lebih aman, tetapi tak mendatangkan return atau imbal balik yang besar. Sementara itu, investasi moderat menggunakan periode jangka panjang dan ekspektasi return lebih banyak. Salah satu contoh investasi moderat ialah saham.

    Jika ingin investasi yang berisiko rendah, kamu bisa memilih reksa dana pasar uang atau SBN misalnya. Adapun reksa dana pendapatan tetap dan campuran dinilai lebih cocok bagi investasi jangka menengah (periode 3-5 tahun).

Baca juga: Instrumen Investasi – Jenis dan Tips Investasi

Pilih Instrumen Investasi Terbaik yang Sesuai

Sebaiknya, pilihlah produk investasi yang menurutmu paling aman dan sesuai dengan tujuan keuangan, profil risiko, serta jangka waktu yang cocok untukmu. Kemudian, apapun pilihan produk investasimu, berkomitmenlah untuk berinvestasi denagn konsisten.

Bila perlu, konsultasikan kepada financial planner yang kamu percayai sebelum memilih produk investasi yang cocok untukmu. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan besar, mengumpulkan dana lebih cepat, serta mewujudkan impian berwisata religi ke Holyland.

Baca juga: Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Mahasiswa