10 Produk yang Cocok Dijadikan Bisnis di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu dinanti kedatangannya setiap tahunnya. Selain menjalankan ibadah puasa, memulai bisnis juga tak ada salahnya di bulan Ramadhan nanti. Daya beli masyarakat yang begitu tinggi  selama bulan Ramadhan merupakan hal yang cukup menjanjikan, apalagi jika kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, selama bulan Ramadhan ada banyak kebutuhan musiman yang biasanya dicari oleh masyarakat luas. Berbagai produk terkait Ramadan ini biasanya laris manis di pasaran. Jangan lewatkan peluang untuk mengembangkan bisnis bulan puasa. Pastikan kamu memilih produk yang tepat, agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan maksimal.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi produk bisnis Ramadhan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Busana Muslim

loader
Busana Muslim

Busana muslim menjadi produk yang terbilang sangat banyak dicari selama bulan puasa. Bukan hanya untuk kebutuhan lebaran saja, busana seperti ini juga sudah mulai digunakan untuk melengkapi penampilan selama bulan Ramadhan. Hal ini tentu berkaitan dengan berbagai aktivitas ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Dongkrak Penjualan di Bulan Puasa agar Omzet Naik

2. Perlengkapan Sholat

Selain busana, berbagai perlengkapan sholat juga menjadi produk yang cukup banyak dicari, seperti: sajadah, mukena, sarung, dan yang lainnya. Berbagai perlengkapan salat ini bahkan sudah dibutuhkan selama bulan Ramadhan. Permintaan akan berbagai produk ini juga biasanya akan meningkat lebih tajam. 

3. Aneka Makanan Kaleng

Berbagai jenis makanan kaleng juga cukup banyak dicari untuk persiapan bulan Ramadhan. Makanan kalengan seperti ini pada umumnya cukup mudah disajikan dan tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk mengolahnya. Hal tersebut membuat makanan jenis ini banyak dipilih untuk melengkapi menu sahur.

Ada banyak jenis makanan kalengan yang bisa dijadikan sebagai produk bisnis, antara lain: ikan sarden, kornet, buah-buahan, makanan laut, dan yang lainnya.

4. Buah Kurma

loader
Buah kurma

Ramadhan tanpa kurma tentu rasanya kurang lengkap, sebab buah yang satu ini memang identik sebagai sajian di bulan puasa. Kurma menjadi salah satu buah favorit dan paling banyak dicari selama bulan puasa. 

Rasanya yang manis dan lezat memang cocok untuk disajikan sebagai hidangan pembuka sahur maupun ketika berbuka. Kurma juga termasuk buah yang awet dan tidak mudah busuk, sehingga sebagian orang kerap membelinya dalam jumlah yang besar sekaligus.

5. Perabotan Dapur

Menyajikan beragam menu istimewa untuk sahur dan berbuka puasa merupakan aktivitas yang lazim dilakukan selama bulan Ramadhan. Untuk mendukung aktivitas yang satu ini dibutuhkan berbagai perabotan dapur yang memadai. 

Ragam perabotan dapur ini akan sangat banyak dicari selama bulan Ramadhan, sehingga cocok dijadikan sebagai  bisnis. Ada banyak produk yang kerap banyak diminati, mulai dari frying pan hingga berbagai peralatan makan dan yang lainnya. 

6. Produk Elektronik

Membeli berbagai produk elektronik juga sering dilakukan di  bulan Ramadhan. Selain untuk menyambut hari lebaran, kebiasaan membeli produk elektronik ini juga dipengaruhi oleh ketersediaan dana yang cukup memadai dari THR. 

Biasanya produk elektronik dalam bentuk perabotan rumah cukup banyak diminati, seperti: AC, kulkas, televisi, dan yang lainnya.  Selain itu, smartphone juga jadi produk elektronik lainnya yang cukup laris selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Musiman di Bulan Ramadhan

7. Furniture dan Dekorasi Rumah

Hampir sama dengan tahun lalu, Lebaran tahun ini juga mungkin kita masih ada dalam kondisi pandemi Covid-19. Aktivitas di rumah akan jauh lebih nyaman dan menyenangkan jika rumah tertata dengan furniture yang tepat.

Beragam produk furniture dan juga dekorasi rumah akan cukup banyak dicari selama Ramadan nanti. Ini bisa menjadi pilihan bisnis, sebab menjelang Ramadhan atau hari lebaran, kebanyakan orang akan mendandani rumah dan mengganti perabotan.

8. Aneka Camilan dan Kue Kering

loader
Kue kering

Aneka camilan dan kue kering menjadi  panganan yang paling banyak dicari selama Ramadhan. Permintaan akan produk ini bahkan akan meningkat dengan tajam saat menjelang  lebaran. 

Ada banyak jenis kue kering yang populer dan diminati tanah air, seperti: nastar, kue salju, dan yang lainnya. Camilan seperti keripik juga akan sangat laris dan banyak dicari. 

9. Aneka sirup

Sirup adalah produk lainnya yang cocok untuk dijadikan bisnis selama bulan Ramadhan. Bahan minuman yang satu ini memang terbilang sangat populer dan hampir selalu disajikan ketika berbuka puasa. 

Ada banyak jenis dan rasa sirup yang berbeda, namun beberapa produk ternama memang selalu paling banyak dicari. Sediakan beberapa produk dari merek yang berbeda, agar bisnis ini lebih banyak peminatnya.

10. Parcel atau Hampers

Saling mengirim parcel atau  hampers merupakan tradisi yang masih dijalankan di Indonesia. Ini bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat di bulan Ramadhan nanti. 

Semakin unik dan cantik parcel maupun  hampers, maka akan semakin banyak juga peminatnya. Sediakan produk yang berkualitas dan layak, agar bisnis  parcel dan hampers ini bisa berkembang dengan pesat.

Pilih Bisnis Sesuai yang Disuka dan Modal 

Bulan Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk mengembangkan bisnis. Ada banyak produk yang dicari dan memiliki peluang besar untuk bisa mendatangkan angka penjualan yang tinggi. 

Pilih produk jualan sesuai yang kamu suka atau di bidangnya, agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan maksimal. Misalnya, kamu suka atau menguasai di bidang hampers lebaran, maka kamu bisa memulainya dengan menyiapkan berbagai produk yang dibutuhkan untuk satu hampers. 

Setelah itu, hitung modal yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah stok produk yang kamu inginkan. Jika, kekurangan modal, memanfaatkan berbagai fasilitas pinjaman dengan bunga rendah. Ajukan dana pinjaman sesuai nominal modal yang dibutuhkan. Kelola utang dan bisnis dengan bijak, maka bisnis di bulan Ramadhan akan cuan dan berkembang.

Baca Juga: 5 Sumber Modal untuk Menjalankan Bisnis di Bulan Ramadhan