13 Drama Korea Romantis Terbaik yang Cocok Ditonton saat Bersantai

Menonton drama atau film bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, termasuk drama romantis Korea. 

Jangan salah, menonton tak hanya berfungsi sebagai hiburan iseng atau refreshing semata. Menonton ternyata punya segudang manfaat termasuk untuk kesehatan, seperti, mengusir stres dan sebagai terapi kesehatan (sinematerapi). 

Jadi, untuk kamu penggemar drakor, berikut rekomendasi drama Korea romantis terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: Rekomendasi Film Korea Terbaru yang Seru untuk Ditonton

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Rekomendasi Drama Korea Romantis Terbaik

1. Vincenzo (2021)

loader

Sumber: prfmnews.pikiran-rakyat.com

Rilis di tahun 2021, drama ini tak hanya bercerita mengenai romansa pada umumnya. Drama ini mengisahkan hidup Vincenzo Cassano (Song Joong-ki), seorang mafia yang kemudian bertemu pengacara. Ia bertemu pengacara Hong Cha-young (Jeon Yeo-been) karena terjadinya sebuah kasus besar. 

Vincenzo menjadi salah satu drama Korea romantis terbaik sepanjang masa karena trending di berbagai negara. Kalau kamu belum menontonnya, saksikan Vincenzo di Netflix dan bilibili.tv.

2. It’s Okay to Not Be Okay (2020)

loader

Sumber: nova.grid.id

Drama yang satu ini sering dijuluki healing drama karena mengangkat tema kesehatan mental selain romance comedy. It’s Okay to Not Be Okay selalu sukses dan menjadi trending topic setiap kali episodenya tayang.

Menampilkan aktor paling mahal Kim Soo-hyun dan aktris cantik bertalenta Seo Yea-ji, drama ini mengisahkan tokoh Moon Kang Tae, Moon Sang Tae, dan Ko Moon Young yang sama-sama mempunyai trauma masa lalu.

Kang Tae dan Sang Tae ialah dua bersaudara, dan banyak yang bersimpati serta kasihan kepada Kang Tae karena ia harus merawat Sang Tae yang memiliki keterbatasan mental seumur hidup. Drama ini bisa ditonton di Netflix.

3. Mr. Queen (2020)

loader

Sumber: narasi.tv

Drama Mr. Queen mengusung genre romantic comedy, sageuk, body swap, dan fantasy. Karena kisah seru dan lucunya, Mr. Queen juga berhasil meraih rating dan popularitas yang tinggi, yaitu 8.8/10 di IMDb dan 9.7/10 di Rakuten Viki.

Alkisah, entah bagaimana, terjadilah pertukaran jiwa antara seorang koki laki-laki dari abad modern dengan permaisuri Kim So-young (Shin Hye-sun). Sang koki terjebak di tubuh permaisuri dari raja Cheoljong (Kim Jung-Hyun) di Dinasti Joseon. Drakor yang mengundang banyak tawa ini bisa disaksikan di VIU dan Netflix.

4. Hotel Del Luna (2019)

loader

Sumber: www.liputan6.com

Drakor rom-com satu ini juga mengandung unsur fantasy dalam alur ceritanya. Dibintangi oleh penyanyi cantik IU, diceritakan bahwa Jang Man-wol (IU) terkena kutukan. Ia terpaksa menjadi pemilik hotel tempat arwah sebelum akhirnya pergi ke alam baka.

Jang Man-wol lantas mencari manager hotel baru. Ia kemudian bertemu dengan seorang manusia, Ko Chang-sung (Yeo Jin-goo). Keduanya pun bekerja sama untuk menenangkan para arwah gentayangan.

Mereka membantu menyelesaikan masalah-masalah mereka yang belum beres di dunia. Hotel Del Luna bisa ditonton melalui Vidio, VIU, WeTV, hingga iQIYI.

5. What’s Wrong With Secretary Kim (2018)

loader

Sumber: www.viu.com

Kisah cinta yang klasik berbalutkan komedi nan asyik bisa kamu nikmati dalam drama Korea romantis terbaik yang satu ini. Ceritanya, ada seorang bos eksekutif tampan bernama Lee Young-joon (Park Seo-joon).

Setelah sembilan tahun lamanya bersikap profesional terhadap sekretarisnya yang cantik, Kim Mi-so (Park Min-young), sang bos tampan akhirnya malah jatuh cinta. Drama ini diadaptasi dari novel romantis Korea Selatan bertajuk Why Secretary Kim, karya Jung Kyung-yoon.

Meraih rating 8.1/10 di IMDb dan 8/10 di Wetv.vip, kamu bisa tonton drama Korea romantis terbaik ini melalui VIU, Vidio, dan iQIYI.

6. Fight For My Way (2017)

loader

Sumber: medan.tribunnews.com

Alur kisah dalam drama romantis ini bisa dibilang sangat realistis dan hampir semua orang kebanyakan akan related. Ada banyak kejadian lucu serta dinamika seru dalam persahabatan Choi Ae-ra (Kim Ji-won) dengan Ko Dong-man (Park Seo-joon). 

Ko Dong-man dulunya adalah seorang juara Taekwondo. Sementara Choi Ae-ra bekerja sebagai seorang resepsionis. Keduanya menunjukkan dukungan dan kepedulian terhadap satu sama lain dalam meraih cita-cita hidup mereka. 

Fight For My Way sukses mencetak rekor rating dan banjir pujian berbagai pihak. Drama yang genrenya romance, slice of life, dan workplace ini meraih rating 8.1/10 IMDb dan 9.6/10 Rakuten Viki. Saksikan di iQIYI, VIU, Vidio, dan Netflix. 

7. Descendants of the Sun (2016)

loader

Sumber: salamkorea.com

Drama Korea ini disebut fenomenal dengan rating 8.2/10 IMDb dan 9.7/10 Rakuten Viki. Seorang tentara Korea Selatan, Yoo Si-jin (Song Joong-ki) jatuh cinta kepada dokter cantik, Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo).

Namun kisah cinta mereka harus terhalang oleh urusan profesional. Drama romantis ini juga menceritakan perjuangan para tentara dan tenaga medis di Urk. Terlepas dari semua tantangannya, drama romantis ini berakhir bahagia. 

Dengan total 16 episode, saksikan tayangan Descendants of the Sun di iQIYI, Vidio, VIU, dan Netflix. 

8. My Love from the Star (2013)

loader

Sumber: www.liputan6.com

Ada seorang alien bernama Do Min-joon (Kim Soo-hyun) yang mendarat di bumi. Tak disangka, ia pun jatuh hati kepada perempuan bernama Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun).

Ternyata, wanita ini ialah reinkarnasi dari kehidupan mereka di masa lalu, tepatnya di era Dinasti Joseon. Drama ini mendapat rating 8.2/10 di IMDb dan 9.5/10 di Rakuten Viki. Untuk kamu yang belum menontonnya, saksikan takdir cinta mereka di VIU, Vidio, dan iQIYI.

9. The Moon Embracing the Sun (2012)

loader

Sumber: www.viu.com

Mengusung genre historical, fantasy, dan romance, drama ini mendapat rating 8/10 di IMDb dan 9.5/10 di Rakuten Viki. Singkatnya, ada dua bangsawan muda yang jatuh cinta kepada seorang wanita. 

Namun si wanita hanya menyukai salah satu dari kedua pemuda tersebut, yang ternyata ditakdirkan untuk naik tahta—Joseon Lee Hwon (Kim Soo-hyun). Kemudian serangkaian peristiwa malang terjadi dan perempuan muda itu dianggap tewas. 

Tak pelak, kedua pemuda bangsawan itu menjadi patah hati dibuatnya. Padahal, wanita itu ternyata masih hidup, hanya saja ia kehilangan ingatannya. Sang perempuan kemudian melanjutkan hidup sebagai peramal, Wol (Ha Ga-in). 

Lantas, sanggupkah kekuatan cinta mereka mengalahkan segala konflik? Saksikan The Moon Embracing the Sun di Vidio, VIU, dan Netflix. 

10. Boys Over Flowers (2009)

loader

Sumber: wetv.vip

Drama Korea romantis terbaik yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Drama ini booming di Tanah Air, seiring dengan Hallyu Wave yang kian kencang menerpa generasi muda saat itu. Meski tak persis sama, Boys Over Flowers pun merupakan remake dari Meteor Garden—drama Taiwan yang meroket di tahun 2001.

Sukses di berbagai negara, drakor Boys Over Flowers mengisahkan Geum Jan Di (Koo Hye-sun) seorang perempuan biasa yang satu sekolah dengan geng penggencet. Jan Di kerap mengalami bully dan dijahili oleh Gu Jun-pyo (Lee Min-ho). 

Gu Jun-pyo sendiri adalah anak pewaris dari konglomerat kaya raya. Dari benci jadi cinta, kedua insan muda ini lama-lama malah jadi saling suka. Boys Over Flowers bisa disaksikan di Vidio, Netflix, iQIYI, VIU, dan bilibili.tv.

11. Princess Hours (2006)

loader

Sumber: kumparan.com

Meski terbilang lawas, namun nyatanya Princess Hours masih ditonton banyak penggemar sampai sekarang. Banyak yang suka, fans internasional bahkan menilai drama ini merupakan salah satu rom-com drama terbaik Negeri Ginseng. 

Menurut laporan The Korea Times, drama ini juga sedang dibuat ulang. Remake dari Princess Hours dijadwalkan akan tayang pada 2024 nanti. Selain versi Korea Selatan, Thailand pun membuat drama Princess Hours.

Princess Hours sendiri mengisahkan Chae Gyeong, gadis sekolah biasa (Yoon Eun Hye) yang dijodohkan dengan Lee Shin (Ju Ji Hoon), seorang pria bangsawan berdarah biru. Saksikan di Vidio dan VIU.

12. Full House (2004)

loader

Sumber: www.brilio.net

Menampilkan Song Hye Kyo dan Rain, drakor yang satu ini sangat populer pada masanya. Full House berkisah tentang jalinan asmara Han Ji Eun (Song Hye Kyo) dengan Lee Young Jae (Rain). Pasalnya, mereka memutuskan untuk melakukan pernikahan kontrak. 

Penasaran seperti apa seru dan romantisnya kisah cinta mereka? Tonton di WeTV, Vidio, Netflix, iQIYI, atau YouTube KBS World Indonesia.

13. Winter Sonata (2002)

loader

Sumber: cinemags.org

Drama Korea yang satu ini bukan hanya salah satu yang terbaik, tapi juga legendaris. Tempat syuting Winter Sonata yang berlokasi di Nami Island sekarang telah dijadikan tempat wisata. Di sana, diletakkan pula patung dari kedua tokoh utama drama ini, yaitu Yu Jin dan Kang Jun Sang.

Winter Sonata bercerita tentang Jun Sang dan Yu Jin yang berjumpa waktu masih SMA. Mereka berdua saling jatuh cinta, namun sayangnya terpisah. Pasalnya, Jun Sang mengalami amnesia akibat sebuah kecelakaan hebat yang menimpanya.

Waktu berganti dan mereka dipertemukan kembali. Tapi kali ini, Jun Sang sudah mempunyai identitas baru, yakni sebagai Kang Min Hyung. Dibintangi oleh Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo, banyak yang menyebut plot drama ini sederhana, namun begitu manis, romantis, dan mengesankan hati para penggemarnya sampai sekarang. 

Winter Sonata terdiri dari 20 episode. Tenang saja, meski ada tragis dan sedihnya, tapi happy ending kok. Untuk kamu yang penasaran atau mau menonton ulang, akses drama Korea romantis terbaik ini di WeTV, bilibili.tv, dan iFlix.

Baca Juga: Penuh Laga, Berikut Kumpulan Rekomendasi 10 Film Korea Action Terbaik yang Menegangkan

Refreshing dengan Nonton Drakor Romance Terbaik

Demikian rekomendasi drama Korea romantis terbaik yang bisa menjadi asupan menyenangkan untuk refreshing saat weekend. Faktanya, menonton film atau drama dapat meningkatkan kesadaran sosial dan interaksi manusia, menambah baik suasana hati, merelaksasi pikiran, melepas emosi terpendam, hingga menumbuhkan motivasi.

Sehingga tak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu senggang dengan menonton drama Korea romantis terbaik. Jadi, kamu mau pilih menonton drama romantis yang lama atau terbaru? Apapun pilihannya, enjoy yourself, guys!

Baca Juga: Konyol dan Bikin Baper, Inilah 11 Rekomendasi Film Komedi Korea Romantis yang Terbaik