10 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia untuk yang Doyan Ecotourism Travelling

Ekowisata atau ecotourism adalah konsep traveling baru yang sedang tren dan digemari oleh para traveller. Belajar mencintai alam, menjaganya tapi juga menikmati keindahannya sebagai bagian dari hobi travelling, rileksasi dan penghilang stres tentu saja membuat penggemar atau yang sekedar penasaran dengan tren travelling ekowisata semakin banyak diberbagai negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Indonesia sendiri sudah lama dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya, dihiasi dengan berbagai alam laut dan pegunungannya yang indah tentu saja konsep travelling ekowisata sangatlah cocok untuk diterapkan disini.

Jadi, tidak usah jauh-jauh sampai ke Eropa untuk bisa mendapatkan pengalaman travelling ekowisata terbaik, berikut 10 daerah wisata Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya dan cocok untuk dijadikan sebagai lokasi travelling ecotourism:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengamati Satwa Liar di Taman Nasional Bali Barat, Bali

taman nasional bali

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat laut pulau Bali. Taman ini mencakup seluruh area Semenanjung Prapat Agung, Gilimanuk, Cekik hingga Banyuwedang.

Taman ini memiliki pantai yang indah, hutan hujan, hutan bakau, dan keindahan alam lainnya. Menyatukan berbagai keindahan alamnya yang luar biasa untuk diamati dan dinikmati.

Taman Nasional Bali Barat juga merupakan tempat pengamatan burung yang populer. Disana kamu mungkin saja memiliki kesempatan untuk bisa melihat Jalak Bali yang terancam punah.

2. Menginap di Nihi Sumba, Pulau Sumba

Nihi Sumba
Nihi Sumba via Refined Travellers

Nihi Sumba adalah resor mewah yang telah banyak memenangkan banyak penghargaan sebagai resor mewah terbaik di Pulau Sumba.

Nihi Sumba adalah hotel ramah lingkungan yang juga mendukung orang-orang Sumba lokal, budaya dan tradisi sambil tetap mempertahankan standar mewah bintang lima yang diakui secara internasional.

Tidak hanya menjalankan bisnis perhotelan, Nihi Sumba juga menawarkan kegiatan pariwisata yang ramah lingkungan menarik dimana para pengunjung bisa belajar bagaimana cara menjaga kelestarian alam ditemani dengan keindahan alam Pulau Sumbanya yang luar biasa.

3. Perjalanan ke Desa Wae Rebo, Flores

wae rebo

Flores memiliki enam desa ekowisata yang tersebar di daerah Manggarai Barat, Ngada, dan Manggarai. Salah satunya adalah Desa Waerebo yang terletak di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai desa, itu tidak mudah karena lokasinya di atas daerah pegunungan, tetapi itu sangat berharga.

Desa yang terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut itu bagaikan surga di atas awan. Dengan masih mempertahankan kearifan lokal dan keunikannya, baik dari segi kebiasaan, struktur bangunan dan cara hidup tentu saja kamu tidak akan kecewa jauh-jauh menyambangi tempat ini demi pengalaman ecotourism travelling yang kamu impi-impikan.

4. Mengunjungi Taman Nasional Komodo, Flores

taman nasional komodo

Taman Nasional Komodo adalah salah satu taman nasional Indonesia yang menjadi habitat bagi spesies langka, Komodo. Taman yang didirikan pada tahun 1980 ini juga merupakan Situs Warisan Dunia serta Cagar Manusia dan Biosfer oleh UNESCO.

Taman Nasional Komodo mencakup pulau-pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, serta pulau-pulau kecil di daerah sekitarnya. Seluruh pulau-pulau ini memiliki keunggulan pada keindahan pemandangan alamnya yang eksotik.

Padang rumput yang luas dipadu dengan pantai yang indah membuat Taman Nasional Komodo menjadi salah satu tujuan wisata paling populer baik di Indonesia maupun internasional.

Saat ini Taman Nasional Komodo disiapkan secara serius sebagai salah satu tujuan ekowisata di Indonesia. Selain Komodo, taman ini juga menawarkan wisata bahari yang menarik untuk dijelajahi. Kehidupan bawah laut terumbu karang, bakau, rumput laut serta fauna begitu indah.

5. Jelajahi Taman Nasional Way Kambas, Lampung

taman nasional way kambas

Indonesia memiliki banyak taman nasional yang eksotis untuk dikunjungi dan salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas, yang terletak di Lampung.

Taman ini menawarkan keanekaragaman flora dan fauna yang unik. Way Kambas mencakup berbagai hutan dataran rendah, hutan rawa air tawar, padang rumput, semak, hutan pantai, dan juga hewan liar. Area margasatwa memiliki luas sekitar 125.000 hektar yang sebagian besar adalah hutan.

Di Way Kambas, wisatawan akan disuguhi gajah Sumatra yang terancam punah yang dapat dikatakan sebagai ikon tempat ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa Gajah Sumatera memang hampir punah.

Selain gajah Sumatra, Taman Nasional Way Kambas juga memiliki hewan eksotis lainnya seperti tapir, enam jenis primata, rusa, harimau Sumatra, beruang madu, dan badak Sumatera.

Baca Juga: Kumpulan Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Ramah di Kantong

6. Jalan-Jalan ke Raja Ampat, Papua Barat

raja ampat

Kepulauan di lepas pantai Papua ini populer karena keanekaragaman hayati lautnya yang indah dan alamnya yang masih asli. Raja Ampat sering dikatakan sebagai sebagai daerah dengan memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Penelitian yang dilakukan oleh Conservation International Indonesia (CII 2004) menyimpulkan bahwa laut Raja Ampat adalah salah satu daerah terumbu karang terbaik di Indonesia.

Ada sekitar 46 kawasan wisata pantai dan laut yang telah dikembangkan untuk kegiatan ekowisata laut. Melakukan travelling ekowisata laut di kawasan Raja Ampat kamu bisa menyelam di perairan Raja Ampat yang bening dan indah, snorkeling dan kegiatan lainnya seperti mengamati burung dan wisata budaya.

7. Menaiki Kawah Ijen, Jawa Timur

kawah ijen

Keindahan dan keunikan Kawah Ijen sangat layak untuk dikunjungi. Kawah Ijen terletak di daerah Banyuwangi dan telah menerapkan konsep ekowisata.

Pemerintah setempat melibatkan masyarakat setempat untuk memelihara dan mengelola kegiatan pariwisata di sekitar Gunung Ijen. Selain itu, pemerintah daerah terus mengembangkan Ijen sebagai Taman Wisata Alam.

Taman Wisata Alam Ijen adalah kawasan konservasi yang terutama digunakan untuk kepentingan wisata alam dan rekreasi. Daerah ini memiliki dua atraksi utama yaitu Blue Fire, yang hanya terlihat dua di dunia dan kedua adalah keindahan pemandangan di sekitar rute pendakian Kawah Ijen.

8. Trekking di Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser  Trekking/mendaki di Taman Nasional Gunung Leuser juga bisa menjadi pilihan ekowisata Anda saat berlibur di Sumatera Utara. Hutan hujan tropis, hutan pantai, dataran rendah dan pegunungan yang masih terjaga dengan baik, membuat suasana segar dan sejuk.

Taman Nasional Gunung Leuser adalah taman nasional terbesar di Pulau Sumatra. Karena luasnya, taman nasional ini terletak di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Utara. Itu juga berada di daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Hutan yang subur di Gunung Leuser telah menjadi laboratorium alami, serta cagar biosfer untuk menjaga keseimbangan ekosistem dunia.

Tidak hanya menikmati alam, wisatawan juga akan disuguhkan keunikan tanaman yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser. Ada juga atraksi binatang dan seni budaya yang disiapkan oleh penduduk setempat. Bahkan beberapa akomodasi dan restoran di sini dimiliki oleh penduduk setempat untuk mengambil bagian dalam konsep ekowisata.

9. Melihat Satwa Liar di Taman Nasional Bunaken

taman nasional bunaken

Bunaken adalah salah satu tujuan wisata laut bawah laut yang cukup terkenal, terletak di bagian timur Indonesia, dengan beragam populasi karang dan biota laut. Ini terkenal oleh dunia internasional terutama untuk penyelam scuba. Bunaken telah menjadi situs warisan dunia setelah pemerintah mendaftarkannya ke UNESCO pada 2005.

Bunaken menawarkan banyak tempat untuk snorkeling, menyelam, dan bahkan berselancar. Selain itu kegiatan ekowisata menarik lain untuk dinikmati lainnya adalah seperti menjelajahi konservasi bakau, trekking, melihat satwa endemik dan mengunjungi desa-desa setempat.

Baca Juga:  6 Destinasi Wisata Paling Ramai di Daerah Bandung Selatan

10. Mengelilingi Tangkahan, Sumatra Utara

tangkahan

Tangkahan sering disebut sebagai Surga Tersembunyi Sumatra karena lingkungan alamnya yang indah ke pusat pengembangbiakan gajah. Kawasan wisata ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Di Tangkahan wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan alami. Salah satunya adalah menunggang gajah di hutan liar. Saat menunggang gajah, wisatawan akan mendapatkan pembelajaran tentang hutan oleh penangannya.

Aktivitas selanjutnya adalah memandikan gajah. Wisatawan juga dapat melakukan arung jeram di Sungai Alas serta mengunjungi konservasi orangutan Sumatra yang terancam punah.

Tangkahan adalah salah satu dari beberapa destinasi ekowisata di Indonesia yang telah diresmikan oleh pemerintah. Karena itu pengelolaan Tangkahan dipegang oleh sebagian besar warga setempat.

Kemanapun Perjalanannya, Jangan Lupa Beli Asuransi Perjalanan

Beli produk asuransi perjalanan agar Anda merasa lebih aman dan tenang setiap melakukan perjalanan. Kemanapun dan apapun jenis travellingnya, memprioritaskan perlindungan diri adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum berencana untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga: 6 Cara Memotong Anggaran Makan Saat Liburan