Persiapkan Masa Pensiun dengan Metode FIRE Movement, Begini Cara Menerapkannya

Disadari atau tidak, setiap harinya kamu semakin dekat dengan masa pensiun di mana raga sudah tidak ideal lagi untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan. Pun kebanyakan orang pensiun di usia senja, misalnya 65 tahun, tapi tak ada aturan pasti yang menyebutkan kamu harus terus bekerja sampai mencapai usia tersebut. Artinya, tergantung bagaimana kamu menyiapkan kondisi keuangan agar bisa meraih masa pensiun lebih awal, kamu bisa segera meninggalkan rutinitas kerja saat ini. 

Berbicara soal menyiapkan kondisi keuangan demi meraih kebebasan keuangan di masa pensiun, apakah kamu pernah mendengar tentang FIRE Movement? Secara umum, FIRE Movement adalah sebuah gerakan untuk mencapai kondisi bebas finansial dan pensiun dini.

Tapi, bagaimana sih metode ini dilakukan dan tips dalam menjalankannya? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan tentang apa itu FIRE Movement dan cara menerapkannya berikut ini. 

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Pengertian FIRE Movement

loader

FIRE Movement adalah kependekan dari gerakan Financial Independence Retire Early alias Bebas Finansial, Pensiun Dini. Gerakan tersebut didedikasikan untuk melakukan program tabungan serta investasi secara ekstrem. Melalui penerapan metode ini, seseorang akan mengalokasikan sekitar 70 persen pendapatannya untuk ditabung dan diinvestasikan sebagai dana pensiun

Target dari melakukan gerakan FIRE Movement ini adalah saat kamu berhasil meraih sekiranya 30 kali pengeluaran tahunannya. Ketika target tersebut berhasil diraih, maka kamu bisa memutuskan untuk berhenti bekerja dan benar-benar memasuki masa pensiun. Terkait kebutuhan hidupnya akan dipenuhi melalui hasil keuntungan portofolio tabungan atau investasinya selama beberapa dekade ke depan. 

Walaupun mungkin terasa agak berisiko, tapi gerakan ini membuat rencana untuk pensiun di umur 40an tahun menjadi lebih realistis. Bahkan, jika lebih dini dilakukan, rencana pensiun di umur 35 tahun bukan mustahil direalisasikan melalui gerakan FIRE Movement.  

Cara Menerapkan FIRE Movement

Agar bisa menyimpan uang dengan tujuan investasi yang masif tersebut, ada beberapa cara yang dilakukan oleh orang yang melakukan gerakan ini, yaitu:

  • Berusaha menekan pengeluaran serendah mungkin
  • Menaikkan tingkat pendapatan

Jadi, ide umum agar bisa berhasil menjalankan gerakan FIRE Movement adalah meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran. Dengan begitu, target kemandirian finansial yang telah ditentukan bisa direalisasikan secepat mungkin. 

Tips Memulai Metode FIRE Movement

loader

Barangkali, FIRE Movement bukanlah metode yang bisa dipraktikkan oleh semua orang karena metode menabung dan investasi yang dilakukan tergolong ekstrem. Tapi, dengan niat yang kuat dan fokus untuk meraih impian pensiun lebih cepat, bukan tidak mungkin FIRE Movement bisa dilakukan dengan sukses. Untuk meningkatkan peluang keberhasilan melakukan gerakan FIRE Movement, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mulai Bermimpi dan Rencanakan Pensiun dari Sekarang

Dorongan utama dalam menerapkan gerakan FIRE Movement adalah keinginan untuk pensiun dan merealisasikannya secepat mungkin. Karenanya, agar bisa meningkatkan peluang kesuksesannya, kamu harus mulai bermimpi dan merencanakan masa pensiun dari sekarang. 

Ketahui berapa besar pengeluaran bulanan yang dibutuhkan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Misalnya, jangan bermimpi mengumpulkan uang 100 juta jika  pengeluaran sebesar 4 juta per bulan karena dalam 2 sampai 3 tahun akan habis tak bersisa. Melainkan, definisikan ulang terkait keinginan pensiun dan buat rencana agar bisa mewujudkannya.  

2. Berusaha Maksimal untuk Menekan Pengeluaran 

Tips lainnya, luangkan waktu untuk mencari tahu ke mana saja uangmu pergi dengan mencatat segala kebutuhan dan keinginan pada pengeluaran bulanan. Potong pengeluaran yang dirasa tidak perlu dan mulai perketat arus keuangan dengan melakukan penghematan. Dengan begitu, uang yang bisa ditabung akan menjadi lebih banyak dan meningkatkan peluang keberhasilan FIRE Movement. 

3. Menambah Pemasukan 

Selain memangkas pengeluaran, kamu juga perlu menambah pemasukan. Demi berhasil mewujudkan impian pensiun dini, tidak ada salahnya untuk berusaha ekstra keras di masa sekarang dan mencari sumber pemasukan baru di samping penghasilan utama. Dengan bantuan internet untuk mencari kerja sampingan atau keuletan dalam berbisnis, tidak sulit sebenarnya mendapatkan pemasukan tambahan asalkan ada niat untuk meraihnya. 

4. Terus Konsisten Menyisihkan Uang

Selanjutnya, dari upaya menekan pengeluaran dan menambah pemasukan, usahakan untuk menyisihkan sebagian besar uang sebagai tabungan. Di awal, mungkin kamu bisa menabung 50 persen penghasilan untuk dana pensiun. Lalu, seiring waktu, tingkatkan nominal dana tabungan sembari menyesuaikan kebutuhan agar akhirnya mampu meraih angka 70 persen total pendapatan untuk ditabung. 

5. Menabung dan Investasi di Instrumen yang Tepat

Terakhir, FIRE Movement mengajarkan pelakunya untuk jeli dalam berinvestasi agar mampu mendapat potensi return menarik. Contohnya, lakukan diversifikasi investasi di instrumen berisiko rendah dan tinggi sekaligus seperti saham dan reksa dana pasar uang. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan asuransi pula demi mengantisipasi risiko masalah yang mungkin terjadi di masa depan, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. 

Semangat Menabung Tak Pernah Surut Adalah Kunci Sukses FIRE Movement

Itulah penjelasan tentang FIRE Movement sebagai cara untuk menyiapkan masa pensiun sedini mungkin. Intinya, gerakan ini adalah metode agar kamu bisa merencanakan kebutuhan di masa pensiun semaksimal mungkin dari sekarang. Untuk menyukseskannya, kamu perlu membiasakan diri untuk terus menabung dan investasi, lalu membiarkan bunga dan waktu bekerja memberi keuntungan hingga rencana pensiun terealisasi.