6 Keuntungan Melakukan Pelunasan Utang Lebih Cepat

Utang yang diambil oleh seseorang bisa digunakan untuk apa pun, termasuk modal usaha. Tak sedikit orang yang mengajukan pinjaman atau utang untuk kegiatan yang produktif seperti merintis maupun mengembangkan usaha.

Nah, bila Anda sebagai pemberi pinjaman (piutang), maka sebaiknya Anda juga mengetahui detail mengenai si peminjam. Ada banyak sekali manfaat jika memberikan pinjaman, terutama jika nantinya digunakan untuk modal usaha.

Dengan memberikan pinjaman, Anda akan membantu para pengusaha untuk lebih berkembang. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memberikan pinjaman, terutama jika pinjaman tersebut dikembalikan dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Lalu, apa saja keuntungan melakukan pelunasan pinjaman atau utang dengan cepat? Siman ulasannya berikut:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Keuntungan Bagi Pemberi Pinjaman:

1. Mendapat Pengembalian dari Peminjam Lebih Cepat

Pembayaran Utang
Jatuh tempo pembayaran utang

Salah satu keuntungan dari pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo, akan membuat si pemberi pinjaman bisa mendapatkan uangnya kembali lebih cepat. Dengan begitu, Anda tidak akan berlama-lama menunggu masa pelunasan si peminjam.

Keuntungan ini juga akan diterima oleh si peminjam, yang mana utang akan lebih cepat dilunasi atau dibayar. Misal, jika Anda memberikan pinjaman Rp12 juta dengan masa cicilan sekitar 12 bulan, ketika di bulan ketiga, si peminjam melunasi seluruh tagihan, tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena Anda tidak perlu menunggu hingga 1 tahun.

2. Memutar Investasi

Alur Investasi
Semakin cepat uang kembali, makin banyak pula pinjaman yang disalurkan

Dengan pembayaran pinjaman lebih cepat, maka Anda juga bisa lebih cepat pula memutarnya untuk investasi. Artinya, Anda bisa segera memberikan pinjaman kepada peminjam lainnya. Dengan memberikan pinjaman pada yang lain, tentu Anda akan jauh lebih cepat mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, Anda akan jauh lebih cepat mendapatkan relasi, bahkan partner baru dalam investasi.

Baca Juga: Bisa Hapus Utang! Jangan Remehkan Pentingnya Asuransi Kartu Kredit

3. Memberikan Pinjaman pada Pelaku Usaha Mikro

UKM
Menyalurkan lebih banyak pinjaman ke UKM

Memberikan pinjaman kepada si peminjam memang harus jelas, untuk apa dana pinjaman akan dialokasikan, dan berapa lama si peminjam akan melunasi. Namun, selain itu masih ada lagi keuntungan lain, misalnya saja dengan memberikan pinjaman pada pelaku usaha mikro.

Dengan memberikan pinjaman pada pelaku usaha mikro, dengan memberikan pinjaman tersebut, maka akan membuat para pengusaha mikro akan jauh lebih berkembang dan mampu mengembangkan usahanya.

4. Plafon Pinjaman Meningkat

  Plafon Kredit
Semakin cepat pengembalian pinjaman akan meningkatkan jumlah plafonnya

Keuntungan dari pelunasan pinjaman lebih cepat adalah semakin meningkatkan plafon Anda. Dengan adanya kenaikan plafon, maka akan semakin banyak juga modal Anda untuk mengembangkan usaha. Selain itu, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk memberikan pinjaman kepada calon peminjam lainnya.

Baca Juga: Mau Berutang? Kenali Risiko dan Keuntungan Utang Jangka Panjang

Manfaat Bagi Peminjam:

5. Utang Cepat Lunas

Melunasi Utang
Lebih cepat melunasi utang akan lebih baik

Keuntungan atau manfaat pelunasan utang lebih cepat bagi peminjam adalah mengurangi tanggungan setiap bulannya. Ketika Anda melunasi utang lebih cepat dari jangka waktu yang diberikan, otomatis akan lebih ringan pula beban finansial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mulai membeli barang yang Anda butuhkan atau inginkan.

6. Lebih Mudah untuk Mengajukan Pinjaman Berikutnya

Mengajukan Pinjaman
Ilustrasi mengajukan pinjaman

Manfaat lain bagi peminjam jika mengembalikan uang pinjaman lebih cepat adalah si peminjam akan lebih mudah untuk mengajukan kembali pinjaman berikutnya.

Misal, jika waktu tempo pinjaman Anda hanya 10 bulan saja, ketika di bulan ke-5 Anda sudah bisa melunasi, tentu utang akan lebih cepat selesai dan Anda akan mendapat kepercayaan atau rekam jejak kredit yang bagus.

Dengan begitu, tentu akan memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman berikutnya atau di kemudian hari apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Segera Lunasi Utang dan Jalin Hubungan Baik

Ya, hubungan baik antara pemberi pinjaman dan pihak peminjam memang harus bisa dijaga dengan baik. Sebab hal ini akan membuat hubungan kedua belah pihak akan berjalan lancar dan mulus. Bukan berarti Anda harus selalu berkomunikasi, setidaknya si pemberi pinjaman bisa tahu alokasi pinjaman tersebut.

Begitu juga dengan si peminjam, Anda harus bisa memberikan kesan yang baik kepada pemberi pinjaman. Pastikan jika Anda selalu membayar angsuran tepat waktu, agar nantinya mendapatkan kesan yang baik dan mudah untuk mengajukan kembali pinjaman.

Baca Juga: Selalu Terbelit Utang? Ini Dia Cara Ampuh Membebaskan Diri dari Utang!