Cara Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh selama Pandemi

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh yang baik mampu memberi perlindungan sejak kuman atau bakteri penyebab penyakit pertama kali masuk ke tubuh. Itulah mengapa, memiliki imunitas tubuh yang baik dan kuat sangat penting demi mencegah serangan penyakit, terlebih selama masa pandemi virus covid-19 seperti saat ini.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dimulai dari menerapkan kebiasaan hidup sehat, mengelola dan menghindari stres, termasuk mengkonsumsi suplemen yang baik untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh agar tetap prima. 

Mulai terapkan pola hidup yang sehat

Agar daya tahan tubuh bisa bekerja secara optimal dalam menjaga tubuh agar tidak gampang terserang penyakit, maka penting untuk mulai menerapkan pola atau gaya hidup sehat. Beberapa langkah berikut bisa kamu coba untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh, diantaranya:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Perbanyak makanan kaya nutrisi  

loader

Untuk meningkatkan imun tubuh, disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Seperti buah, sayur-sayuran, karbohidrat dan makanan yang kaya protein, mineral dan vitamin. Penelitian menyebutkan, seseorang yang rutin mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, cenderung tidak gampang sakit. 

Ini karena di dalam buah dan sayur terkandung banyak serat, mineral dan vitamin hingga antioksidan yang mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sehingga mampu melawan bakteri dan virus jahat serta radikal bebas yang menjadi pemicu datangnya penyakit. 

Ada banyak jenis buah dan sayur yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. Mulai dari jambu, kiwi, jeruk, anggur, apel, raspberry, mulberry, blueberry, sayur-sayuran berdaun hijau, wortel, biji-bijian, aneka jamur, polong-polongan, bawang putih. Selain itu, sumber protein seperti telur, daging merah, daging ayam, tahu dan tempe juga tak boleh ketinggalan. 

2. Istirahat dengan cukup

Tubuh yang terlalu letih dan kurang tidur ternyata juga bisa mengakibatkan imunitas tubuh menurun dengan drastis. Hal ini juga membuat tubuh rentan terserang penyakit, misalnya influenza maupun serangan infeksi yang lainnya. Itulah sebabnya, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan istirahat dan tidur sesuai usianya. 

Umumnya, untuk usia dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih antara 7 sampai 8 jam, sementara remaja antara 9 sampai 10 jam. Memenuhi waktu istirahat tubuh dengan cukup, juga mengurangi risiko tekanan stres dan membuat pola hidup jadi lebih sehat.

Baca Juga: Begini Caranya Utamakan Wealth Style daripada Life Style

3. Hindari pemicu stres

Ketika kamu mengalami stres dan tidak bisa mengendalikannya, maka hal ini bisa memicu tubuh menghasilkan hormon kortisol yang lebih tinggi. Dalam jangka waktu yang panjang, peningkatan jumlah hormon kortisol di dalam tubuh bisa berakibat pada penurunan fungsi imunitas tubuh. 

Selain itu, stres juga bisa membawa kamu ke dalam gaya hidup yang kurang sehat. Seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat, merokok, begadang, konsumsi minuman beralkohol dan lainnya. Kondisi tersebut jika dibiarkan bisa membuat imun tubuh menurun dan memicu munculnya berbagai jenis penyakit.

Karena itulah, penting untuk mengelola stres yang dialami agar jangan sampai mengganggu fungsi imunitas tubuh. Misalnya saja dengan meluangkan waktu sejenak untuk memanjakan diri sendiri, konsultasi dengan psikolog atau pergi liburan ke tempat-tempat wisata favorit.

4. Berolahraga dengan rutin dan hentikan kebiasaan buruk

loader

Olahraga secara rutin, juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh yang mulai menurun. Disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit saja setiap hari secara rutin. Supaya sistem imunitas tubuh meningkat dan mampu melawan munculnya infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

Berjalan kaki juga bisa jadi pilihan olahraga yang murah dan efektif, lho. Kamu bahkan tidak perlu peralatan apapun untuk mengerjakannya. Selain itu kamu juga bisa mencoba senam, relaksasi, yoga maupun gerakan olahraga lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Selain rutin berolahraga, pastikan untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, keduanya bisa merusak sistem imun tubuh dan berisiko terserang penyakit infeksi paru yang kronis, seperti pneumonia dan bronkitis. 

5. Tingkatkan Imunitas dengan Asupan Suplemen 

Asupan dengan nutrisi yang cukup penting untuk membantu meningkatkan sekaligus menjaga kinerja sistem imun tubuh. Akan tetapi jika, nutrisi dari asupan makanan belum mencukupi maka kamu juga bisa meningkatkan imun tubuh dengan konsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup. 

Jika kamu berencana untuk mengkonsumsi suplemen tambahan, perhatikan kandungannya dengan seksama. Pastikan untuk memilih jenis suplemen dengan kandungan vitamin C, D dan juga echinacea yang sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh.

Suplemen dengan kandungan echinacea yang tinggi cukup direkomendasikan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, echinacea memiliki sifat anti radang, antivirus, dan antioksidan yang baik untuk mendukung tubuh melawan serangan virus, misalnya penyebab flu.

Selain echinacea, suplemen yang terbuat dari daun meniran atau phyllanthus juga bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Ini karena daun meniran memiliki beragam senyawa yang baik untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang bekerja memperkuat sistem imunitas tubuh dan melawan paparan radikal bebas. 

Suplemen lainnya yang juga bisa kamu tambahkan dalam daftar konsumsi adalah vitamin C, vitamin B6, dan juga vitamin E. Ketiganya mampu menguatkan sistem imun tubuh dengan lebih optimal.

Baca Juga: Bikin Mood Kembali Tinggi, 12 Snack Sehat Ini Juga Mampu Jaga Kesehatanmu, Lho!

6. Luangkan waktu untuk berjemur

Cara agar membuat imun tubuh meningkat berikutnya adalah dengan berjemur. Hasil riset menyebutkan jika sinar matahari mampu mengubah provitamin D di dalam tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D ini sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk berjemur dengan lebih sering. Paling tidak selama 10 sampai 15 menit, minimal 3 kali dalam seminggu. Agar hasilnya optimal, lakukan kegiatan berjemur ini terutama antara jam 9 sampai 10 pagi hari. Ini karena sinar matahari di jam-jam tersebut masih bagus dan tidak membahayakan kulit.

7. Lakukan sosialisasi dan memperbanyak teman 

loader

Menurut ahli, ketika seseorang lebih sering menyendiri atau tak punya waktu untuk bersosialisasi maupun berjumpa dengan orang lain dapat mengubah sistem imun tubuh ke tingkat seluler.

Ini artinya, terjadi penurunan pada kesehatan mental dan fisik yang membuatnya terganggu. Karena itulah, mulailah untuk bersosialisasi dengan keluarga atau orang-orang terdekat yang ada di sekeliling kamu. Agar membantu pikiran lebih rileks dan membuat imun tubuh meningkat.

Jangan Tunggu Sakit Dulu

Menjaga imun tubuh sebetulnya bukan hal yang sulit, kamu hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat, rutin berolahraga dan menghindari stres. Mungkin terdengar sepele, tapi dampaknya sangat luas jika hal tersebut diabaikan begitu saja. 

Karena itulah, jangan tunggu sampai imun tubuh menurun dan membuatnya terserang penyakit. Mulailah ubah kebiasaan buruk dan terapkan beberapa tips di atas mulai dari sekarang.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Apa Itu PHBS dan Penerapannya di Kehidupan Sehari-Hari