Pertanyaan Contoh Wawancara Kerja dan Jawabannya

Contoh wawancara kerja menjadi salah satu informasi online yang paling banyak dicari oleh para pelamar. Contoh tes wawancara kerja ini diharapkan bisa memberi gambaran yang jelas bagi para pelamar, sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi sesi wawancara itu sendiri. 

Wawancara merupakan salah satu bagian paling penting dan seringkali menjadi penentu dalam proses mencari kerja. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa para pelamar seringkali berupaya untuk mendapatkan contoh pertanyaan wawancara kerja sebelum menghadapinya. 

Ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Ketenagakerjaan Sekarang!  

Persiapkan Diri dengan Baik untuk Wawancara

loader

Jika akan menghadapi sesi wawancara dalam Bahasa Inggris, maka pastikan untuk mempelajari contoh wawancara kerja Bahasa Inggris saja. Contoh dialog wawancara kerja dalam Bahasa Inggris ini juga sudah mudah ditemukan secara online, termasuk contoh percakapan saat WA.

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya yang kerap muncul dalam sesi wawancara: 

1. Bisa Kamu Ceritakan Tentang Dirimu?

Ini merupakan pertanyaan paling umum yang kerap muncul dalam wawancara. Pelamar bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan diri, namun tetap fokus pada poin mengapa pelamar jadi kandidat yang paling tepat untuk direkrut. Hal ini bisa dimulai dari perkenalan singkat terkait latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja. 

Contohnya: “Perkenalkan, nama saya Yohana Marin. Saya lulusan S1 Teknik Informatika dari Institut WYZ. Saat kuliah, saya memenangkan beberapa lomba di bidang informatika, termasuk dua lomba di luar negeri. Saya juga pernah magang sebagai teknisi di perusahaan Z sejak Mei 2003 sampai Agustus 2003.  Berbekal pengalaman tersebut saya yakin bisa bekerja dengan baik di perusahaan ini.” 

2. Dari Mana Kamu Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Ini?

Ini merupakan salah satu contoh tes wawancara kerja yang sering ditanyakan. Biasanya recruiter mengajukan pertanyaan ini untuk melihat ketertarikan dan cara pelamar membangun koneksi. Pelamar bisa menjawab pertanyaan ini dengan jujur, termasuk jika mendapatkan informasi dari salah satu karyawan di perusahaan tersebut. 

Contohnya: “Sejak lama saya sudah tertarik untuk bekerja di perusahaan ini, Pak/ Bu. Saya mengetahui informasi lowongan tersebut dari situs resmi perusahaan dan saya langsung mengajukan lamaran sesuai dengan kemampuan saya.”  

3. Kenapa Kamu Tertarik pada Posisi Ini?

Pelamar bisa menjawab contoh dialog wawancara kerja yang satu ini dengan menyebutkan pengalaman magang/ kerja pada posisi serupa.  Namun jika baru saja lulus, maka pelamar bisa menyebutkan keahlian yang dimiliki dan sesuai untuk posisi yang dilamar tersebut.

Contohnya: “Saya mengajukan lamaran pada posisi ini, karena background pendidikan serta pengalaman kerja saya sesuai untuk posisi tersebut. Selain itu, saya juga sangat berminat untuk bekerja di perusahaan ini dan saya berharap bisa berkarir di sini.”

4. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Posisi Ini?

Pelamar bisa menjawab contoh pertanyaan wawancara kerja ini jika yang bersangkutan sudah mengetahui dengan baik tentang posisi yang dilamarnya. Penting untuk mencari informasi tersebut sebelum wawancara.

Contohnya: “Secara garis besar, posisi ini bertugas untuk memelihara sistem dan jaringan di dalam perusahaan. Tugas ini dijalankan secara rutin, mulai dari pemeriksaan berkala sampai dengan pemeliharaan rutin.” 

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Pribadi yang Sering Ditanyakan ketika Wawancara Kerja

5. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Contoh wawancara kerja Bahasa Inggris dan bahasa lainnya juga biasanya akan memuat pertanyaan yang satu ini. Pelamar harus melakukan riset dan mengetahui informasi umum perusahaan tersebut dengan baik, sehingga bisa menjawab contoh percakapan saat WA ini dengan baik.

Contohnya: “Perusahaan ini bergerak dalam bisnis ekspedisi, di mana visi misinya adalah menjadi perusahaan ekspedisi terbesar di tanah air.” 

6. Apa Kelebihan Kamu?

Contoh wawancara kerja Bahasa Inggris yang satu ini biasanya bertujuan untuk melihat kesesuaian antara skill pelamar dengan posisi yang dilamarnya. Penting untuk menjawab contoh tes wawancara kerja ini dengan jawaban yang relevan.

Contohnya: “Saya memiliki konsentrasi yang tinggi dan mampu berorientasi pada target. Kemampuan ini akan mendukung saya untuk menyelesaikan tugas dan target perusahaan dengan baik.” 

7. Apa Kekurangan Kamu?

Sebagaimana contoh percakapan saat WA, pertanyaan wawancara yang satu ini juga harus dijawab pelamar dengan jujur, namun tidak perlu terlalu spesifik dan membuat “nilai” pelamar menjadi turun di mata recruiter. 

Contohnya: “Kekurangan saya adalah sedikit pelupa, sehingga saya terbiasa membuat catatan untuk berbagai hal penting yang harus saya selesaikan. Saya juga selalu memasang alarm sebagai pengingat, agar tidak ada pekerjaan atau hal penting lainnya yang terlupakan.”

8. Kontribusi Apa yang Bisa Kamu Berikan untuk Perusahaan?

Contoh dialog wawancara kerja ini bisa dijawab pelamar dengan menjelaskan tentang pencapaiannya yang sekiranya berkaitan dengan posisi yang dilamar tersebut. Jika masih fresh graduate, maka ceritakan pengalaman magang atau berorganisasi yang berkaitan dengan posisi tersebut. 

Contohnya: “Saat kuliah, saya magang sebagai teknisi junior di sebuah perusahaan startup, di mana saya terlibat langsung untuk melakukan pemeliharaan jaringan di perusahaan tersebut.” 

9. Berapa Gaji yang Kamu Harapkan?

Contoh wawancara kerja Bahasa Inggris yang satu ini pasti muncul dalam wawancara kerja. Untuk menjawab contoh percakapan saat WA ini dengan baik, pelamar harus mencari informasi kisaran gaji terbaru di tempatnya melamar pekerjaan. Jangan ragu untuk menyebutkan nominal, tentunya yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan hidup. 

Contohnya: “Sesuai dengan hasil riset saya, kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp 5-6 juta. Berdasarkan kemampuan dan pengalaman kerja saya, ekspektasi saja sekitar Rp 6-7 juta. Semoga Bapak/ Ibu berkenan mempertimbangkannya.”

Baca Juga: Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui 

10. Apakah Kamu Bersedia untuk Bekerja Lembur?

Ini termasuk contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering menjebak. Pelamar harus menjawab contoh tes wawancara kerja ini dengan jujur, sesuai dengan kondisi atau ketersediaan waktunya untuk bekerja lembur. 

Contohnya: “Saya akan bekerja dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditetapkan kantor. Jika dibutuhkan, sesekali saya bisa bekerja lembur dengan kompensasi yang sesuai.” 

Hal-hal yang Perlu Ditanyakan kepada Pihak Perusahaan 

Selain mempelajari beberapa contoh wawancara kerja di atas, pelamar juga perlu memahami apa saja yang harus ditanyakan kepada pihak perusahaan. Biasanya recruiter akan menanyakan apakah pelamar memiliki pertanyaan terkait dengan wawancara tersebut. 

Berikut ini adalah contoh dialog wawancara kerja yang perlu ditanyakan setelah wawancara kerja selesai: 

Pertanyaan untuk HRD
Jika saya diterima pada posisi ini, bagaimana ekspektasi HRD kepada saya?
Apa target keseluruhan yang ingin dicapai perusahaan di tahun ini?
Apa tahap seleksi yang akan dilakukan setelah wawancara ini?

Jika saya lolos dalam tahap ini, kapan perusahaan akan menghubungi saya lagi?

Pertanyaan untuk Manajer/ User
Bagaimana alur pekerjaan pada posisi yang saya lamar ini?
Dengan siapa saja saya akan bekerja sama dalam posisi ini?
Apakah ada target yang harus dicapai dalam tim kerja yang akan saya masuki?

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja 

Jika sudah memahami beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang kerap muncul dalam wawancara, maka mulailah berlatih untuk menjawabnya. Hal ini juga berlaku pada contoh wawancara kerja Bahasa Inggris atau bahasa yang lainnya, sehingga sesi wawancara bisa berjalan dengan sukses. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik: 

  • Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan profesional, sehingga recruiter bisa melihat keseriusan dalam wawancara tersebut. 
  • Pahami setiap pertanyaan recruiter yang baik dan tetaplah bersikap tenang, sehingga wawancara bisa berjalan dengan lancar. 
  • Berikan jawaban yang jelas dan padat, agar recruiter bisa mengerti dengan baik apa yang disampaikan. 
  • Jelaskan skill dan value yang bisa diberikan kepada perusahaan terkait dengan posisi yang sedang dilamar. 
  • Sampaikan kelebihan dan juga kekurangan dengan bahasa yang tepat dan jelas. 

Pahami Contoh Wawancara Kerja dengan Baik 

Contoh dialog wawancara kerja merupakan informasi yang kerap dicari oleh para pelamar. Contoh tes wawancara kerja ini diharapkan bisa membantu pelamar mendapatkan gambaran yang jelas terkait pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul dalam sesi wawancara. Temukan dan pahami contoh percakapan saat WA wawancara dengan baik, agar sesi wawancara berjalan dengan sukses. 

Baca Juga: Cara Dapatkan Nilai Plus Saat Wawancara Kerja Online