Ini Rangkuman Anime Terbaik dari A-1 Pictures, Manakah yang Jadi Kesukaan Kamu?

A-1 Pictures merupakan salah satu studio animasi di Jepang terbaik yang didirikan oleh mantan produser studio animasi bernama Sunrise, yakni Mikihiro Iwata. Sejak beroperasi pada 9 Mei 2005 lalu, A-1 Pictures dioperasikan oleh Aniplex yang mana anak Perusahaan dari Sony Music Entertainment Jepang.

Awal mula didirikan, fokus akan tema cerita anime yang diciptakan oleh A-1 Pictures adalah mengenai keluarga, namun studio animasi ini terus mengembangkan jenis atau genre dari karyanya. Anime yang populer dari A-1 Pictures sebut saja diantaranya ada Black Butler, Fairy Tail, hingga Sword Art Online.

Berikut adalah ulasan anime terbaik yang dihasilkan oleh A-1 Pictures, termasuk salah satunya Solo Leveling yang akan digarap studio animasi ini dan dijadwalkan tayang pada 2023 ini.

A-1 Pictures merupakan salah satu studio animasi di Jepang terbaik yang didirikan oleh mantan produser studio animasi bernama Sunrise, yakni Mikihiro Iwata. Sejak beroperasi pada 9 Mei 2005 lalu, A-1 Pictures dioperasikan oleh Aniplex yang mana anak Perusahaan dari Sony Music Entertainment Jepang.

Awal mula didirikan, fokus akan tema cerita anime yang diciptakan oleh A-1 Pictures adalah mengenai keluarga, namun studio animasi ini terus mengembangkan jenis atau genre dari karyanya. Anime yang populer dari A-1 Pictures sebut saja diantaranya ada Black Butler, Fairy Tail, hingga Sword Art Online.

Berikut adalah ulasan anime terbaik yang dihasilkan oleh A-1 Pictures, termasuk salah satunya Solo Leveling yang akan digarap studio animasi ini dan dijadwalkan tayang pada 2023 ini.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Black Butler (2008)

loader

Black Butler via Crunchyroll

Anime yang diadaptasi dari manga ini merupakan salah satu karya terbaik dan terpopuler pertama dari A-1 Pictures. Black Butler mengangkat kisah seorang bernama Ciel Phantomhive yang hidup mewah bersama orang tuanya di Inggris, namun pada ulang tahun yang ke-10, orang tua serta anjing peliharaannya dibunuh dan rumahnya dibakar.

Setelah melalui kejadian yang menyedihkan tersebut, Ciel kemudian diculik dan bakal dijual kepada kelompok pemuja iblis untuk dijadikan persembahan memanggil iblis. Namun, Ciel berujung kepada perjanjian dengan iblis bernama Sebastian yang akan membantunya melakukan balas dendam, dan menukarkan jiwa Ciel sebagai bayarannya.

2. Fairy Tail (2009)

loader

Fairytale via Cuongtruyen.com

Di sebuah Kerajaan Fiore, terdapat roh bintang bernama Lucy Heartfilia yang mempunyai keinginan bergabung dengan Fairy Tail dimana merupakan salah satu serikat penyihir yang tersebar di seluruh dunia. Untungnya, pertemuan kebetulan antara Lucy dengan Natsu Dragneel membawanya ke guild (perkumpulan sihir) legendaris.

Lucy Heartfilia dan Natsu kemudian membuat kelompoknya semakin besar dengan bertambahnya anggota yang semakin banyak, diantaranya ada penyihir es Gray Fullbuster, ksatria penyihir wanita Erza Scarlet, Wendy Marvell hingga Carla. Mereka bersatu dengan memulai misi bersama-masa, salah satunya adalah menundukan penjahat dan mengalahkan guild kegelapan dan yang ilegal, serta menghadapi iblis jahat Etherious.

3. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

loader

Anohana via Crunchyroll.com

Salah satu serial yang memiliki 11 episode ini merupakan anime terbaik dan populer yang dihasilkan oleh A-1 Pictures. Anohana: The Flower We Saw That Day mengisahkan tentang sebuah kelompok berisikan enam orang anak-anak, dan berpisah sejak salah satu dari mereka yang bernama Meiko Menma meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan.

10 tahun sejak kejadian tersebut, ketua kelompok bernama Jinta Yadomi memilih untuk mengurung diri. Namun suatu ketika, Menma muncul di hadapannya dengan penampilan lebih dewasa, serta memintanya untuk mengabulkan satu permintaan agar Menwa bisa kembali pergi ke akhirat.

4. Sword Art Online (2012)

loader

Sword Art Online via Netflix

Sword Art Online merupakan serial yang diadaptasi dari novel karya Reki Kawahara yang memiliki latar sebuah permainan atau game online canggih yang ada di masa depan. Untuk memainkan game ini, pemainnya akan menggunakan helm Nerve Gear yang bisa merangsang panca Indera melalui otak dan mengontrol karakter dalam permainan itu.

Saat game tersebut diluncurkan, dan para pemain masuk  atau login untuk pertama kali. Namun setelah itu, pencipta Sword Art Online mengumumkan kalau pemain yang sudah masuk tidak bisa keluar atau logout, dan untuk bisa bebas, pemain harus menyelesaikan permainan hingga ke level 100.

Baca Juga: Daftar Lengkap Anime Terbaik dari MAPPA Studio, Ada Jujutsu Kaisen?

5. Magi: The Labyrinth of Magic (2012)

loader

Magi via Viu

Salah satu anime terbaik dari A-1 Pictures ini mengambil latar bak cerita Aladdin, Alibaba dan Sinbad the Sailor dalam film One Thousand and One Nights. Cerita pada animasi ini bermula ketika Magi yang karakter mirip seperti Alibaba Saluja, yakni seorang pemuda yang ingin merebut penjara bawah tanah Amon.

Suatu saat, Alibaba bertemu dengan Aladdin, yakni laki-laki misterius yang memiliki kemampuan memanggil jin perkasa dari serulingnya. Dengan kekuatan yang dimiliki Aladdin tersebut, Alibaba kemudian mengajak Aladdin untuk menaklukan Amon bersama-sama.

6. Shinsekai Yori/From The New World (2012)

loader

Shinsekai Yori via Crunchyroll

Di sebuah kota bernama Kamisu 66, terdapat seorang remaja bernama Saki Watanabe berusia 12 tahun yang terbangun dengan kekuatan psikis yang dimilikinya. Ia bersama dengan teman-temannya, yakni Satoru Asahina, Mamoru Itou, Maria Akizuki, Shun Aonuma dan Saki bersekolah di akademi khusus paranormal.

Kendati demikian, kegelisahan mulai membayangi saat Saki mulai mempertanyakan Nasib mereka yang tidak dapat membangkitkan kekuatan, dan anak-anak mulai terlibat hal-hal bersifat rahasia, seperti Kucing Tainted yang dikabarkan menculik anak-anak.

7. Shigatsu wa Kimi no Uso/Your Lie In April (2014)

loader

Your Lie in April via Simpleek

Salah satu anime terbaik karya A-1 Pictures ini merupakan hasil adaptasi dari manga drama romantis yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Arakawa. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie In April) ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak bernama Kousei Arima yang memiliki bakat memainkan piano.

Namun setelah ibunya, Kousei Arima mengalami tekanan mental hingga membuatnya kehilangan kemampuan mendengarkan suara piano. Hingga pada suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis pemain biola bernama Kaori Miyazono yang akhirnya membuatnya kembali bermain piano dan menghadapi rasa trauma tersebut.

8. Erased/Boku Dake ga Inai Machi (2016)

loader

Erased via Netflix

Diadaptasi dari serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sanbe, Erased yang diproduksi oleh A-1 Pictures ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Satoru Fujinuma. Ia memiliki kemampuan yang akan mengirimnya ke kehidupan masa lampau, yakni sebelum kejadian berbahaya mengintainya.

Ketika berhasil kembali ke masa lalu, dimungkinkan kalau Satoru Fujinuma dapat melakukan pencegahan terjadinya penculikan dan pembunuhan yang merenggut nyawa kedua teman sekolahnya. Hal tersebut bermula ketika ibunya dibunuh, dan kemampuan tersebut membawa Satoru ke kehidupan 18 tahun lalu.

9. Nanatsu no Taizai/Seven Deadly Sins 9 (2016)

loader

Seven Deadly Sins via But Why Tho

Jika kalian menyukai anime bergenre fantasi, mungkin karya dari A-1 Pictures satu ini bisa menjadi rekomendasi tontonan. Ya, Nanatsu no Taizai (Seven Deadly Sins 9) mengisahkan tentang sebuah kelompok yang terdiri dari para kesatria asal wilayah Britannia yang dibubarkan setelah mereka dituduh akan menggulingkan Kerajaan Liones.

Setelah dibubarkan, banyak isu yang berkembang tentang mereka, salah satunya adalah banyak yang menyebut kalau Seven Deadly Sins dikalahkan oleh Holy Knight dan ada juga yang menyebutnya masih hidup. Namun, mereka kembali dicari oleh putri ketiga dari Raja Laoneis ketika munculnya isu kudeta yang direncanakan oleh Holy Knight.

Baca Juga: 10 Anime Terbaik Hasil Produksi Studio Pierrot, Salah Satunya Naruto!

10. Wotaku ni Koi wa Muzukashii (2018)

loader

Wotaku ni Koi wa Muzukashii via Otaku Central

Anime ini memiliki latar tempat di sebuah perkantoran yang diadaptasi dari seri web manga karya dari Fujita. Cerita bermula ketika Narumi Momose bekerja pada sebuah perusahaan, dan bertekad agra teman-teman kerjanya tidak mengetahui kalau dirinya adalah seorang fujoshi atau wanita yang sangat menyukai manga dan anime laki-laki.

Sementara itu, identitasnya sebagai seorang fujoshi hampir diketahui oleh teman-temannya ketika ia sedang membicarakan mengenai acara Comiket. Di cerita tersebut, ia juga bertemu dengan Hirotaka Nifuji yang merupakan seorang otaku atau penggemar dari anime dan manga.

11. Kaguya-sama: Love is War (2019)

loader

Kaguya Sama Love is War via Viu

Kaguya-sama: Love is War menceritakan tentang dua orang anak bernama Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya yang tampak seperti pasangan sempurna. Hal tersebut didukung ketika mereka menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS di sekolahnya.

Tidak hanya itu, Kaguyama merupakan putri dari keluarga yang kaya raya, dan Miyuki adalah siswa paling terkenal di sekolahnya. Meskipun merasa saling menyukai satu sama lain, mereka terlalu gengsi untuk mengutarakan perasaan cinta karena jika melakukannya lebih dulu maka dianggap kalah.

12. Solo Leveling

loader

Solo Leveling via Nawala Karsa

Meski belum dirilis atau ditayangkan, namun anime ini menjadi salah satu garapan dari A-1 Pictures yang banyak ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Diketahui, Solo Leveling sudah meluncurkan teasernya pada Maret 2023 lalu, dan hal tersebut mengundang banyak perbincangan di media sosial, terutama Twitter.

Meski A-1 Pictures telah berhasil menghasilkan anime-anime ternama dan populer, namun tidak sedikit para penggemar dari Solo Leveling meragukan kualitas gambar yang bakal digarap. Rencananya, anime ini akan dirilis pada 2023, tetapi muncul kembali kalau peluncurannya ditunda hingga 2024 mendatang.

Dari Karya A-1 Pictures Tadi, Mana Anime yang Masuk List Tontonan Kalian?

Nah, itu tadi sederet daftar anime terbaik dan terpopuler yang dihasilkan oleh studio animasi A-1 Pictures beserta ulasan singkatnya. Dengan berbagai genre, tema serta alur cerita disuguhkan agar penonton bisa menyaksikan keberagaman anime yang diluncurkan, dan judul mana saja yang bakal masuk ke dalam list tontonan kalian?

Baca Juga: 13 Anime Terbaik dari Madhouse, Ada Death Note hingga Hunter x Hunter