10 Tips Mengatur Asupan Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita belakangan ini. Bukan hanya orangtua saja, gangguan kesehatan yang satu ini juga banyak menyerang anak muda yang masih produktif. 

Sangat penting bagi bagi penderita diabetes untuk mendapatkan suntikan insulin secara rutin. Selain itu, menjaga pola makan yang tepat dan seimbang menjadi kebutuhan tersendiri. 

Penderita diabetes harus menghindari berbagai asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun tidak selalu mudah untuk dijalankan. 

Konsumsi makanan yang tepat sepanjang waktu akan sangat membantu penderita diabetes mengontrol tingkat kadar gula darah dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam mengatur asupan makanan sehat bagi penderita diabetes:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Konsumsi karbohidrat yang sehat 

loader

Pada dasarnya, semua jenis karbohidrat akan memberikan peningkatan pada gula darah. Namun beberapa jenis karbohidrat memang hanya memberikan imbas kenaikan gula darah dalam jumlah kecil saja, inilah yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Mengkonsumsi karbohidrat yang sehat seperti ini dalam jumlah yang tepat, tidak akan membuat gula darah meningkat tinggi. Ada beberapa pilihan makanan sumber karbohidrat yang bisa dipilih oleh penderita diabetes, antara lain: sayur dan buah segar, berbagai olahan susu bebas gula, beras coklat, dan yang lainnya. 

2. Batasi konsumsi garam

Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak beresiko meningkatkan tekanan darah. Hal ini juga akan meningkatkan resiko serangan stroke dan juga penyakit jantung. Sementara di lain sisi, pada penderita diabetes resiko kedua penyakit ini juga juga sudah terbilang tinggi. 

Penting bagi penderita diabetes untuk selalu membatasi konsumsi garam sepanjang waktu. Sebisa mungkin penderita diabetes maksimal hanya mengkonsumsi 1 sendok teh saja garam setiap harinya. 

Baca Juga: Gejala Diabetes, Ciri-Ciri Diabetes, Penyebab Diabetes, Serta Penanganan Penyakit Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

3. Kurangi konsumsi daging merah

loader

Daging sapi dan berbagai makanan olahan darinya seperti ham dan sosis sangat rentan menimbulkan kanker. Daging merah seperti ini juga tidak baik bagi penderita diabetes. 

Sebagai gantinya, penderita diabetes bisa mendapatkan asupan protein dari bahan makanan lainnya, seperti: kacang polong, ikan, telur, daging unggas, dan yang lainnya. 

4. Makan lebih banyak sayur dan buah segar

Penderita diabetes juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah segar. Meski mengandung gula, buah dan sayuran hanya mengandung gula alami yang tidak berbahaya bagi tubuh. 

Namun berbagai sayur dan buah buahan yang sudah dalam kemasan tidak disarankan, karena mengandung gula olahan yang tinggi dan tidak sehat. 

5. Konsumsi lemak sehat

loader

Lemak jenuh menjadi makanan yang harus dihindari penderita diabetes, sebab lemak seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini juga beresiko menimbulkan berbagai penyakit, terutama pada jantung. 

Ada banyak makanan berlemak jenuh yang harus dihindari, antara lain: berbagai makanan olahan daging merah, kue dan kukis, mentega, lemak babi, dan yang lainnya. Mengkonsumsi lemak sehat akan jauh lebih baik, terutama yang berasal dari makanan alami. 

6. Batasi konsumsi gula

Membatasi konsumsi gula tentu sudah menjadi hal wajib bagi penderita diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan cara diet atau mengurangi konsumsi gula secara bertahap. Selain itu, mengkonsumsi gula tanpa atau rendah kalori bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Baca Juga: Waspadai Gejala Gula Darah Tinggi dan Kenali Cara Mengatasinya Sejak Dini

7. Pilih camilan sehat

loader

Memilih camilan sehat juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya, terutama untuk penderita diabetes yang senang ngemil. Hindari makanan olahan yang mengandung banyak garam dan juga gula, apalagi gula buatan. 

Ada beberapa camilan sehat yang bisa dijadikan pilihan oleh penderita diabetes, antara lain: sayur dan buah segar, yogurt, kacang-kacangan, dan yang lainnya. 

8. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol termasuk minuman yang mengandung banyak kalori. Akan sangat baik bagi penderita untuk menghindari berbagai minuman beralkohol seperti ini. 

Namun jika sulit ditinggalkan, maka membatasi konsumsi alkohol menjadi salah satu cara untuk mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

9. Hindari makanan khusus penderita diabet

loader

Berbagai makanan khusus untuk penderita diabetes sudah banyak dijual di pasaran. Berbagai makanan kerap menimbulkan kenaikan pada gula darah, beberapa bahkan mengandung efek sebagai pencahar di dalam saluran pencernaan. 

Tidak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan seperti ini, terutama bagi penderita diabetes yang bisa mengatur asupan makanan sehatnya sendiri. 

10. Hindari konsumsi suplemen

Jika sudah mengkonsumsi sayuran dan buah segar dalam porsi yang tepat, penderita diabetes juga tidak perlu mengkonsumsi suplemen tambahan lainnya. Suplemen seperti ini bisa dikonsumsi, jika memang disarankan oleh dokter. Penting untuk selalu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. 

Tetap Makan Sehat dan Jaga Kadar Gula Seimbang

Menderita diabetes tentu memberikan tantangan tersendiri, sebab penyakit yang satu ini membutuhkan perawatan yang cukup kompleks. Bukan hanya mengkonsumsi obat saja, penderita diabetes juga harus selalu menjaga asupan makanan sehat yang dikonsumsinya. 

Tetap jaga asupan makanan dan juga porsinya dalam jumlah yang tepat, agar tubuh tetap sehat dan gula darah terjaga dengan baik.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu Diet Paleo dan Manfaatnya