Daftar Lengkap Anime Terbaik dari MAPPA Studio, Ada Jujutsu Kaisen?

Hengkang dari Madhouse, Masao Maruyama akhirnya membentuk studio animasi bernama Maruyama Animation Produce Project Association atau disingkat MAPPA Studio yang didirikannya pada 2011. Keputusan Maruyama mendirikan studio animasi ini pun rupanya menghasilkan anime yang sangat populer di mancanegara.

Terdapat sejumlah anime terbaik yang diciptakan oleh MAPPA Studio, diantaranya Jujutsu Kaisen, Shingeki no Kyojin: The Final, Days, Yuri!!! On Ice, hingga Attack on Titan: The Final Season. Kalian sudah pernah nonton yang mana aja?

Buat kalian yang ingin mengetahui apa saja anime terbaik dan terpopuler karya produksi MAPPA Studio, berikut ini adalah rangkuman beserta ulasan singkatnya dari anime yang terbaru hingga terlama:

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Vinland Saga Season 2 (2023)

loader
Vinland Saga Season 2 via onesports.id

MAPPA Studio mengambil alih produksi season kedua dari Vinland Saga yang mana sebelumnya diproduksi oleh Wit Studio. Dalam sekuel lanjutan ini, salah satu anime terbaik dan terpopuler ini masih melanjutkan kisah anak laki-laki bernama Thorfinn yang ingin balas dendam terhadap kematian ayahnya dengan bergabung bersama pasukan Viking.

Kemudian pada season ini, Thorfinn bertemu dengan budak baru bernama Einar, kebersamaan mereka ternyata menghasilkan keinginan yang sama, yakni mewujudkan kebebasan. Kendati demikian, mereka terus dihantui dengan kenyataan tentang masa lalu dan masa kini serta juga perang antara Denmark dengan Inggris.

Dengan garapan sutradara Shuhei Yabuta, Vinland Saga Season 2 tersebut memiliki 24 episode yang ditayangkan dari Januari hingga Juni 2023. Jadi bagaimana, kalian tertarik untuk menonton serial anime dari MAPPA Studio ini?

2. Hell’s Paradise: Jigokuraku (2023)

loader
Hell's Paradise via mamikos.com

Hell’s Paradise: Jigokuraku mengisahkan tentang Gabimaru the Hollow yang dijatuhi hukuman untuk dieksekusi setelah ditangkap melakukan misi pembunuhan. Namun setelah upaya untuk mengeksekusinya gagal secara misterius, serang algojo bernama Sagiri Yamada Asaemon diminta untuk menghabisi nyawa Gabimaru.

Bukan malah mengambil nyawanya, Sagiri justru menawarkan Gabimaru kesempatan untuk mendapatkan pengampunan penuh atas kejahatannya, Gabimaru diminta untuk melakukan perjalanan ke Pulau Shinsekyo dan mendapatkan Elixir of Life yang mana sekian banyak tidak akan kembali waras setelah melakukan perjalanan itu.

Lantas bagaimana kelanjutan kisah Gabimaru the Hollow tersebut? Salah satu anime yang diproduksi oleh MAPPA Studio ini layak menjadi rekomendasi tontonan kalian.

3. Attack on Titan: The Final Season Part 2 (2022)

loader
Attack on Titan The Final Season Part 2 via sportskeeda.com

Kelanjutan anime yang satu ini sudah ditunggu-tunggu oleh banyak penggemarnya, dan pada musim keempat atau final season part 2 ini MAPPA Studio yang menggarapnya. Pada bagian ini, anime disutradarai oleh Yuichiro Hayashi yang menggantikan Tetsuro Araki dan memiliki sebanyak 29 episode.

Dalam season ini, Attack on Titan: The Final Season Part 2 ini memperkenalkan sosok Gabi Braun dan Falco Grice, yakni kandidat prajurit Eldian muda yang mewarisi Titan Lapis Baja bersama Reiner Braun untuk bertahan hidup dalam kekacauan yang sedang berlangsung. Sementara Marley berencana untuk menginvasi Paradis guna memperkuat pasukan militer mereka

Saat pasukan Marley berperang, Gabi dan Falco dipaksa harus menghadapi ketegangan di internal mereka karena adanya dugaan ‘setan’ paradis. Jadi bagaimana, kalian sudah menonton salah satu anime terbaik ini?

Baca Juga:  15 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik dan Seru

4. Chainsaw Man (2022)

loader
Chainsaw Man via crunchyroll.com

Salah satu anime terbaik dari MAPPA Studio ini diadaptasi dari serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tatsuki Fujimoto. Chainsaw mengisahkan tentang seorang pemuda miskin bernama Denji yang tubuhnya digabungkan dengan iblis menyerupao anjing bernama Ponchita.

Hal tersebut membuat Denji memiliki kemampuan untuk mengubah bagian tubuhnya menjadi gergaji mesin. Denji akhirnya bergabung dengan pemburu iblis, yakni agen pemerintah yang berfokus pada pertempuran melawan iblis yang menjadi ancaman bagi Jepang.

5. Jujutsu Kaisen (2020)

loader
Jujutsu Kaisen via en.bandainamcoent.eu

Sejak kemunculannya pada 2020 lalu, Jujutsu Kaisen bisa dibilang menjadi salah satu anime terbaik dan terpopuler yang diproduksi oleh MAPPA Studio. Diadaptasi dari serial manga karya Gege Akutami, Jujutsu Kaisen mengisahkan tentang seorang pelajar bernama Yuji Itadori yang bergabung di klub ilmu gaib di sekolahnya.

Saat itu, salah satu teman Yuji dalam klub tersebut tidak sengaja membuka segel jimat jari busuk yang merupakan kutukan dari roh terkutuk bernama Ryomen Sukuna. Kemudian, Yuji akhirnya menelan jari itu guna menyelamatkan salah satu penyihir Jujutsu, yakni Megumi Fushiguro.

Setelah mempertahankan kendali atas tubuhnya, Megumi membawa Yuji ke sekolah Jujutsu Prefektur dan dilatih oleh Gojo hingga dirinya memakan 20 jari Sukuna. Jika sudah memakan semua jari, maka kutukan tersebut dapat dihilangkan.

6. Dorohedoro (2020)

loader
Dorohedoro via geeknews.id

Dorohedoro bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian berdasarkan hasil diproduksi oleh MAPPA Studio dan diadaptasi dari serial manga. Anime ini menyoroti kehidupan seorang pria bernama Caiman yang bertransformasi menjadi seorang penyihir dengan bentuk kepala menyerupai reptile dan mengalami amnesia.

Bersama dengan temannya yang bernama Nikaido, Caiman bertahan hidup di dunia yang aneh dan penuh kekerasan sembari memulihkan ingatannya. Namun, ia juga menyerang siapapun penyihir untuk mencari tahu penyihir yang bertanggung jawab atas perubahan yang terjadi pada dirinya.

Kendati demikian, entah bagaimana Caiman memiliki kekuatan yang super dan kebal terhadap apapun efek magis berbahaya yang menyerang dirinya. Ia memiliki tubuh berukuran besar, serta mahir dalam menggunakan pisau.

7. Dororo (2019)

loader
Dororo via fictionhorizon.com

Dororo merupakan anime yang diproduksi oleh MAPPA Studio berdasarkan manga dengan judul sama yang diadaptasi ulang dari seri sebelumnya pada 1969 silam. Anime ini mengisahkan bagaimana perjuangan hidup seorang anak bernama Hyakkimaru yang dikorbankan kepada iblis untuk mewujudkan keinginan ayahnya.

Hyakkimaru yang lahir dengan tidak memiliki hidung, mata dan telinga tersebut dibuang oleh ayahnya, dan ditemukan oleh seorang dukun yang memberinya prostetik untuk bertahan hidup. Kemudian, ia memutuskan untuk mengembara seorang diri, hingga akhirnya bertemu dengan seorang anak bernama Dororo yang berteman dengannya.

Baca Juga:  15 OST Naruto Terbaik Sepanjang Masa dan Wajib Didengarkan

9. Banana Fish (2018)

loader
Banana Fish via kompasiana.com

Diadaptasi dari serial manga dengan judul sama karya Akimi Yoshida, anime produksi MAPPA Studio ini layak menjadi salah satu rekomendasi tontonan kalian terutama bagi yang menyukai genre thriller. Banana Fish menyoroti seorang pemimpin geng jalanan bernama Ash Lynx yang mengungkap adanya konspirasi kriminal.

Konspirasi kriminal tersebut melihatkan ‘Banana Fish’, yakni merupakan obat misterius yang dapat mencuci otak penggunanya. Dalam penyelidikan itu, Ash Lynx bertemu dengan seorang fotografer bernama Eiji Okumura yang akhirnya membuatnya berteman dekat.

10. Kakegurui (2017)

loader
Kakegurui via netflix.com

Kakegurui merupakan anime yang diproduksi oleh MAPPA Studio berdasarkan adaptasi dari manga yang ditulis oleh Homura Kawamoto. Anime ini terdapat sekuel atau season kedua, namun jika ingin menonton dari awal, maka kalian bisa menyaksikannya melalui layanan streaming Netflix.

Berlatar sebuah sekolah bernama Hyakkaou yang mana di sana tidak hanya mengajarkan mengenai akademis melainkan perjudian. Saat siang hari, sekolah tersebut mendidik murid sebagaimana pada umumnya, namun ketika malam hari tempat tersebut berubah menjadi sarang judi dan mengajarkan siswa bagaimana memanipulasi orang dan uang.

11. Terror in Resonance (2014)

loader
Terror in Resonance via rottentomatoes.com

Rekomendasi anime terbaik yang diproduksi oleh MAPPA Studio adalah berjudul Terror in Resonance yang dibuat dan disutradarai oleh Shinichiro Watanabe. Anime ini mengisahkan tentang dua orang remaja bernama Nine dan Twelve yang mengidentifikasi diri mereka adalah ‘sphinx’ yang menantang, dan mengancam hingga menyebabkan kehancuran di seluruh Tokyo.

Kedua anak yang selamat dari eksperimen rahasia oleh Rising Peace Academy tersebut berhasil mencuri prototipe bom atom dalam serangan teroris. Mereka pun mengunggah video it uke internet dan mengancam akan menghancurkan Tokyo kecuali teka-teki rahasia dipecahkan.

Hal tersebut pun membuat kepanikan masyarakat di kota tersebut menyebar luas dan sulit untuk dihentikan. Namun muncul seorang detektif bernama Kenjirou Shibazaki yang terjebak di tengah-tengah masalah itu.

Manakah Anime dari MAPPA Studio yang Paling Kamu Suka?

Meski belum lama berdiri, yakni pada 2011 lalu, MAPPA Studio telah masuk menjadi salah satu studio animasi di Jepang yang patut diperhitungkan, serta juga tidak diragukan lagi dalam melahirkan karya-karya luar biasa untuk penggemar anime. Nah, berikut tadi adalah sederet rangkuman anime yang diproduksi oleh MAPPA Studio terbaik hingga terpopuler sehingga bisa menjadi rekomendasi tontonan, dari daftar di atas manakah yang paling kamu paling suka?

Baca Juga:  Bikin Penasaran, Ini 10 Drakor Fantasi dengan Cerita Unik yang Wajib Ditonton