7 Cara Mudah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis terutama jual beli, slogan "pembeli adalah raja" bukanlah hal yang asing lagi. Slogan ini tentu ada benarnya, sebab bisnis akan sulit bertahan tanpa adanya pembeli atau pelanggan yang datang.

Inilah mengapa menjaga pelanggan agar tetap loyal pada bisnis Anda sangatlah penting. Loyalitas pelanggan pun juga bisa meningkatkan good relationship antara perusahaan dengan konsumen.

Hubungan yang erat tersebut akan membuat pelanggan merasa selalu terhubung dengan brand. Hal inilah yang membuat mereka jadi pelanggan setia yang akan terus menerus membeli produk yang brand tawarkan.

Perlu diketahui juga bahwa dengan loyalitas pelanggan, Anda dapat menekan biaya pemasaran bisnis. Alasannya, karena pelanggan setia memiliki kecenderungan untuk terus membeli keluaran terbaru dari brand yang disukainya.

Jadi meskipun tanpa adanya iklan, mereka akan selalu datang untuk membeli produknya. Mengingat kuatnya pengaruh loyalitas pelanggan terhadap suatu bisnis, penting untuk tahu cara membangunnya.

Dilansir dari Cermati.com loyalitas pelanggan dapat diciptakan dengan berbagai cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan Produk yang Berkualitas

Tanpa perlu iklan mahal dan 'wah' atau promo diskon besar-besaran, kualitas produk sudah cukup membuat pelanggan setia tanpa diminta. Jangan heran ketika pelanggan sudah yakin dan percaya dengan suatu brand.

Terutama karena kualitasnya, bisa dipastikan mereka tak akan segan untuk membeli dengan harga tinggi. Inilah mengapa, melakukan QC atau quality check setiap produk sebelum diluncurkan ke pasar sangatlah penting. Karena hal ini membantu memilah-milah produk mana yang layak dan tidak. Sehingga, kualitas produk tetap terjaga.

2. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan layanan yang memuaskan. Layanan yang dapat diberikan misalnya berupa penjelasan detail terkait manfaat dan fitur produk. Atau bisa dengan menjawab setiap permasalahan yang dialami konsumen terkait produk tersebut.

Pelayanan yang maksimal akan membuat pelanggan merasa dihargai. Hal inilah yang menjadikan mereka loyal dan terus akan membeli produk yang ditawarkan.

3. Menawarkan Harga Produk yang Kompetitif

Selain pelayanan yang maksimal, harga produk pun juga bisa jadi salah satu alasan mengapa pelanggan bisa loyal pada suatu brand atau perusahaan. Karena itu, pastikan untuk memberikan harga yang sesuai untuk setiap produk.

Dalam penetapan harga, Anda bisa melakukan beberapa langkah. Seperti riset pasar secara menyeluruh, membandingkan harga dengan para kompetitor, atau bisa juga dengan menghitung BEP atau Break Even Point. Tak ada salahnya membanderol produk dengan harga tinggi, asalkan kualitasnya sebanding dengan nilai tersebut.

4. Ciptakan Pengalaman Belanja Menyenangkan

Hal lain yang membuat pelanggan menjadi loyal adalah karena pengalaman belanja yang diberikan. Pengalaman semacam ini tak cukup hanya dengan senyum dan sapa yang ramah saja.

Tapi lebih ke pengalaman saat berada di toko secara langsung. Seperti, bagaimana pelanggan melihat dekorasi cantik dan unik dari toko tersebut hingga suasana nyaman yang dihadirkan.

Namun ketika Anda punya toko online, maka bisa diakali dengan memberikan fitur-fitur tambahan yang semakin memudahkan. Seperti menyediakan pilihan pembayaran yang beragam, menyediakan website yang user friendly, hingga layanan customer service. Dengan begitu, pelanggan akan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan dan membuat mereka puas.

5. Menawarkan Program Khusus

Agar pelanggan menjadi loyal, tak ada salahnya untuk membuat program khusus loyalitas pelanggan. Misalnya dengan menawarkan program keanggotaan, dimana nantinya pelanggan bisa mendapatkan hadiah menarik.

Pelanggan yang tertarik akan terus-menerus menggunakannya agar bisa memperoleh hadiah tersebut. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa diskon, gratis ongkir, voucher belanja dan lain sebagainya.

Selain program keanggotaan khusus, Anda pun juga dapat menawarkan program referral. Program ini memungkinkan pelanggan mendapatkan rewards khusus ketika berhasil mengajak orang terdekatnya ikut belanja.

Baca juga: Pengalaman Pelanggan sebagai Kunci Kesuksesan Sebuah Bisnis Digital

6. Berikan Solusi Terbaik Ketika Ada Masalah

Beberapa pelanggan tertarik membeli produk yang Anda tawarkan karena memang sedang memiliki masalah.

Nah, sebagai penjual Anda harus mampu memberikan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi pelanggan. Yakni dengan memberikan rekomendasi produk terbaik dan tepat untuk masalah mereka.

Jika solusi yang diberikan berhasil, tentunya pelanggan akan semakin loyal. Sehingga mereka akan selalu setia dan membeli produk-produk yang brand Anda tawarkan. Jadi jangan pernah sepelekan masalah yang pelanggan hadapi atau ketika mereka meminta solusi.

7. Bangun Komunikasi Secara Efektif

Pastikan untuk membangun komunikasi secara efektif ketika sedang melayani pelanggan. Langkah ini penting dilakukan agar pelanggan merasa dihargai dan diprioritaskan. Misalnya dengan menjawab setiap pertanyaan yang datang, memberikan informasi terbaru secara akurat, dan sebagainya.

Komunikasi yang terjalin baik dengan pelanggan juga menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan kepercayaan brand, lho. Hingga akhirnya, ini akan membuat pelanggan makin loyal.

Salah satu caranya dengan menyiapkan kanal komunikasi yang bisa diakses dengan mudah. Baik melalui website, media sosial maupun perpesanan. Sehingga ketika pelanggan menghadapi masalah dengan produk, mereka bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan maksimal.

Loyalitas pelanggan menjadi hal yang cukup penting bagi sebuah bisnis. Mulai dari mendongkrak tingkat penjualan, promosi bisnis hingga mengokohkan keberadaan brand di pasar. Sehingga brand mampu bersaing dengan para kompetitor.

Inilah mengapa suatu brand atau perusahaan perlu membangun loyalitas pelanggan. Misalnya dengan menjaga kualitas produk, pelayanan terbaik, harga bersaing hingga membangun komunikasi dengan pelanggan secara efektif. Hal ini nantinya bisa mendorong pelanggan dengan senang hati memberikan loyalitasnya.