Cara Memahami dan Menentukan Segmen Pasar dalam Bisnis

Merencanakan bisnis dengan matang merupakan salah satu poin penting yang akan mempengaruhi kesuksesan di dalam sebuah bisnis. Ada banyak hal yang perlu dipahami dengan baik sejak awal, salah satunya segmen pasar dari bisnis itu sendiri. Jika Anda menemukan segmen pasar yang tepat, maka peluang kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut tentu akan lebih besar.

Segmen pasar merupakan sekelompok orang yang punya satu atau beberapa karakteristik yang sama. Pengelompokan seperti ini akan mempermudah dan memperlancar proses pemasaran suatu produk. Hal tersebut bisa dilakukan karena kesamaan karakter di dalam sekelompok orang tersebut akan mempermudah para pemasar untuk menjalankan tugas mereka. 

Di dalam prakteknya, segmen pasar tersebut bisa saja terdiri dari beberapa macam, antara lain: satu individu, organisasi, keluarga, dan yang lainnya. Untuk memasarkan produk dengan lebih mudah, marketer bisa saja melakukan pendekatan dengan berbagai cara, seperti: menyesuaikan kepribadian target, melihat gaya hidup, mencermati kebutuhan dasar, dan yang lainnya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Manfaat memahami segmen pasar dengan tepat

memahami segmen pasar

Sebagaimana perencanaan pemasaran lainnya, mempelajari segmen pasar tentu dilakukan dengan tujuan tertentu. Pemahaman yang baik terhadap segmen pasar akan mempermudah Anda dalam memaksimalkan penjualan, di mana penjualan bisa diarahkan fokus pada target yang tepat sejak awal. Hal ini akan membuat peluang kesuksesan produk tersebut lebih besar ke depannya.

Saat penjualan bisa tercapai dengan maksimal, maka potensi keuntungan yang besar tentu sudah bisa diharapkan di dalam bisnis. Semua ini akan dipengaruhi oleh segmen pasar yang disasar sejak awal. 

Jika melihat kenyataan tersebut, maka sangat wajar bila setiap pebisnis akan menjadikan poin yang satu ini sebagai hal penting dan wajib dipecahkan sebelum menjalankan bisnis itu sendiri.

Baca Juga: Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Product Roadmap

Cara menentukan segmen pasar dalam bisnis

cara menentukan segmen pasar

Untuk menentukan segmen pasar yang tepat di dalam bisnis, perlu dilakukan analisa yang tepat sejak awal. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menentukan segmen pasar:

1. Pahami kondisi pasar secara menyeluruh

Melihat kondisi pasar dan memahaminya dengan menyeluruh merupakan langkah dasar untuk menetapkan segmen pasar itu sendiri. Pasar yang tepat merupakan sekelompok orang yang membutuhkan dan bisa menikmati manfaat dari layanan atau produk yang Anda jual. 

Penentuan kelompok ini masih terbilang luas dan tidak fokus, sehingga Anda perlu melakukan pengerucutan yang lebih detail lagi di dalamnya. 

2. Tentukan micro market 

Pasar mikro (Micro Market) merupakan target pasar dari segmen yang sudah Anda tentukan pada tahap awal di atas. Segmen pasar ini sudah lebih spesifik serta lebih kecil dari yang Anda tentukan di tahap sebelumnya. 

Anda bisa membaginya dalam beberapa micromarket yang berbeda, sebab setiap segmen bisa saja membutuhkan pola pendekatan pemasaran yang juga berbeda. Dalam tahap ini, Anda sudah harus memahami kebutuhan dan karakter setiap segmen, sehingga lebih mudah untuk menentukan sistem pemasaran yang tepat. 

Pengerucutan segmen pasar dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Apakah calon konsumen punya kemampuan keuangan yang sesuai?
  • Adakah alasan calon konsumen untuk membeli produk Anda?
  • Apakah produk Anda bisa menjadi solusi yang layak bagi calon konsumen?
  • Mampukah produk Anda menghadapi ketatnya persaingan?
  • Apakah ada peluang untuk terciptanya penjualan?

Dalam proses ini, kedua langkah di atas bisa dilakukan secara berulang, sehingga target untuk segmen pasar dapat ditentukan dengan tepat. 

3. Lakukan segmentasi pasar

Pengelompokan pasar di atas menjadi segmen pasar yang lebih terarah bisa dilakukan dengan beberapa variabel yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa kategori umum yang paling sering digunakan:

  • Geografis: Pengelompokan pasar yang dilakukan berdasarkan letak geografis, seperti wilayah, kota, dan lainnya.
  • Demografis: pengelompokan segmen pasar berdasarkan usia, karakteristik populasi, status pernikahan, dan yang lainnya.
  • Psikografis: pengelompokan pasar berdasarkan gaya hidup, minat target, opini, dan yang lainnya.
  • Benefits sought (keuntungan yang dicari): pengelompokan pasar berdasarkan keuntungan tertentu yang dicari konsumen dari sebuah produk atau layanan jasa. 
  • Behavioral: Pengelompokan pasar berdasarkan keterkaitan/ hubungan konsumen terhadap sebuah produk.

Baca Juga: Pebisnis Perlu Kenali 5 Karakter Konsumen dan Cara Mengatasinya Agar Penjualan Lancar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam segmentasi adalah menentukan kategori yang paling tepat dan sesuai dengan produk/ layanan jasa yang Anda jual.  Hal ini harus diawali dengan melakukan riset yang dapat memvalidasi opini calon konsumen terhadap produk Anda tersebut.

Selanjutnya, Anda juga akan membutuhkan evaluasi dalam menentukan segmen pasar tersebut, sehingga Anda benar-benar menemukan segmen pasar yang paling tepat dan sesuai dengan produk Anda. Idealnya segmen pasar haruslah memenuhi beberapa kondisi berikut ini:

  • Dapat diukur.
  • Menguntungkan.
  • Stabil.
  • Bisa dicapai.
  • Homogen secara internal.
  • Heterogen secara eksternal.
  • Responsif.
  • Hemat biaya.
  • Mempermudah identifikasi pemasaran. 

Sukseskan bisnis Anda dengan segmen pasar yang tepat

Melakukan pemasaran dengan tepat merupakan salah satu langkah untuk bisa sukses dalam bisnis. Anda perlu memahami segmen pasar yang sesuai untuk produk Anda, agar Anda bisa mencapai target penjualan yang maksimal. Tentukan segmen pasar Anda dengan tepat sejak awal, sehingga bisnis Anda bisa berjalan sukses sesuai dengan tujuan awal.

Baca Juga: Kelola Bisnis Online Makin Mudah, Manfaatkan 10 Aplikasi Gratis Ini