14 Rekomendasi Drakor Adaptasi Webtoon yang Wajib Kamu Tonton

Animo penonton pada drama Korea (drakor) masih sangat tinggi. Hal ini membuat rumah produksi berlomba-lomba menghadirkan tayangan yang menarik dan menghibur bagi pecintanya.

Salah satu yang sedang tren adalah drakor yang diadaptasi dari webtoon. Dengan popularitas webtoon yang juga sedang meningkat membuat drakornya ikut booming

Orang yang membaca webtoon akan penasaran dengan penggambaran karakter fiksional ke dalam sebuah serial. Sementara, penikmat drakor sejati tertarik dengan jalan cerita yang unik dan tidak biasa. 

Tertarik untuk menonton drakor yang diadaptasi dari webtoon? Berikut 15 rekomendasi drakor yang wajib kamu tonton. 

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. A Business Proposal

    loader

    Drakor ini mengadaptasi webtoon karya Hae Hwa berjudul The Office Blind yang menceritakan kisah cinta antara Direktur Gofood Kang Tae Moo dengan Shin Ha Ri. Mereka bertemu dalam sebuah acara kencan buta yang seharusnya diikuti oleh Jin Young Seo, sahabat Ha Ri. 

    Siapa sangka, pertemuan itu membuat Tae Mo jatuh cinta dengan Hari, meski saat itu belum mengetahui identitas Ha Ri yang sebenarnya. Biarpun tidak langsung membalas perasaan Tae Mo, lama kelamaan Ha Ri justru menjadi yang paling mengerti dirinya. 

    A Business Proposal ditayangkan pada 2022 yang dimainkan oleh Ahn Hyo Seop, Kim Se Jeong, Kim Min Gue, dan Seol In Ah. Berjumlah 12 episode, drakor ini selesai dengan happy ending

  2. Taxi Driver

    loader

    Mengangkat webtoon The Deluxe Taxi karya Carlos dan Lee Jae Jin, Taxi Driver menceritakan sekelompok orang yang membalaskan dendam untuk orang yang membutuhkannya. 

    Awalnya, bantuan balas dendam yang diberikan oleh Kim Do Gi dan rekan-rekannya berjalan normal dan selesai sesuai tujuan. Sayangnya, tanpa disadari, tindakan mereka mulai membahayakan nyawa masing-masing anggota.

    Taxi Driver Season 1 sudah ditayangkan pada 2021. Season 2 kembali menceritakan Kim Do Gi yang harus menyelesaikan masalah dari orang-orang yang dendam padanya. 

  3. Sweet Home

    loader

    Sweet Home menceritakan kehidupan para penghuni apartemen Green Home yang diserang oleh sekelompok zombie yang menakutkan. Mengadaptasi webtoon berjudul sama karya Kim Carnby, ketegangan atmosfernya sangat terasa hingga membuat penontonnya tegang. 

    Di tengah situasi yang mencekam itu, Cha Hyun Soo yang tanpa disadari juga terkena virus zombie menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan orang-orang. Namun, tentu saja upaya itu tidak mudah dan sangat berbahaya. 

    Sweet Home ditayangkan pada 2020. Diperankan oleh Song Kang, Lee Jin Wook, dan Lee Si Young, penonton masih menunggu season 2 karena ending yang sangat menggantung. 

  4. Stranger From Hell

    loader

    Jika sudah membaca webtoon karya kimyongki, kamu pasti sudah tahu bahwa drakornya pun akan menceritakan kehidupan Yoon Jong Woo ke Seoul setelah mendapat pekerjaan.

    Karena keterbatasan biaya, Jong Woo terpaksa tinggal di sebuah apartemen murah bernama Eden. Namun, tidak seperti namanya, Jong Woo tidak merasakan “surga” selama tinggal di sana. Apalagi, ia menyadari bahwa sikap para tetangganya sangat aneh dan mencurigakan. 

    Stranger From Hell ditayangkan pada 2019 dan mendapatkan respons positif dari para pembaca webtoon. Salah satu alasannya, karena dalam versi drakor pun, suasana “tidak nyaman” juga etap sangat terasa sama seperti ketika membaca komiknya. 

  5. True Beauty

    loader

    Saat ditayangkan, True Beauty membuat heboh karena mengangkat salah satu webtoon populer The Secret of Angel karya Yaongyi. Menceritakan tentang Lim Ju Kyung yang bertransformasi menjadi gadis cantik berkat kemampuannya memakai make up. 

    Ia pun diharuskan memilih antara Suho, lelaki yang mengetahui jati dirinya sejak lama, atau Seo Jun, pria berbakat yang mencintai Ju Kyung dengan setulus hati. 

    Berbeda dengan webtoon yang tamat setelah 229 chapter, drakor True Beauty selesai tamat dalam 16 episode. Baik webtoon dan drama sama-sama memberikan happy ending untuk Ju Kyung. 

  6. Love Revolution

    loader

    Selain The Secret of Angel, Love Revolution juga merupakan salah satu webtoon yang banyak penggemarnya. Karya Kwak Kyung Yoon ini menceritakan Goo Jung Yoo yang jatuh cinta kepada Wang Ja Rim. 

    Banyak yang mendukung hubungan mereka, tapi tak sedikit juga yang tidak merestuinya. Bagaimana tidak, kepribadian mereka berdua sungguh berbeda. Yung Yoo sangat periang, sedangkan Ja Rim sangat jutek dan bermulut tajam. 

    Love Revolution dirilis pada 2021 dengan 30 episode. Ceritanya yang ringan membuat drama ini disukai banyak orang.

  7. Tomorrow

    loader

    Mengangkat isu bunuh diri di Korea Selatan yang cukup tinggi, Tomorrow kayra Llama ini mengisahkan tentang sekelompok grim reaper yang masuk ke dunia manusia. Mereka bertugas untuk mencegah manusia untuk mengakhiri hidupnya.

    Sebagai kepala, Goo Ryeon kesulitan menjalankan tugas ini. Sampai suatu hari ia bertemu dengan Choi Joo Woong yang koma setelah menggagalkan percobaan bunuh diri. Dengan pertemuan itu, Goo Ryeon membuat kesepakatan dengan Joon Woong jika mau membantunya. 

    Kisah Goo Ryeon dan Joon Woong berakhir dalam 16 episode. Meski terdapat beberapa perbedaan antara webtoon, penonton tetap puas dengan ending dari kehidupan Joon Woong. 

  8. Navillera

    loader

    Diangkat dari webtoon berjudul sama karya Park In Hwang, Navillera bercerita tentang kehidupan Shm Deok Chul yang sudah memasuki usia senja. Meski sudah berusia 70 tahun, Deok Chul memiliki mimpi yang ingin ia capai, yaitu menjadi penari balet.

    Sayangnya, ia tidak menerima dukungan dari anggota keluarganya. Namun, sejak bertemu pemuda Lee Chae Rok, ia yakin bahwa mimpinya bisa terwujud meski dengan cara lain.

    Navillera ditayangkan pada 2021 dengan 12 episode. Ceritanya sangat menginspirasi serta menghibur sehingga layak untuk ditonton. 

  9. The Uncanny Counter 

    loader

    Webtoon berjudul Amazing Rumor karya Jang Yi ini menjadi dasar cerita The Uncanny Counter. Sesuai judulnya, drama ini menceritakan tentang counter yang bertugas untuk memburu iblis. 

    Setiap counter, Ga Mo Tak, Do Ha Na, Choo Mae Ok, dan So Mun, memiliki kekuatannya masing-masing. Dalam menjalankan tugasnya, mereka menyamar sebagai penjual kedai mie.

    Drama bergenre fantasi-misteri ini ditayangkan pada 2020. Cerita diselesaikan dalam 16 episode. Klimaks dari The Uncanny Counter dikemas dengan sangat apik sehingga menerima respons positif dari para penonton.

  10. Yumi’s Cell

    loader

    Wajah imut-imut Kim Yu Mi dari webtoon Yumi’s Cell karya Lee Dong Gun diangkat menjadi drama yang hangat dan menghibur. Menceritakan tentang Yumi yang harus merasakan jatuh cinta lagi setelah menjomblo bertahun-tahun. 

    Ceritanya semakin menarik karena Yumi “berinteraksi” dengan sel-sel di dalam tubuhnya. Tak jarang aksinya di dunia nyata jadi terpengaruh dari konfrontasi sel-sel Yumi, termasuk ketika harus berhadapan dengan Goo Woong atau Yoo Babi. 

    Penonton sangat menyukai kisah Yumi yang diselesaikan dalam 28 episode. Bahkan, ketika dibuatkan season 2, kehidupan Yumi yang unik masih sangat menarik untuk disaksikan. 

  11. Itaewon Class

    loader

    Tak hanya alur cerita yang sama, karakter dalam webtoon kaya Kwang Jin ini juga dibuat semirip mungkin untuk memberikan kesan yang baik untuk penggemar komiknya. Maklum, Itaewon Class merupakan salah satu webtoon populer yang disukai banyak orang. 

    Menceritakan kehidupan Park Sae Royi, pemuda berkepribadian kuat dengan hati yang lembut. Kehidupannya semakin rumit setelah terlibat perkelahian dengan anak dari sebuah perusahaan besar.

    Itaewon Class memiliki 16 episode dan ditayangkan pada 2020. Tidak hanya menggambarkan kompleksitas hidup Sae Royi, drama ini juga mengajak penonton untuk melihat Distrik Itaewon dengan cara yang tidak biasa. 

  12. See You in My 19th Life

    loader

    Diangkat dari webtoon berjudul sama karya Lee Hey, See You in My 19th Life mengangkat tema tentang reinkarnasi. Menceritakan tentang Ban Ji Eum yang sedang menjalankan kehidupannya yang ke-19 sebagai reinkarnasi dari Yoon Joo Won. 

    Sebenarnya, Ji Eum sudah lelah dengan kehidupannya yang seperti tidak ada akhirnya itu. Akan tetapi dalam kehidupannya yang ke 18 sebagai Yoon Joo Won, ia bertemu dengan Moon Seo Ha dan merasakan kebahagiaan. Sayangnya, Yoon Joo Won meninggal saat kecelakaan mobil. 

    Setelah kematiannya, Yoon Joo Won bereinkarnasi kedalam kehidupannya yang ke-19 sebagai Ban Ji Eum. 

    See You In My 19th Life sedang tayang dan akan selesai dalam 12 episode. Penonton akan diajak untuk melihat usaha Ji Eum agar bisa bertemu kembali dengan Seo Ha pada kehidupannya yang ke-19. 

  13. Weak Hero

    loader

    Karya Yoo Soo Min dan Kim Jin Seok ini menceritakan tentang Shi Eun, siswa SMA yang mengalami perundungan. Tak tahan dengan masalah yang diterimanya, Shi Eun memutuskan untuk belajar bela diri demi melawan orang-orang yang merundungnya.

    Dalam mempelajari ilmu bela diri, Shin Eun mendapatkan bantuan dari Soo Hoo dan Beom Seok. Dari kejadian itu, ketiganya makin dekat dan saling melindungi satu sama lain. 

    Weak Hero atau Weak Hero Class 1 sudah ditayangkan pada 2022 lalu. Dengan tema yang diangkat, banyak penonton yang terbawa suasana dan mengidolakan Shin Eun karena kegigihannya. 

  14. Gaus Electronics

    loader

    Drama dari webtoon karya Seo Sun Mi ini menceritakan dunia kerja di Gaus Electronic. Tak hanya tenang serunya Divisi Pemasaran 3, kehidupan Lee Sang Sik yang ceria juga menjadi plot utama dari drama. 

    Seringkali, Sang Sik membuat masalah di kantor yang juga berimbas pada rekan-rekan kerjanya. Tak heran jika Bae Hyung Sung dang Kang Min ah selalu kerepotan dengan tingkat Sang Sik. 

    Gaus Electronic tamat setelah 12 episode yang ditayangkan pada 2022 lalu. Penonton memberikan penilaian yang bagus karena ceritanya sangat relatable dengan dunia kerja yang sesungguhnya. 

Marathon Drama Adaptasi Webtoon

Itulah 15 drama yang diadaptasi dari webtoon populer. Meski dalam format yang berbeda, sejumlah drama tetap mempertahankan elemen dan ciri khas dalam webtoon untuk diwujudkan dalam drama. 

Kira-kira, kamu akan mulai marathon drama yang mana dulu? Supaya lebih mendalami cerita, kamu bisa membaca webtoon-nya juga. 

Baca Juga: Diangkat dari Kisah Nyata, Begini Sinopsis Drama the Glory dan Rekomendasi Drakor Bertema Bullying Lainnya