5 Cara Menata Rumah Agar Aman untuk Si Kecil

Anak kecil senang melakukan berbagai aktivitas yang membuat mereka gembira dan leluasa untuk bergerak. Berlarian di area rumah tentu menjadi hal yang sangat biasa bagi anak-anak. Semua ini tentu tidak akan menjadi masalah, jika kamu sudah menata rumah dengan cara yang tepat sejak awal. 

Aktivitas anak kecil tentu akan berbeda dengan orang dewasa, itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa mereka melakukan aktivitas dengan aman sepanjang waktu. 

Selain mengawasi anak dengan cara yang tepat, membuat kondisi rumah aman dan ramah untuk anak kecil juga menjadi kebutuhan tersendiri. Bagaimanapun juga, kamu tentu ingin si kecil bisa bermain dengan aman dan nyaman di rumah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menata rumah agar si kecil aman beraktivitas di dalam rumah.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pasang Pagar Pengaman di Tangga

loader
Menata rumah

Jika rumah memiliki tangga, maka area yang satu ini tentu selalu menjadi perhatian khusus, terutama jika si kecil sudah bisa naik turun tangga sendiri. Pada umumnya anak-anak akan senang bermain di tangga, bahkan seringkali berlarian di sana. Hal ini ini sangat beresiko, sebab si kecil bisa saja terjatuh atau bahkan tergelincir saat beraktivitas seperti itu di tangga.

Penting untuk membuat pagar pengaman di tangga,  baik itu di bagian atas maupun di bagian bawahnya. Pagar seperti ini akan membatasi anak untuk naik turun atau bermain di area tangga, terutama ketika mereka tidak ada dalam pengawasan. Selain itu, memasang kunci pengaman pada lemari atau kabinet tempat penyimpanan berbagai produk pembersih serta zat  berbahaya lainnya juga tak kalah penting. Kunci seperti ini akan mencegah anak memegang berbagai produk tersebut.

Baca Juga: Cara Mencegah Anak Mengalami Kecanduan Gadget

2. Simpan Barang-barang Berbahaya

Saat memiliki anak kecil,  berbagai barang berbahaya juga akan membutuhkan penanganan khusus. Kamu harus menyimpan berbagai barang berbahaya ini pada tempat penyimpanan khusus yang tidak mudah dijangkau oleh mereka, seperti: produk-produk pembersih, obat-obatan,  berbagai barang yang bisa terbakar dengan mudah,  dan yang lainnya.

Selain barang yang berbahaya seperti di atas,  berbagai barang yang kecil dan mudah tertelan juga perlu disimpan dengan baik. Barang-barang kecil seperti ini akan menarik perhatian anak-anak, namun juga bisa membahayakan mereka. 

Misalnya,  uang koin, benda kecil dan lainnya yang kamu letakkan dengan sembarangan bisa saja dimainkan oleh si kecil dan secara tak sengaja tertelan olehnya. Alangkah baiknya, simpan  berbagai barang ini di tempat yang aman. Jika perlu,  buatlah area yang yang tidak bisa diakses oleh anak-anak di rumah. 

3. Tutup Semua Saklar Listrik

loader
Menata rumah

Instalasi listrik di rumah juga tentu menjadi hal berbahaya bagi anak-anak. Resiko tersetrum listrik akan semakin besar, jika si kecil senang bermain di sekitar saklar listrik. 

Membuat saklar listrik yang tinggi dan tidak bisa tersentuh oleh anak-anak bisa menjadi salah satu solusinya. Selain itu, gunakan penutup pada setiap sakelar di rumah, agar anak-anak tidak sampai menyentuh atau memasukkan jari mereka ke dalam saklar tersebut. 

Penutup seperti ini biasanya sudah dijual sepasang dengan sakelar itu sendiri. Jika sudah terlanjur memasang saklar yang tidak dilengkapi penutup, maka kamu bisa membelinya secara terpisah. 

Baca Juga: 6 Cara Menanamkan Kesadaran Atur Uang untuk Anak-Anak

4. Lapisi Semua Sudut Tajam

Ada banyak sudut-sudut yang tajam dan cukup berbahaya bagi anak-anak, mulai dari sudut meja hingga rak di rumah. Anak-anak begitu aktif dan suka berlarian  di dalam rumah,  sehingga sudut-sudut seperti ini bisa saja membahayakan mereka. 

Anak bisa saja mengalami cedera atau luka serius, jika tanpa sengaja membentur atau menabrak salah satu sudut. Gunakan bantalan karet untuk melapisi semua sudut-sudut yang tajam tersebut,  agar resiko cedera pada anak bisa diminimalisir.

5. Rapikan Kabel dan Simpan 

Keberadaan kabel di dalam rumah tentu bukan lagi sesuatu yang asing, sebab benda ini banyak dibutuhkan untuk berbagai hal. Namun membiarkan kabel berantakan akan sangat beresiko untuk keselamatan anak-anak.  

Si kecil bisa saja memainkan kabel tersebut dan secara tidak sengaja tercekik atau terlilit. Hindari kondisi seperti ini, pastikan kamu selalu menggulung dan menyimpan kabel dengan baik pada tempat yang aman. 

Buat Rumah Aman dan Nyaman

Memiliki anak yang masih kecil biasanya begitu aktif, mulai dari bermain, berlari-lari, memegang suatu benda karena keingintahuannya yang tinggi dan sebagainya. Untuk itu, pastikan kamu menyimpan semua barang dengan baik dan menata rumah dengan cara yang tepat. Buatlah rumah aman dan nyaman untuk anak-anak, agar anak kesayangan bisa leluasa beraktivitas sepanjang waktu.

Baca Juga: Ciri-ciri Anak Sehat, Perhatikan Moms!