Butuh Persiapan Matang, Ini Rincian Biaya Kuliah Arsitektur dan Keahlian yang Perlu Dimiliki

Biasanya, ketika anak telah menginjak bangku sekolah kelas 12 atau 3 SMA, orang tua sudah mulai memikirkan tentang langkah pendidikan selanjutnya. Jika memang ingin mengenyam pendidikan di jenjang kuliah, selain masalah biaya, orang tua juga perlu mengarahkan anak untuk bisa memiliki jurusan yang tepat. Salah satu yang mungkin dijadikan pilihan adalah Jurusan Arsitektur. 

Ya, tiap tahunnya, arsitektur menjadi jurusan yang cukup banyak memiliki peminat dan menjadi favorit calon mahasiswa. Dengan popularitasnya yang terbilang tinggi, proses penyaringan dan peluang untuk bisa masuk ke jurusan kuliah ini menjadi lebih kecil. Tentunya, hal tersebut bisa menjadi perhatian tersendiri bagi orang tua jika anaknya ingin mengambil jurusan arsitektur ketika kuliah nanti. 

Tapi, terlepas dari kesempatan berkuliah di jurusan ini terpenuhi atau tidak, orang tua tetap harus mempersiapkan biaya kuliah arsitektur dan keahlian serta kemampuan yang perlu dimiliki oleh anak. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Baca Juga: Capai Ratusan Juta, Ini Rincian Biaya Sekolah Pilot 2023 dan Tips Kumpulkan Dananya

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Biaya Kuliah Arsitektur di Sejumlah Universitas Ternama

loader

Sebagai gambaran, berikut adalah rincian dari biaya kuliah arsitektur di sejumlah universitas ternama dalam negeri.

  1. Biaya Kuliah Arsitektur di UI

    Universitas Indonesia atau UI memiliki banyak sekali jurusan kuliah unggulan dan menjadi salah satu incaran banyak calon mahasiswa di dalam negeri, termasuk jurusan arsitek. Hal ini wajar saja karena UI termasuk sebagai salah satu universitas terbaik, tidak hanya di Indonesia, tapi juga dunia. 

    Terkait nominal UKT atau Uang Kuliah Tunggal mahasiswa di UI dibedakan berdasarkan kategori atau kelas dan skema yang dipilih. Berikut adalah besaran biaya kuliah arsitektur UI untuk skema BOP-B.

    • Kelas 1 sebesar 0 sampai 500 ribu.
    • Kelas 2 sebesar 500 ribu sampai 1 juta.
    • Kelas 3 sebesar 1 juta sampai 2 juta.
    • Kelas 4 sebesar 2 juta sampai 4 juta.
    • Kelas 5 sebesar 4 juta sampai 6 juta.
    • Kelas 6 sebesar 6 juta sampai 7,5 juta.

    Sementara untuk skema BOP-P adalah sebagai berikut.

    • Kelas 1 sebesar 10 juta.
    • Kelas 2 sebesar 12,5 juta.
    • Kelas 3 sebesar 15 juta.
    • Kelas 4 sebesar 17,5 juta.
    • Kelas 5 sebesar 20 juta.
  2. Biaya Kuliah Arsitektur di UGM

    Selayaknya UI, UGM atau Universitas Gadjah Mada juga termasuk sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia. Mengenai biaya kuliah arsitektur di UGM adalah sebagai berikut.

    • Golongan 1 sebesar 500 ribu.
    • Golongan 2 sebesar 1 juta.
    • Golongan 3 sebesar 3.75 juta.
    • Golongan 4 sebesar 6 juta.
    • Golongan 5 sebesar 8,25 juta.
    • Golongan 6 sebesar 10,5 juta.
    • Golongan 7 sebesar 11,5 juta.
    • Golongan 8 sebesar 12,5 juta.
  3. Biaya Kuliah Arsitektur di ITB

    Kuliah arsitektur juga tersedia di ITB atau Institut Teknologi Bandung. Jika tertarik berkuliah di ITB dengan jurusan arsitektur, berikut adalah kisaran biaya kuliahnya. 

    • UKT kategori 5 sebesar 25 juta dengan biaya pengembangan institut sebesar 25 juta.
    • Biaya Kuliah Arsitektur di UNDIP

    Sementara jika tertarik untuk berkuliah arsitektur di UNDIP atau Universitas Diponegoro, biaya yang perlu disiapkan dibedakan berdasarkan jalur masuk kuliah, apakah itu SNMPTN & SBMPTN, atau jalur mandiri. Untuk jalur SNMPTN & SBMPTN, serta mandiri, berikut perincian biaya kuliah arsitektur di UNDIP.

    • Golongan 1 sebesar 500 ribu.
    • Golongan 2 sebesar 1 juta.
    • Golongan 3 sebesar 3,5 juta.
    • Golongan 4 sebesar 5 juta.
    • Golongan 5 sebesar 6,5 juta.
    • Golongan 6 sebesar 7 juta.
    • Golongan 7 sebesar 8 juta.
    • Golongan 8 sebesar 9,5 juta.

    Khusus untuk jalur mandiri, ada biaya tambahan selain iuran UKT, yaitu sumbangan pengembangan institusi. Sumbangan tersebut dibayarkan sekali selama periode studi, dengan nominal 35 juta hingga 45 juta tergantung golongan UKT yang dibayarkan. 

  4. Biaya Kuliah Arsitektur di UAJY

    UAJY atau Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga sering kali dijadikan sebagai pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah jurusan arsitektur. Untuk detail biaya kuliah arsitektur di UAJY sebagai berikut.

    • Biaya SPP tetap sebesar 4 juta.
    • SPP variabel tiap SKS sebesar 250 ribu.
    • SPU sebesar 22,5 juta.
    • Kemahasiswaan dan uang buku sebesar 4,5 juta.
    • Uang jaminan sebesar 6,75 juta.

Baca Juga:  Teknisi: Tugas, Keahlian, Jenis dan Tugasnya

Persiapan Mengambil Kuliah Jurusan Arsitektur

Sebagai bidang keilmuan yang banyak melakukan perhitungan, desain, dan menggambar, tentu ada beragam hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum mengambil kuliah jurusan arsitektur. Berikut di antaranya.

  1. Les Matematika

    Dalam merancang desain sebuah ruangan atau bangunan, arsitek perlu ahli dalam beragam metode keilmuan matematika, seperti aljabar, trigonometri, geometri, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak sedikit universitas mewajibkan calon mahasiswanya untuk memahami keilmuan ini sebelum mengambil jurusan arsitektur. Untuk mempersiapkannya, sebagai orang tua kamu bisa memberikan les matematika pada anak sejak usia sekolah.

  2. Kursus Desain dan Seni Rupa

    Arsitektur merupakan bidang yang mengombinasikan desain, seni, serta ilmu eksakta. Karenanya, selain membekali ilmu matematika, persiapan kuliah arsitektur termasuk pula belajar desain dan seni rupa, baik melalui les atau praktik bersama komunitas. 

  3. Kursus CAD

    Ketika memasuki dunia perkuliahan jurusan arsitektur, umumnya mahasiswa akan diajarkan untuk membuat gambar melalui aplikasi CAD. Software tersebut memang menjadi sarana yang umum digunakan arsitek dalam membuat desain arsitektur dan wajib dikuasai. 

  4. Menyiapkan Portofolio

    Jika mengincar jurusan arsitektur universitas luar negeri, ada baiknya kamu menyiapkan portofolio berisi hasil desain dan karya arsitekturmu sendiri. Portofolio ini nantinya bisa dianggap personal statement atau motivation letter yang menunjukkan kemampuan, aspirasi, dan minat. 

  5. Memahami Arsitektur dari Berbagai Bacaan

    Meski belum memasuki masa perkuliahan di jurusan arsitektur, tak ada salahnya mencuri start dengan memahami dulu pembelajarannya dari buku, majalah, maupun media online. Dengan begitu, ketika sudah aktif berkuliah, kamu hanya perlu mengulang pemahaman dan mengingatnya lagi. 

  6. Mempelajari Objek Arsitektur secara Langsung

    Guna memperkaya kemampuan arsitektur menjelang kuliah, kamu dapat mempelajari dan memahami objek dan bangunan secara langsung. Mulai dari bangunan di sekitar, hingga rancangan yang dikenal karena unsur arsitekturnya. 

  7. Melatih Kemampuan Manajemen Waktu dan Kerja Tim

    Hal lain yang penting untuk dipersiapkan sebelum memulai kuliah di jurusan arsitektur adalah melatih kemampuan manajemen waktu dan kerja tim. Menjadi mahasiswa arsitektur mempunyai beban cukup besar dan perlu manajemen waktu agar bisa menjalaninya dengan baik, termasuk ketika sudah terjun ke dunia kerja nanti. 

    Hal ini berlaku pula pada kemampuan bekerja secara tim yang dibutuhkan ketika bekerja secara kelompok atau saat menyelesaikan suatu proyek tertentu bersama-sama. Kedua hal tersebut menjadi aspek yang penting agar bisa berhasil melewati jenjang perkuliahan dan melatih kesiapan di dunia kerja. 

  8. Meriset Universitas

    Memilih universitas yang tepat untuk mengambil jenjang perkuliahan menjadi hal krusial yang penting dipertimbangkan setiap calon mahasiswa. Selain berkaitan dengan masalah biaya, meriset perguruan tinggi juga berhubungan dengan kualitas pendidikan yang bisa didapatkan dan reputasi ijazah pasca kelulusan nanti. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan segala hal ketika meriset universitas sebelum memilihnya sebagai tujuan berkuliah jurusan arsitektur. 

  9. Mengenali Cara Menjaga Kondisi Mental

    Tak dapat dipungkiri jika dunia perkuliahan merupakan masa peralihan dari usia sekolah ke usia dewasa. Selain itu, tuntutan saat berkuliah juga bisa dibilang cukup besar dan mudah memicu stres. 

    Untuk itu, pastikan mengenali bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kondisi mental dan metode terbaik melepas beban pikiran. Di samping itu, pahami juga cara menjangkau layanan yang disediakan pihak universitas dalam menjaga kondisi mental para mahasiswanya guna mengantisipasi risiko hal buruk terjadi.

Penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki jurusan arsitektur, karena arsitektur membutuhkan kombinasi keterampilan teknis, kreativitas, dan pemahaman mendalam tentang desain dan konstruksi bangunan.

Siapkan Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur dengan Investasi agar Impian Anak Tak Terpendam

Itulah penjelasan tentang perkiraan biaya kuliah arsitektur dan segala hal yang penting untuk dipersiapkan agar mampu menjalani jenjang pendidikan tersebut dengan optimal. Yang terpenting, siapkan segala kebutuhan mengambil kuliah jurusan arsitektur ini semaksimal mungkin, khususnya terkait biaya, dengan investasi. Contohnya adalah investasi di instrumen berisiko rendah seperti reksa dana yang berisiko rendah, tapi tetap mampu memberi peluang keuntungan yang tinggi.

Baca Juga: Asuransi Rumah: Pengertian, Jenis dan Simulasi, dan Cara Klaimnya