Biaya Operasi Mata Minus 2023, Proses, dan Perawatan Pascaoperasi

Mata minus merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penderita mata minus biasanya memerlukan kacamata sebagai alat bantu untuk melihat. Namun, selain menggunakan kacamata ataupun lensa kotak, terdapat cara lain untuk mengatasi mata minus, yaitu dengan operasi mata minus atau juga dikenal dengan LASIK.

LASIK merupakan operasi yang dapat memperbaiki ketajaman penglihatan. Operasi ini ditujukan untuk penderita yang mengalami kelainan penglihatan seperti miopia pada mata minus, hipermetropi pada mata plus, dan astigmatisma pada mata silinder. Adanya operasi mata minus ini, tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Besaran biaya operasi mata minus perlu untuk kamu perhitungkan sebagai langkah persiapan dana. Berikut informasi detailnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Apa itu Mata Minus?

loader
Operasi Mata Minus

Mata minus atau secara medis disebut miopia merupakan kelainan pada mata yang menyebabkan kamu sulit untuk melihat benda yang jarak jauh. Umumnya, mata minus disebut juga sebagai rabun jauh. 

Hal ini terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tidak tepat berada di retina, melainkan cahaya tersebut jatuh di depan fokus retina. Makin besar minus yang dimiliki seseorang, artinya makin jauh pula cahaya jatuh dari titik fokusnya.

Umumnya, gejala yang dialami oleh orang yang mengalami miopia adalah kesulitan melihat benda jarak jauh, tetapi ketika dilihat jarak dekat dapat terlihat. Selain itu, ada pula gejala lainnya seperti berikut:

  • Memicingkan mata ketika melihat sesuatu.
  • Sulit melihat saat mengemudi.
  • Perlu duduk dekat dengan objek yang dilihat, seperti TV atau papan tulis, agar jelas penglihatannya.
  • Mata terasa tegang dan lelah.
  • Sakit kepala.
  • Sering mengucek mata dan berkedip.

Jika gejala ini sudah mulai dirasakan, segera periksa ke dokter mata agar dapat diketahui masalahnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Biaya Operasi Mata Minus Tahun 2023

Mengenai harga operasi mata minus, sebenarnya biayanya dapat saja berbeda-beda. Tergantung dengan fasilitas dan kebijakan dari rumah sakit tempat dilakukannya operasi. 

Biaya operasi mata minus ini memang dapat dikatakan cukup merogoh kocek. Namun, LASIK adalah jalan alternatif untuk membuat penglihatan kembali normal. Berikut rincian biaya operasi mata LASIK minus di berbagai rumah sakit dalam negeri.

No.

Daerah

Estimasi Biaya

1.

Yogyakarta

Mulai dari Rp9.000.000

2.

Surabaya

Mulai dari Rp11.000.000

3.

Jakarta

Mulai dari Rp12.000.000

4.

Semarang

Mulai dari Rp14.000.000

5.

Bandung

Mulai dari Rp19.000.000

Rincian biaya tersebut merupakan estimasi harga operasi mata minus. Biaya tersebut dapat saja lebih atau kurang dari estimasi biaya tertera. Hal ini terjadi karena kebijakan setiap rumah sakit yang dapat saja berubah sewaktu-waktu. 

Biaya operasi mata minus dapat saja berbeda di setiap daerahnya, misalnya biaya operasi mata minus di Surabaya berbeda dengan biaya operasi mata minus di Yogyakarta. Besaran biaya tersebut tergantung pada rumah sakit yang dipilih. Sebab, tiap rumah sakit memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan biaya operasi mata minus ini. 

Untuk itu, kamu dapat langsung mencari tahu biaya operasi sinusitis ini di rumah sakit terdekat atau juga dapat melakukan konsultasi dokter, untuk mengetahui kisaran biaya yang pasti. Namun, sebaiknya disiapkan anggaran dana lebih untuk berjaga-jaga apabila biaya operasi melebihi estimasi yang diperkirakan. 

Untuk melakukan konsultasi dokter pun biasanya ada biaya tertentu yang perlu dibayar. Tentunya, kamu dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis mata. Berikut kisaran biaya konsultasi dokter mata di beberapa rumah sakit di Indonesia. 

No.

Daerah

Estimasi Biaya Konsultasi

1.

Bogor

Mulai dari Rp126.000

2.

Bandung

Mulai dari Rp125.000

3.

Bekasi

Mulai dari Rp95.000

4.

Cikarang

Mulai dari Rp75.000

5.

Cirebon

Mulai dari Rp125.000

6.

Denpasar

Mulai dari Rp127.000

7.

Depok

Mulai dari Rp225.000

8.

Jakarta

Mulai dari Rp107.000

9.

Semarang

Mulai dari Rp150.000

10.

Surabaya

Mulai dari Rp150.000

11.

Yogyakarta

Mulai dari Rp95.000

12.

Tangerang

Mulai dari Rp130.000

Alternatif Biaya Operasi Mata Minus

Seperti yang diketahui bersama, bahwa biaya operasi mata minus LASIK belum bisa dilakukan menggunakan BPJS. Untuk yang memiliki niatan operasi LASIK, mungkin harus rela mengeluarkan biaya jutaan rupiah.

BPJS hanya menanggung biaya operasi yang sifatnya untuk pengobatan, bukan seperti LASIK. BPJS tentu memiliki prioritas tersendiri dalam hal penanganan biaya operasi. Untuk penderita rabun jauh, BPJS hanya memfasilitasi hingga biaya kacamata saja, tidak dengan biaya LASIK.

Adanya fenomena tersebut, semakin membuat orang beranggapan bahwa operasi mata minus dengan metode LASIK itu mahal. Sebab tidak dapat dilakukan dengan asuransi, terkhusus BPJS. Namun, jangan khawatir dengan tidak bisa digunakannya asuransi dalam biaya operasi mata minus, dapat diatasi melalui beberapa hal berikut. 

  1. Mencari promo atau diskon yang dapat menguntungkan kamu dalam biaya operasi mata minus.
  2. Memakai cicilan kartu kredit sebagai alternatif untuk membayar biaya operasi mata minus.

Prosedur Operasi Mata Minus

Ketika proses persiapan operasi mata minus telah dilakukan dan memenuhi persyaratan. Biasanya, kamu akan langsung mendapatkan arahan untuk segera melakukan tindakan operasi mata minus. Berikut beberapa tahapan dalam proses operasi mata minus menggunakan metode LASIK:

  1. Seperti operasi pada umumnya, pasien akan diberikan anestesi terlebih dahulu. Bedanya anestesi operasi mata minus ini diberikan pada mata, agar kamu tidak merasakan sakit selama berlangsungnya operasi.
  2. Setelah anestesi bekerja, dokter akan membuka kelopak mata secara hati-hati. Kemudian, akan dipasangkan dengan alat khusus untuk dapat menahan posisi kelopak mata agar dapat tetap terbuka.
  3. Saat dilakukan tindakan operasi, dokter akan mengarahkanmu untuk fokus pada satu titik cahaya yang ditembakkan ke mata.
  4. Lalu, dokter akan membentuk lipatan tipis pada kornea. Lipatan ini disebut dengan flap dengan bantuan laser. Flap akan dibuka dan kornea dibentuk ulang menggunakan teknologi laser excimer. 
  5. Langkah terakhir, flap tersebut akan dikembalikan pada posisi semula. Kemudian, flap tersebut akan melekat sendiri tanpa adanya jahitan. 

Perawatan Pascaoperasi Mata Minus

Setelah dilakukannya operasi mata minus, pasti kamu akan merasakan ketidaknyamanan dalam beberapa waktu. Seperti munculnya nyeri, gatal, dan penglihatan kabur. Biasanya dokter akan memberikan obat berupa tetes mata yang berfungsi untuk mengatasi peradangan serta infeksi, juga untuk menjaga kelembaban mata. 

Dalam kondisi pascaoperasi, dianjurkan untuk tidak menggosok mata. Sebab, dapat merusak hasil operasi dan membutuhkan perawatan lebih lanjut. Pascaoperasi mata minus pun kamu akan lebih peka terhadap cahaya. Tentunya harus sering melakukan komunikasi dengan dokter. 

Biaya Operasi Mata Minus Mahal, Kesehatan Mata Harus Diperhatikan

Berbagai cara dapat dilakukan agar terjauh dari tindakan bedah, seperti operasi mata minus. Cara termudahnya, yaitu dengan melakukan pencegahan. Kamu dapat menjaga kesehatan mata, seperti mengonsumsi makanan bergizi, sering melakukan konsultasi mata ke dokter secara berkala, menghindari asap rokok, dan menghindari membaca di area yang gelap. 

Adanya pencegahan tersebut, dapat menjadi langkah efektif dalam mencegah munculnya mata minus. Selain itu, dapat menjauhkan dari pusingnya memikirkan biaya operasi LASIK yang mahal. Maka, perhatikan dan sayangi matamu. Sebab, kesehatan mata akan berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari.