4 Alasan Mengapa Sistem Pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit Wajib Tersedia pada Bisnis

Dunia mengakui bahwa potensi pasar dan bisnis di Indonesia ini sangatlah tinggi. Terbukti mayoritas masyarakat Indonesia memiliki gaya hidup konsumtif dan tidak ragu untuk membelanjakan uang yang dimilikinya. Bahkan, platform belanja online yang belum lama ini dikenalkan di dalam negeri sudah memiliki jutaan pengguna dan terus bertambah setiap tahunnya.

Namun, hal tersebut tak terlepas pula dari pengaruh teknologi digital yang memang mampu memudahkan aktivitas belanja yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Selain membuat aktivitas belanja menjadi lebih mudah dan praktis, online shopping juga menjadi kian menarik karena banyaknya opsi pembayaran menguntungkan yang bisa dipilih.

Salah satu yang paling populer dan menarik perhatian adalah cicilan tanpa kartu kredit. Adanya layanan kredit berbasis online tersebut membuat masyarakat tetap bisa berbelanja dan memenuhi kebutuhan tanpa takut terkendala dana. Dengan syarat dan proses pengajuan yang simpel, cicilan tanpa kartu kredit adalah layanan yang pasti mampu dijangkau oleh semua masyarakat dari kalangan manapun.

Mengetahui hal tersebut, cicilan tanpa kartu kredit ini bisa dibilang adalah metode pembayaran yang wajib ada dalam sebuah bisnis, khususnya yang berbasis online. Nah, bagi pelaku bisnis online dan masih enggan menyediakan opsi pembayaran ini kepada konsumen, 4 alasan berikut ini mungkin dapat meyakinkan kamu untuk menambahkannya segera. 

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Alasan Sistem Pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit Wajib Tersedia pada Bisnis

  1. Mendorong Daya Beli dan Transaksi Pelanggan

    loader

    Meningkatnya Daya Beli

    Dahulu, saat e-commerce pertama kali muncul dan belum terlalu dikenal di Indonesia, tak sedikit masyarakat yang meragukan sistem keamanannya. Beberapa penyebabnya adalah pilihan pembayaran yang tak bervariasi dan harga barang yang terbilang mahal sehingga tak mampu membelinya secara tunai.

    Namun, krisis kepercayaan konsumen tersebut tak lagi dirasakan masyarakat karena semakin banyaknya metode pembayaran yang ditawarkan oleh e-commerce. Bahkan, semenjak kemunculan metode pembayaran cicilan online, peningkatan transaksi belanja online yang dilakukan oleh konsumen mengalami peningkatan secara signifikan, mencapai 75 persen.

    Kemampuan untuk membeli barang dengan fasilitas cicilan begitu menggoda bagi konsumen saat berbelanja. Selain itu, untuk bisa memanfaatkan opsi pembayaran tersebut, konsumen tak perlu melalui proses pendaftaran yang panjang dan ribet, serta bisa dilakukan secara online.

    Syarat menggunakan cicilan tanpa kartu kredit pun terbilang sangat ringan, yakni hanya perlu melampirkan sejumlah dokumen pribadi seperti KTP dan akun internet banking saja. Jadi, meski sedang tanggal tua dan dompet belum terisi, masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhannya menggunakan layanan pembayaran ini.

  2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

    loader

    Kepercayaan Konsumen

    Membangun kepercayaan pelanggan adalah kunci penting yang harus dipahami oleh setiap pelaku bisnis online. Jika konsumen tak yakin untuk berbelanja di toko online kamu, sudah tentu minim sekali potensi transaksi bisa terjadi.

    Cicilan tanpa kartu kredit mampu meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen kamu karena penyedia layanan ini umumnya legal dan telah mengantongi status terdaftar dari OJK. Dibarengi dengan toko online kamu yang terdaftar di e-commerce ternama dan terpercaya, sudah pasti pelanggan tak akan ragu lagi untuk berbelanja di tempatmu.

    Adanya metode pembayaran ini juga membuat proses refund atau return barang menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Jadi, konsumen dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berbelanja secara online.

  3. Jadikan Bisnis Lebih Menarik dengan Metode Cicilan 0%

    loader

    Cicilan 0%

    Dapat membayar tagihan belanja secara mencicil pada dasarnya sudah sangat menggiurkan, apalagi dengan fitur cicilan 0% yang tak jarang ditawarkan oleh penyedia layanan cicilan tanpa kartu kredit.

    Biasanya, konsumen yang memilih metode pembayaran ini dengan pilihan tenor tertentu dapat merasakan cicilan 0% ini. Melihat kesempatan tersebut, tentu masyarakat Indonesia makin sulit untuk menahan sikap konsumtifnya. Alhasil, konsumen tak akan berpikir dua kali untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan juga barang yang diinginkan.

  4. Minim Risiko Kerugian atau Gagal Bayar dari Konsumen

    loader

    Gagal Bayar

    Saat konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit, kamu tetap mendapatkan dana penjualan secara langsung dan utuh. Sebab, dalam sistem kerjanya, pihak penyedia cicilan tanpa kartu kredit akan menalangi biaya pembelian produk oleh konsumen dan memberikannya kepada pihak penjual. Baru kemudian pihak konsumen akan mengganti biaya pembelian tersebut secara mencicil atau sekali bayar, tergantung dari opsi yang dipilih.

    Dengan kata lain, selaku penjual, risiko yang didapatkan sangatlah kecil, bahkan nyaris tanpa risiko sama sekali. Jadi, keberadaan layanan cicilan tanpa kartu kredit tersebut tak hanya membuat konsumen lebih nyaman saat berbelanja. Namun, juga minim risiko kerugian serta gagal bayar yang pasti sangat ditakutkan oleh pihak penjual.

Siap Tambahkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit pada Opsi Pembayaran di Bisnismu?

Dewasa ini, hampir semua e-commerce atau platform belanja online telah menyediakan kredit tanpa kartu sebagai opsi pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen. Nah, selaku pebisnis online, kamu perlu menyadari bahwa fitur pembayaran ini mampu meningkatkan penjualan dan membuat konsumen lebih nyaman, juga betah berbelanja di tokomu. Jadi, jangan mau ketinggalan dan segera sediakan sistem pembayaran ini di bisnis online kamu.