6 Langkah Mudah untuk Memilih Jalur Karir yang Tepat

Berkarir pada bidang yang tepat tentu akan membuat kamu lebih mudah untuk mencapai kesuksesan. Namun pada kenyataannya, sebagian anak muda justru terjebak dalam karir yang tidak sesuai, di mana mereka menekuni profesi yang kurang tepat. 

Kondisi seperti ini biasanya kebanyakan dialami oleh fresh graduate yang sama sekali belum memiliki gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya. Jika kamu tidak ingin terjerumus dalam kondisi di atas, maka pastikan kamu mempersiapkan karirmu dengan baik sejak awal. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa kamu lakukan untuk memilih jalur karir yang tepat:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kenali dirimu lebih dalam lagi

kenali dirimu

Hal yang satu ini mungkin akan terlihat sederhana dan bahkan tak pernah terpikir olehmu. Namun jika ingin memilih karir yang tepat, maka penting untuk kamu memahami dengan baik apa sebenarnya yang kamu inginkan. 

Kamu harus mengenali dirimu lebih dalam lagi dan melihat kemampuan serta bakat yang ada di dalam dirimu selama ini. Dalam tahap ini kamu mungkin akan memiliki beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Namun selain hal tersebut, kamu juga perlu melihat lebih detail bakat atau kemampuan tersebut. Mana saja yang bisa untuk dikembangkan kedepannya dan berpotensi sebagai jalur karir di masa depanmu nanti. 

Semua ini akan memberimu gambaran tentang dunia kerja atau industri apa kira-kira yang paling tepat untuk kamu masuki. Menilai kemampuan diri sendiri tentu tidak selalu mudah. Jika masih mengalami hambatan untuk proses yang pertama ini, maka bisa berkonsultasi dengan seorang psikolog atau profesional di bidang ini.

2. Susun daftar profesi yang kamu minati

Jika sudah memahami dengan baik apa yang kamu inginkan dan melihat kemampuanmu di bidang tersebut, maka lanjutkan dengan proses yang kedua ini. Mulailah menyusun daftar profesi yang kira-kira diminati dan sesuai dengan kemampuanmu. 

Setidaknya, kamu perlu membuat 15-20 daftar awal terlebih dahulu sebagai pertimbangan. Selanjutnya, lihat gambaran tentang masing-masing profesi tersebut, seperti: kisaran gaji, jenjang karir, dan yang lainnya.

Baca Juga: 5 Pertimbangan untuk Fleksibel Memilih Kerja, Khusus Fresh Graduate

3. Lakukan riset yang lebih mendalam

melakukan riset

Untuk mempersempit daftar profesi di atas, kamu perlu melakukan riset yang lebih mendalam lagi. Kamu bisa memilih masing-masing profesi dalam industri tersebut ke dalam sektor pekerjaan tertentu, lalu mengelompokkannya ke dalam posisi yang sesuai untukmu. Hal ini akan mempermudah untuk melakukan riset yang lebih mendalam lagi dengan jauh lebih mudah. 

Carilah informasi detail terkait profesi tersebut kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Kamu bisa mengandalkan koneksi atau bahkan melakukan interaksi dengan para profesional di bidang tersebut melalui jaringan online, seperti LinkedIn dan yang lainnya. 

Tanyakan apa saja yang ingin kamu ketahui, terutama yang penting dan bisa menjadi dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan. 

4. Catat pro dan kontra dari setiap pekerjaan tersebut

Setiap pekerjaan tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing dan hal ini patut menjadi pertimbanganmu dalam memilih karir. Jika sudah melakukan riset, maka mulailah mencatat pro dan kontra dari setiap pekerjaan yang diminati tersebut. 

Cara ini akan membantumu mempersempit kembali pilihan pekerjaan yang bisa dipertimbangkan. Lakukan hal ini dengan hati-hati, agar tidak mengabaikan berbagai informasi penting yang pada dasarnya memang layak dijadikan sebagai pertimbangan. 

Baca Juga:  5 Tips Anti Stres untuk Fresh Graduate yang Belum Dapat Kerja

5. Jangan mengambil keputusan dalam kondisi takut dan ragu

takut dan ragu

Pada kenyataannya, setelah kamu mengenali secara detail pekerjaan yang kamu riset, maka sudah jelas kamu akan memahami resiko dan tantangan di dalamnya. Hal ini bisa saja membuat kamu menjadi takut atau bahkan ragu dalam mengambil keputusan. 

Jangan pernah mengambil keputusan dalam kondisi takut dan ragu seperti ini. Kamu harus memiliki keyakinan yang kuat untuk memilih karir yang tepat, sehingga kamu bisa benar-benar siap untuk menghadapi semua tantangan di dalamnya. 

Pastikan kamu mengambil keputusan dengan tenang, agar hasilnya juga sesuai dengan harapan. 

6. Pilih karir yang tepat dan ajukan lamaranmu

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, maka tentukan pilihanmu pada jalur karir yang paling tepat. Berpikirlah optimis dan ajukan lamaran untuk pekerjaan tersebut. 

Selain itu, persiapkan dirimu untuk menghadapi proses seleksi untuk mendapatkan pekerjaan ini. Jalani semua tahap dengan maksimal, agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan dan meniti karir impianmu di perusahaan yang tepat. 

Temukan Karir Terbaik untuk Masa Depanmu

Menentukan pilihan karir tidak selalu mudah untuk setiap orang, terutama bagi yang baru menjadi fresh graduate. Pastikan kamu memahami berbagai poin penting yang patut dijadikan sebagai pertimbangan dalam urusan yang satu ini. Pilih karir terbaik untuk masa depanmu, agar bisa meraih kesuksesan dalam pekerjaan yang akan digeluti nanti. 

Baca Juga:  9 Keahlian Komunikasi yang akan Membawamu Sukses dalam Wawancara Kerja