Ayo Cari Tahu Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya

Siapa yang tak memahami pentingnya vitamin C bagi tubuh? Kebanyakan dari kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan sederet manfaatnya, bukan? Ya, vitamin C adalah jenis kandungan yang penting dibutuhkan tubuh agar kondisi dan kesehatannya senantiasa terjaga.

Beberapa manfaat vitamin C yang umum diketahui oleh banyak orang adalah meningkatkan sistem imun tubuh, meredakan flu, menurunkan hipertensi, hingga melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, vitamin C juga cukup populer dimanfaatkan guna menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. 

Umumnya, kebutuhan vitamin C tubuh dipenuhi melalui berbagai jenis sayur dan buah yang kaya akan kandungan nutrisi tersebut, sebagai contoh, jeruk, dan lemon. Meski begitu, seiring dengan perkembangan teknologi, kini asupan vitamin tersebut dapat dipenuhi dengan cara suntikan. 

Bahkan, dewasa ini, suntik vitamin C sudah menjadi jenis treatment atau perawatan kulit yang populer dicari oleh banyak orang. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah suntik vitamin C aman untuk dilakukan dan mampu memberikan manfaatnya secara optimal?

Juga, yakin manfaat suntik vitamin C tersebut sebanding dengan efek samping yang mungkin dirasakan oleh tubuh jika dilakukan secara berlebihan? Nah, agar tak lagi bertanya-tanya tentang keamanannya, yuk simak dulu ulasan berikut ini.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

Manfaat Suntik Vitamin C

suntik vitamin c

Suntik Vitamin C

  1. Memudahkan Tubuh Menyerap Vitamin C

    Suntik vitamin C dilakukan dengan cara menyuntikkan zat tersebut melalui vena dan langsung masuk ke aliran darah maupun dengan cara oral atau diminum. Saat kamu melakukan suntik, vitamin C bisa mencapai pada tingkat yang lebih tinggi pada darah ketimbang saat mengonsumsinya secara oral. 

  2. Bantu Penurunan Berat Badan

    Manfaat vitamin C yang tak banyak diketahui orang adalah kemampuannya dalam membakar lemak dalam tubuh. Hal ini membuat suntik vitamin C sangat cocok dilakukan bagi kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Melalui cara ini, kamu jadi tak perlu lagi repot mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk menjaga berat badan.

  3. Melambatkan Penyebaran Sejumlah Penyakit Kronis

    Beberapa jenis penyakit yang mampu diringankan efek penyebarannya oleh vitamin C adalah penyakit prostat, hati, usus besar pankreas, hingga kanker.

  4. Menjadikan Kulit Tampak Glowing

    Manfaat suntik vitamin C yang banyak membuat orang tergiur untuk mencobanya adalah menjadikan kulit tampak cerah dan glowing secara instan. Walaupun manfaat ini belum teruji secara klinis, terdapat sejumlah referensi yang memaparkan efek vitamin C dalam menghambat pembentukan melanin. Inilah yang memberi pengaruh pada pigmentasi kulit dan membuatnya terlihat lebih bersinar. 

  5. Menjaga Kebugaran Tubuh

    Seperti yang banyak diketahui orang, vitamin C adalah nutrisi yang amat penting dibutuhkan tubuh. Kekurangan asupan nutrisi tersebut menyebabkan beragam masalah kesehatan. Seperti lemas, perubahan mood, pendarahan pada gusi, hingga masalah tulang. 

    Untuk itu, jika memang asupan vitamin C dalam tubuh benar-benar kurang, maka tidak ada salahnya memilih suntik vitamin ini sebagai solusinya.

    Selain itu, suntik vitamin C juga mampu memperbaiki perkembangan sel dan juga jaringan yang rusak dalam tubuh. Ditambah dengan kandungan antioksidannya yang sudah tinggi, tubuh pun akan menjadi lebih sehat, bugar, dan bertenaga. 

  6. Mengatasi Masalah Defisiensi Vitamin C

    Tak kalah penting, manfaat suntik vitamin C yang selanjutnya adalah mengatasi masalah defisiensi atau kekurangan nutrisi tersebut di dalam tubuh. Suntik vitamin ini diperlukan oleh seseorang yang mengalami masalah defisiensi atau kekurangan vitamin C akut. 

    Penyebabnya bisa karena tubuh kesulitan dalam menyerap vitamin tersebut melalui makanan yang dikonsumsinya. 

  7. Membentuk Kolagen

    Asam askorbat yang terkandung dalam suntik vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan kolagen dan juga perbaikan pada jaringan. Kolagen merupakan protein di tubuh yang mampu menguatkan struktur dari tubuh.

    Kolagen ini terdapat pada otot, kulit, tulang, juga tendon. Selain itu, tubuh yang tak cukup mendapatkan asupan vitamin C mampu menyebabkan risiko terhadap struktur kolagen. Kalau dibiarkan, hal tersebut mampu menjadi pemicu terjadinya kelainan pada pembuluh darah dan juga tulang.

  8. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

    Sebuah riset menunjukkan bahwa suntik vitamin C dengan dosis tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Seperti, kanker otak, tumor di ovarium atau indung telur, hingga tumor pankreas. Meski begitu, hingga saat ini, manfaat suntik vitamin C yang satu ini masih memerlukan uji klinis guna memastikan kebenaran dan keamanan efeknya bagi manusia.

Baca Juga: 4 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Efek Suntik Vitamin C

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa suntik vitamin C adalah praktik medis yang aman dan boleh dilakukan secara kontinyu. Padahal, metode suntik vitamin ini mampu memberikan sejumlah efek samping atau dampak buruk jika dilakukan dengan berlebihan atau cara yang tidak tepat. Berikut adalah berbagai efek suntik vitamin C.

  1. Berisiko Menaikkan Gula Darah atau Penyakit Diabetes

    Efek suntik vitamin C yang pertama dan perlu kamu pertimbangkan risikonya adalah diabetes. Dengan melakukan suntik tersebut, vitamin C yang diterima oleh tubuh mampu menyebabkan tekanan pada gula darah meningkat. Jika tak dikontrol dan berlangsung dalam waktu lama, hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit diabetes.

  2. Menyebabkan Terjadinya Menopause Dini

    Manfaat suntik vitamin C yang banyak dicari oleh sebagian besar pelakunya adalah untuk menjadikan kulit terlihat lebih cerah. Meski begitu, demi mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus mempertimbangkan efek samping suntik vitamin tersebut untuk ke depannya. Tentu tak sebanding, bukan, jika efek mencerahkan kulit dari suntik vitamin harus dibayar dengan risiko masalah kesehatan jangka panjang?

    Salah satunya adalah risiko terjadinya menopause dini pada wanita yang terlalu sering melakukan perawatan kecantikan ini. Umumnya, menopause dialami oleh kaum hawa ketika memasuki umur 50 tahun ke atas. 

    Akan tetapi, zat cairan tersebut mampu membuat proses menopause tersebut terjadi dengan lebih cepat. Jadi, sebelum melakukan suntik tersebut, cari tahu dulu risiko efek sampingnya dengan dokter spesialis.

  3. Memberi Beban bagi Organ Ginjal

    Sebelum memutuskan untuk melakukan suntik vitamin C, ketahui bahwa aktivitas tersebut mampu mengganggu kinerja dari organ ginjal. Jika dilakukan secara berlebihan, suntik vitamin C mampu membuat ginjal bekerja dengan tidak optimal. Jika dilakukan dalam jangka panjang, suntik vitamin C yang dilakukan terlalu sering dan secara berlebihan mampu membuat fungsi dari organ tersebut menurun hingga meningkatkan risiko munculnya penyakit ginjal. 

Jangan Cuma Sekadar Ikutan Tren dan Melakukan Suntik Vitamin C Tanpa Mengetahui Dampak Baik dan Buruknya

Itulah sederet manfaat suntik vitamin C dan efek sampingnya. Secara umum, suntik vitamin ini mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan asalkan dilakukan dengan penuh pertimbangan dan cara yang tepat.

Di sisi lain, jika dilakukan dengan berlebihan, treatment kecantikan ini dapat memicu efek samping yang membahayakan kondisi kesehatan penggunanya. Oleh karena itu, agar terhindar dari dampak buruk dan hanya mendapatkan dampak baiknya saja, selalu lakukan konsultasi dan pendampingan dari dokter ahli saat melakukan perawatan kecantikan yang satu ini.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Vitamin K dan Risikonya Jika Tubuh Mengalami Kekurangan