Cara Mudah Cek Skor Kredit Via Website Resmi OJK

Mau mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga penyedia keuangan legal lainnya? Sebelum itu, pastikan skor kredit yang dimiliki masih aman dan namamu tak ada dalam daftar blacklist OJK. Karena ini bisa jadi membuat pengajuan pinjaman sulit disetujui.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui berapa skor kredit atau pinjaman masing-masing. Salah satunya adalah melalui laman resmi OJK di idebku.ojk.go.id. Cara ini bahkan bisa dilakukan secara online, dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun, lho.

Layanan ini tentu saja akan lebih memudahkan masyarakat untuk mengecek skor kredit mereka secara mandiri. Skor kredit ini adalah sangat penting karena akan mempengaruhi proses analisis dan keputusan bank maupun lembaga sejenisnya untuk memberikan pinjaman atau tidak.

Nah, tertarik ingin mengecek skor kredit yang disediakan OJK ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya dibawah ini!

Baca Juga: Cara Melihat dan Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit Lolos

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Bagaimana Cara Mengecek Skor Kredit di Website Resmi OJK?

loader

Skor Kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengatur sektor jasa keuangan di Indonesia. Salah satu layanan yang disediakan oleh OJK adalah kemudahan untuk memeriksa skor kredit atau kualitas kredit melalui laman resmi mereka. 

SLIK OJK sendiri adalah singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan, layanan pengganti BI Checking yang memberikan informasi terkait dengan debitur. Di SLIK OJK, kamu bisa mendapatkan informasi seputar riwayat debitur. Mulai dari data pokok, beban bunga, kualitas kredit, cicilan, sampai dengan jaminan aset.

Baca Juga: Skor Kredit Jelek? Begini Cara Memperbaikinya

Masyarakat juga bisa menggunakan SLIK OJK ini untuk melihat skor kreditnya, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan Device Terhubung dengan Jaringan Internet Aktif

Sebelum masuk ke langkah selanjutnya, pastikan device yang digunakan baik itu smartphone atau komputer telah terhubung ke jaringan internet. Pastikan juga koneksi internetnya stabil sehingga proses loading-nya lebih cepat.

Langkah 2: Masuk ke Laman Resmi OJK

Buka peramban (browser) yang terinstal di perangkat seperti Google Chrome dan ketikkan alamat web resmi OJK di URL bar: https://www.ojk.go.id/. Pastikan mengunjungi laman resmi OJK untuk memastikan keamanan dan keabsahan informasi yang diperoleh.

Langkah 3: Masuk ke Menu Perbankan > SLIK

Setelah itu, di bagian menu atas pilih menu “Perbankan” > pilih “Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)”. Kamu akan diarahkan ke laman SLIK OJK khusus, disini ada 2 opsi, yakni:

  • Cek Skor Kredit secara Walk-In/Offline/Luring dengan datang ke kantor OJK setempat dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Cek Skor Kredit secara Online/Daring melalui aplikasi iDebku OJK yang bisa diakses pada https://idebku.ojk.go.id 

Di laman OJK kamu juga akan mendapatkan panduan seputar tiap-tiap cara pendaftaranya lho.

Langkah 4: Akses Laman iDebku OJK

Klik link tautan https://idebku.ojk.go.id lalu kamu akan diarahkan ke halaman utamanya. Lalu masuk ke menu “Pendaftaran” untuk melakukan pengajuan iDebku baik bagi perseorangan atau badan usaha.

Di bagian bawahnya ada menu “Status Layanan” yang digunakan untuk mengecek status layanan iDebku yang sudah diajukan sebelumnya. Mengingat ini ada pengajuan yang pertama, maka yang dipilih adalah menu “Pendaftaran” yang berwarna hijau.

Langkah 5: Isi Laman Cek Ketersediaan Layanan  

Kamu akan diarahkan ke halaman Cek Ketersediaan Layanan, disini ada beberapa kolom yang perlu dipilih dan diisi. Mulai dari: Jenis Debitur, Kewarganegaraan Debitur, Jenis Identitas Debitur, dan Nomor Identitas Debitur. Setelah selesai, masukkan kode captcha yang ditampilkan dan klik “Selanjutnya”.

Langkah 6: Isi Data Registrasi Lengkap

Selanjutnya, kamu perlu mengisi data registrasi secara lengkap dan benar, mulai dari:

  • Jenis Identitas Debitur
  • Nomor Identitas Debitur
  • Nama Lengkap Debitur
  • Jenis Kelamin Debitur
  • Tempat Lahir Debitur
  • Tanggal Lahir Debitur
  • Alamat Debitur
  • Provinsi Debitur
  • Kabupaten/Kota Debitur
  • Alamat Lain Debitur
  • Alamat Email Aktif
  • Nomor Handphone
  • Tujuan Permohonan Informasi
  • Nama Ibu Kandung Debitur

Setelah selesai, klik “Selanjutnya

Langkah 7: Unggah Dokumen Persyaratan

Setelahnya, unggah dokumen persyaratan dengan format file .jpg, .jpeg, dan .png dengan ukuran maksimal 4 MB. Dokumen persyaratan yang harus diunggah antara lain:

  • Foto Identitas Diri
  • Debitur Perorangan: KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA
  • Debitur Badan: Identitas Pengurus (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA), NPWP Badan Usaha, Akta pendirian/anggaran dasar pertama; dan/atau Perubahan anggaran dasar terakhir yang menunjukkan perubahan kepengurusan Badan Usaha.
  • Debitur yang Sudah Meninggal Dunia: Identitas ahli waris (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA), Dokumen asli yang menerangkan kematian debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwenang; dan Dokumen yang menunjukkan hubungan kekeluargaan/ahli waris.
  • Foto diri dengan memegang kartu identitas asli
  • Foto diri mengikuti gaya atau gerakan contoh (di website)
  • Setelah itu beri tanda Ceklis pada kolom pernyataan yang ada dibawah dan klik “Ajukan Permohonan”.

Langkah 8: Dapatkan Email dari OJK

Setelah itu, permintaan untuk cek skor kredit akan diproses dalam beberapa hari kerja (biasanya 1 hari kerja setelah pendaftaran diterima). Buka email yang tadi dimasukkan untuk melihat nomor pendaftaran atas pengajuan tersebut.

Masuk ke laman https://idebku.ojk.go.id lagi dan klik menu “Status Layanan” dan masukkan nomor pendaftaran yang sudah didapatkan untuk mengecek progress-nya. Kamu akan mendapatkan informasi lagi melalui email, jadi akan lebih baik untuk mengeceknya secara berkala.

Cek Skor dan Riwayat Pinjaman Kini Jadi Lebih Mudah 

Cara mengecek skor kredit OJK melalui website iDebku kini jadi lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Hanya bermodalkan internet dan perangkat yang memadai lalu klik alamat web resminya. 

Agar mendapatkan informasi detail lebih lanjut, bisa menghubungi OJK di melalui nomor kontaknya di 157 atau via email konsumen@ojk.go.id dan WhatsApp 081-157-157-157. Setelah tahu skor kredit yang dimiliki, pastikan jangan sampai nilainya anjlok, ya. Karena akan menyulitkan kamu jika ingin mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Inilah 6 Alasan Pengajuan Kreditmu Ditolak