Risiko Kanker, Ketahui Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening di Indonesia

Saat timbul benjolan tidak biasa pada beberapa bagian tubuh, kamu mungkin perlu mewaspadainya. Sebab, bisa saja ini merupakan gejala kelenjar getah bening yang berisiko kanker. Adapun salah satu prosedur penyembuhan pada masalah kesehatan kelenjar getah bening adalah tindakan operasi. Oleh karena itu, cukup banyak masyarakat Indonesia yang mencari informasi biaya operasi kelenjar getah bening.

Sebagai informasi, ada banyak penyebab terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Di antaranya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mudah diobati. Namun, ada pula penyebab lain yang jauh lebih berbahaya, seperti autoimun, kanker, serta infeksi akibat streptococcus, tuberkulosis, dan mononukleosis.

Dengan demikian, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui secara pasti penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Pada sebagian kasus berbahaya, terutama berisiko kanker akan disarankan tindakan operasi. Nah, artikel ini akan membahas terkait biaya operasi kelenjar getah bening yang bisa jadi informasi untuk kamu.

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening

loader

Biaya operasi kelenjar getah bening pada setiap Rumah Sakit (RS) bervariasi tergantung masing-masing kebijakan, standar, serta paket fasilitas yang diberikan. Dilansir dari laman resmi Departemen Kesehatan (Depkes), biaya operasi kelenjar getah bening sekitar Rp6 juta sampai Rp20 juta.

Biaya tersebut pun tergantung pada tingkat keparahan dan kesulitan operasi. Adapun biasanya, biaya di ini belum termasuk pemeriksaan sebelum dan pasca operasi.

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening dengan BPJS Kesehatan 

Mengingat mahalnya biaya operasi kelenjar getah bening, masyarakat Indonesia kini tidak perlu khawatir. Sebab, bagi yang sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)- Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan bisa mendapatkan biaya operasi kelenjar getah bening secara gratis.

Seluruh biaya, seperti tindakan operasi, pemeriksaan, serta perawatan pasca operasi ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan demikian, pasien dapat fokus pada penyembuhan.

Meskipun demikian, untuk bisa bebas biaya operasi kelenjar getah bening, pasien harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku. Berikut beberapa syarat penggunaan BPJS Kesehatan untuk tindakan operasi.

  1. Pastikan memiliki kartu BPJS Kesehatan yang aktif.
  2. Mendapat surat rujukan dari faskes tingkat pertama.
  3. Mendapatkan diagnosa pemeriksaan dari faskes tingkat lanjutan.
  4. Melakukan prosedur operasi sesuai arahan faskes tingkat lanjut.
  5. Membuat pernyataan setuju tindakan operasi pada faskes tingkat lanjut.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Prosedur Operasi Kelenjar Getah Bening

Sebelum tindakan operasi, dokter biasanya sudah mengarahkan beberapa prosedur kepada pasien. Selain melakukan prosedur pemeriksaan fisik, seperti cek laboratorium dan sebagainya. Pasien juga diminta untuk berhenti mengonsumsi obat pengencer darah, seperti aspirin, heparin, warfarin, dan clopidogrel sementara waktu.

Kemudian, melakukan puasa sebelum tindakan operasi serta menyiapkan berkas-berkas penunjang yang diperlukan untuk tindakan operasi. Adapun proses operasi sendiri beragam, tergantung pada jenisnya. Umumnya, ada tiga jenis operasi kelenjar getah bening dengan prosedur sebagai berikut.

Jenis Prosedur Operasi Keterangan

Operasi Terbuka

Operasi terbuka kelenjar getah bening memiliki prosedur mengangkat semua atau sebagian kelenjar. Dokter akan memulai dengan membuat sayatan kecil di sebagian atau seluruh kelenjar getah bening, mengambil jaringan, dan menjahit bekas sayatan. Adapun pada proses operasi terbuka pasien diberikan anestesi lokal atau umum sehingga tidak merasa sakit.

Operasi Jarum

Proses operasi kelenjar getah bening lainnya adalah operasi jarum dimana dokter menggunakan alat untuk mengambil sebagian kelenjar getah bening sebagai sampel. Biasanya, proses ini dibantu alat ultrasonografi (USG) atau CT scan untuk menemukan jaringan yang bermasalah.

Operasi Sentinel

Terakhir, ada operasi sentinel dimana dokter menggunakan sejumlah zat kecil untuk melacak, baik pelacak radioaktif, pewarna biru, serta keduanya yang disuntikkan pada lokasi benjolan. Zat ini akan mengalir ke area kelenjar getah bening,. Kemudian, dokter mengangkat jaringan tersebut.

Itulah beberapa gambaran prosedur operasi kelenjar getah bening yang bisa kamu ketahui. Untuk memastikan jenis tindakan yang akan dilakukan, kamu perlu memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Manfaatkan Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening Gratis dengan BPJS Kesehatan

Demikian informasi estimasi biaya operasi untuk tindakan operasi kelenjar getah bening yang bisa kamu ketahui pada artikel ini. Perlu diketahui, pembengkakan kelenjar getah bening yang tak kunjung mereda dan menimbulkan gejala lainnya, memang membutuhkan pemeriksaan spesifik agar mendapat penanganan yang tepat.

Adapun, jika disarankan untuk melakukan operasi kelenjar getah bening, jangan khawatir dengan biaya yang cukup mahal. Gunakan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan biaya operasi kelenjar getah bening gratis bahkan perawatan dan obat-obatan pasca operasi. Dengan demikian, kamu bisa fokus melakukan pemulihan dan kembali sehat.