Simulasi KPR

Catatan
*Nilai yang tidak kena pajak (NJOPTKP/NPOPTKP) berbeda-beda untuk setiap wilayah dan berubah sejalan dengan waktu, sebagai contoh nilai pada tahun 2015 untuk wilayah DKI Jakarta sebesar Rp60juta, Bekasi & Tangerang sebesar Rp30juta, Depok sebesar Rp20juta, dsb.

Hasil Simulasi
Simulasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Cermati menghadirkan halaman Kalkulator Simulasi KPR yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui total biaya yang mesti dibayarkan di bulan pertama dan besaran biaya cicilan kredit per bulan.

 

Penjelasan Simulasi Kredit Pemilikan Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama manusia di samping makanan dan pakaian. Di sanalah sebagian besar kehidupan Anda dan keluarga berlangsung. Di mana Anda tinggal serta berlindung dari panas matahari dan hujan. Karena itu, tidak salah memang kalau rumah selalu menjadi salah satu prioritas tujuan keuangan yang mesti dipenuhi. Tapi, apakah memiliki rumah semudah itu? Tidak.

Sekarang, memiliki rumah terutama di kota-kota besar seperti Jakarta bisa dibilang cukup sulit. Karena harga properti setiap tahun selalu meroket hingga tidak bisa tersentuh oleh masyarakat berekonomi menengah ke bawah. Hasilnya, sekarang terus bermunculan perumahan-perumahan baru yang dibangun oleh para pengembang di daerah pinggiran, sehingga harga jualnya bisa tersentuh oleh kelompok masyarakat tersebut. Hal ini tidak mengherankan karena harga tanah di pinggiran hanya naik di kisaran 10% sampai 20% per tahun dibandingkan kenaikan harga tanah di kota besar yang berada di kisaran 30% per tahun.

Meskipun begitu, beralihnya para pengembang untuk membangun perumahan di daerah pinggiran juga tidak sepenuhnya bisa menjadi solusi. Karena harga rumah di sana masih tetap sulit tersentuh di kisaran Rp100 juta ke atas. Dengan adanya masalah tersebut, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah, tapi terkendala masalah ketersediaan dana. Sekarang, hampir semua bank di Indonesia menawarkan produk ini kepada masyarakat dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari bunga yang ringan, sampai masa tenor panjang sampai 25 tahun. Tentunya, hal ini menjadi angin segar bagi Anda yang ingin memiliki rumah, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan ingin menjalani kehidupan sebagai keluarga seutuhnya.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan layanan ini, kami dari cermati siap membantu dalam menyiapkan diri sebelum memutuskan produk KPR mana yang cocok digunakan untuk membeli rumah impian Anda. Yaitu dengan menyediakan kalkulator simulasi Kredit Pemilikan Rumah. Layanan ini penting karena tidak semua produk KPR cocok dengan kondisi keuangan Anda dan keluarga.

Tidak hanya itu, ada banyak aspek yang mesti diperhatikan dalam melakukan Kredit Pembelian Rumah. Seperti adanya biaya uang muka, biaya provisi, biaya appraisal, dan sebagainya. Hal ini yang sering luput dari perhatian sehingga banyak dari calon pengguna yang tidak menyiapkannya.

Hasil dari simulasi ini nantinya akan membantu Anda memilih masa tenor dengan jumlah cicilan yang tepat. Sehingga akan menghindarkan Anda dari risiko kredit macet dan keuangan Anda bisa tetap berada pada kondisi prima sepanjang masa kredit.

Kalkulator Simulasi Kredit Pemilikan Rumah

Kalkulator kredit pemilikan rumah adalah mesin yang digunakan dalam melakukan simulasi pembelian rumah secara kredit. Cara penggunaan kalkulator ini pun sangat mudah. Anda cukup memasukkan segala informasi mengenai rumah yang ingin dibeli ke dalam kolom-kolom yang telah disediakan.

Kolom-kolom yang tersedia dalam kalkulator ini antara lain adalah harga properti, uang muka, suku bunga, tenor, biaya provisi, biaya appraisal, biaya administrasi, biaya notaris, biaya asuransi, dan NJOPTKP/NPOTKP. Pastikan Anda sudah mengisi semua rincian informasi tersebut. Apabila masih ada salah satu di antara informasi tersebut yang belum diketahui, Anda bisa menanyakannya langsung pada pihak terkait.

Setelah mendapatkan semua informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah meletakkannya pada masing-masing kolom yang tersedia pada kalkulator kredit pemilikan rumah. Kemudian, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol “Hitung”, dan hasil simulasi pun akan muncul.

Pada tabel hasil simulasi, Anda dapat melihat beberapa kolom berisi hasil perhitungan simulasi kredit pemilikan rumah milik Anda. Informasi yang tertera antara lain adalah besarnya total pembayaran pertama, suku bunga, asuransi, provisi, dan lain sebagainya. Perhitungan tersebut juga tersedia dalam beberapa pilihan tenor dari satu hingga tujuh tahun.

Kemudian, langkah terakhir adalah proyeksikan hasil perhitungan tersebut dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Apakah Anda sudah cukup yakin untuk membeli rumah tersebut secara kredit? Pikirkan matang-matang, jika dirasa masih cukup berat, Anda bisa mengatur kembali keuangan Anda terlebih dahulu dan menyiapkan uang muka yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan beberapa bank dan memilih produk KPR yang memberikan penawaran suku bunga paling rendah sehingga dana yang harus dipersiapkan menjadi lebih kecil.

Pengertian Istilah yang Ada pada Simulasi KPR

  • Harga Properti

Harga Properti merupakan harga jual rumah secara keseluruhan setelah ditambahkan dengan harga tanah.

  • Uang Muka

Sejumlah uang yang dibayarkan terlebih dahulu sebagai tanda jadi pembelian. Besarnya uang muka juga akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

  • Suku Bunga

Persentase tarif yang dikenakan oleh pihak pemberi pinjaman atas kredit yang diajukan.

  • Masa Tenor

Jangka waktu kredit yang diajukan atau lamanya angsuran kredit, biasanya bank akan menyesuaikan dengan masa pensiun atau usia pengaju saat mengajukan kredit.

  • Biaya Provisi

Biaya yang dibebankan bank dari total biaya pinjaman yang dibayarkan pada pihak pemberi pinjaman atas fasilitas pencairan dana tersebut.

  • Biaya Appraisal

Biaya yang dibutuhkan bank untuk menilai harga rumah yang ingin dibeli.

  • Biaya Administrasi

Sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk mengurus administrasi kredit dan hanya akan dibayarkan satu kali pada awal transaksi saja.

  • Biaya Notaris

Biaya jasa notaris yang dibebankan untuk pembuatan akta jual beli pembelian rumah.

  • Biaya Asuransi

Biaya yang dibebankan untuk program perlindungan pada rumah yang dibeli selama masa cicilan.

  • NJOPTKP/NPOPTKP

Nilai Jual Obyek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP), Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Berdasarkan PERGUB No. 201 Tahun 2012, NJOPTKP Wilayah DKI Jakarta sebesar Rp15.000.000.