Ini Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Mengonsumsinya!

Madu telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan digemari oleh banyak orang. Cara mengolah cairan berwarna keemasan ini juga terbilang sangat sederhana. Cukup mencampurkannya dengan makanan atau minuman, madu dapat meningkatkan cita rasa sebuah kuliner.

Namun, tahukah Anda bahwa madu juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan? Bahkan, beberapa diantaranya mampu mencegah kanker dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tentu tidak banyak yang menyangka pada manfaat madu tersebut karena makanan lezat kebanyakan kurang baik untuk dikonsumsi. 

Rasa manis yang dimiliki oleh madu memang berbeda dengan yang diberikan oleh gula. Pasalnya, sumber rasa manis yang khas dari madu adalah monosakarida fruktosa serta glukosa. Kandungan kalori gulanya juga mampu menyerap lemak, terlebih saat dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Mengetahui hal tersebut, madu asli tentu cocok untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk penderita diabetes. Nah, khasiat hebat dari mengonsumsi madu untuk kesehatan tidak hanya itu saja. Untuk lebih lengkapnya, simak 10 manfaat madu asli untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kenali Jenis Empon Empon dan Khasiatnya

10 Manfaat Madu Asli

loader

  1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

    School of Medicine, di Cardiff University, Inggris, telah melakukan penelitian tentang manfaat yang dimiliki oleh madu. Melalui penelitian tersebut diketahui jika madu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas.

    Dengan terangsangnya produksi sel imun, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, secara tidak langsung stamina pun akan semakin bertambah karena tubuh menjadi lebih fit. 

    Menambah penemuannya, berdasarkan penelitian tersebut juga diketahui bahwa madu memiliki andil dalam melawan bakteri dalam tubuh. Bakteri yang membuat tubuh gampang terserang penyakit bisa diatasi dengan rutin mengonsumsinya. Dengan begitu, tidak hanya menguatkan sistem imun tubuh, madu juga dapat menjadi penangkal dari berbagai macam penyakit akibat infeksi virus atau bakteri. 

  2. Mampu Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

    Kesibukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari memang seringkali membuat tubuh mudah terasa lelah. Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga juga dapat menjadi sumber utama kenapa tubuh gampang kelelahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, mengonsumsi madu bisa menjadi solusinya.

    Salah satu kandungan utama yang dimiliki oleh madu adalah karbohidrat alami. Kandungan tersebut mampu menjadi sumber energi yang hilang dalam tubuh dengan segera. Tidak hanya itu, madu juga mengandung kalsium, kalium, dan juga zat besi yang dapat menjaga kekuatan otot dan tulang sehingga tidak mudah letih saat sedang beraktivitas berat sekalipun. 

  3. Obat Alami untuk Meredakan Flu Juga Batuk

    Batuk dan pilek merupakan penyakit yang cukup sering diderita oleh masyarakat di Indonesia. Nah, untuk meredakan gejala flu tersebut, madu dapat dijadikan sebagai obat penangkalnya. Alasannya, madu mengandung zat antioksidan, antimicrobial, dan antibakteri guna melawan bakteri, virus, dan juga jamur penyebab munculnya gejala flu. 

    Tak hanya itu, madu juga berkhasiat untuk meringankan sakit tenggorokan akibat iritasi secara alami serta meningkatkan imunitas tubuh sehingga gejala flu bisa segera teratasi. Jadi, saat mengalami batuk dan pilek, disarankan untuk mengonsumsinya guna mempercepat proses penyembuhan gejala flu tersebut.  

  4. Solusi agar Tidak Terserang Diabetes

    Tak dapat dipungkiri jika diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat masa kini. Gaya hidup yang tidak sehat serta hobi mengonsumsi kuliner manis dan mengandung banyak gula menjadi penyebab utama seseorang terkena diabetes. Alhasil, konsumsi gula bagi penderita diabetes harus benar-benar bisa dikontrol.

    Meskipun memiliki rasa yang manis, madu ternyata memiliki khasiat untuk mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, rasa manis yang dihasilkan oleh madu jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh gula. Hal inilah yang membuat tak sedikit orang yang mengganti gula dengan madu sebagai pemanis makanan dan minuman. 

    Kombinasi kandungan glukosa dan fruktosa pada si pemanis alami ini juga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, penyakit diabetes tidak akan kambuh dan menyebabkan komplikasi yang dapat membahayakan penderitanya. 

  5. Kandungan Antioksidan Tinggi yang Mampu Mencegah Kanker

    Salah satu kandungan yang paling banyak dimiliki oleh madu adalah antioksidan. Sudah banyak dipahami jika antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab utama munculnya banyak sel jahat, termasuk sel kanker.

    Dengan adanya antioksidan, proses oksidasi pada molekul di dalam tubuh akan menjadi lebih lambat terjadi. Alhasil, sel kanker akan lebih kecil berisiko muncul karena reaksi kimia dalam tubuh yang menghasilkan radikal bebas menjadi terhambat. 

  6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

    Khasiat selanjutnya adalah menekan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena makanan manis tersebut mengandung tidak hanya antioksidan, namun juga flavonoid yang mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. 

    Penggumpalan darah di pembuluh darah juga dapat dicegah dengan madu. Alhasil, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko munculnya penyakit kardiovaskular dan juga stroke. 

  7. Menekan Efek Buruk Kolesterol dalam Tubuh

    Tidak hanya mencegah kanker, kandungan antioksidan yang dimiliki mampu menekan efek buruk dari kolesterol jahat dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membatasi dampak kolesterol jahat untuk menyebarkan kolesterol ke seluruh tubuh dan mengendap di pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan terganggu kinerjanya.

    Kolesterol jahat yang terperangkap di dinding arteri akan menjadi plak saat terpapar dengan radikal bebas. Sama halnya dengan pengendapan, plak pada dinding arteri akan menyumbat aliran darah dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas akan menjadi berkurang dan mencegah kolesterol jahat untuk membentuk plak pada dinding arteri. 

  8. Mengontrol Berat Badan Berlebih

    Salah satu manfaat madu yang tidak banyak orang tahu adalah menurunkan berat badan dan perut buncit. Caranya cukup dengan mencampur madu dengan air hangat dan perasan air jeruk nipis atau lemon. Campuran madu dan jeruk nipis atau lemon dikenal ampuh untuk secara alami memicu pembakaran lemak dan memperlancar sistem pencernaan. 

  9. Menjaga Kulit Tampak Lebih Sehat

    Tidak hanya untuk kesehatan, madu juga memiliki segudang manfaat untuk menjaga kecantikan. Salah satunya adalah membantu kulit menjadi lebih lembap dan mampu menghilangkan sel kulit yang mati. Komedo, flek hitam, serta bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan menggunakannya. 

    Selain itu, madu juga dapat mengecilkan pori wajah serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Garis halus dan keriput pada kulit juga dapat disamarkan oleh madu sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. 

    Saat digunakan pada rambut, madu dapat membuat rambut lebih kuat, berkilau, tampak lebih hitam, hingga mengatasi kutu di kulit kepala. Jadi, jika diaplikasikan dengan tepat, madu dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. 

  10. Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Luka

    Manfaat madu yang terakhir adalah sebagai obat untuk menyembuhkan luka, baik luka karena jatuh maupun luka bakar. Dengan cara mengoleskannya pada luka atau kulit yang tergores, madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.

    Bahkan, si pemanis alami ini juga bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka karena memiliki sifat antibakteri dan antibiotik. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan madu sebagai penanganan pertama saat obat luka atau semacamnya tidak tersedia. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apakah Mampu Cegah Corona?

Khasiat Madu Asli Lebih Hebat Ketimbang Madu Kemasan

Berasal dari nektar bunga yang diambil oleh lebah dan disimpan sarangnya. Madu yang diperoleh dari sarang lebah tersebut, ada beberapa yang langsung mengemas dan menjualnya ke pasaran. Namun, karena permintaan konsumen sangat membludak, tak jarang ada penjual madu yang mencampurkannya dengan kandungan lainnya.

Pastinya, kualitas dari madu asli dengan campuran cukup jauh berbeda, begitupun khasiatnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan mana madu asli dan yang telah dicampur dengan bahan lain. 

  • Uji dengan Kertas

    Cara yang pertama adalah dengan mengujinya dengan menggunakan kertas. Saat dituang pada kertas, madu akan membuat kertas menjadi lebih sulit untuk dirobek. Jadi, ketika kertas masih mudah robek meski telah tertuang, maka besar kemungkinan madu tersebut telah mendapatkan beragam campuran di dalamnya.

  • Rebus dengan Sendok

    Cara lain untuk mengetesnya adalah dengan merebusnya menggunakan sendok. Ambil sendok dan tuang madu di atasnya, lalu panaskan di atas api kecil. Jika muncul busa yang banyak hingga lumer, itu berarti madu tersebut masih murni dan berkualitas baik.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah yang Mujarab Redakan Penyakit