Jadi Alternatif untuk Dapatkan Modal, Yuk Pahami Apa Itu Crowdfunding, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Di zaman sekarang, semua orang telah mengandalkan teknologi serta internet pada hampir seluruh aspek kehidupan. Hal tersebut juga berlaku pada penggunaan teknologi oleh pemilik UKM ataupun pihak yang ingin membuka bisnis baru. Salah satu contohnya pada proses pendanaan, para pemilik bisnis atau perusahaan startup bisa mengajukan yang namanya crowdfunding. 

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan crowdfunding? Secara sederhana, crowdfunding artinya aktivitas pendanaan di mana modalnya dikumpulkan dari banyak orang yang tertarik serta berminat terhadap gagasan sebuah bisnis atau aktivitas yang tengah dibangun. Jadi, langkah tersebut bisa menjadi solusi bagi para pemilik ide bisnis yang tak memiliki cukup modal untuk merealisasikannya. 

Pada prosesnya sendiri, crowdfunding memiliki beragam jenis, cara kerja, dan juga manfaat yang penting untuk diketahui. Nah, jika kamu tertarik untuk mendalami tentang pengertian crowdfunding, artinya, dan segala hal penting lain seputarnya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Crowdfunding?

loader

Melihat dari susunan katanya, istilah crowdfunding terdiri dari kata crowd atau keramaian dan bermakna secara tersirat sebagai banyak orang, serta kata funding yang berarti pengumpulan dana. Jadi, bisa dipahami jika crowdfunding adalah teknik untuk mengumpulkan dana oleh banyak pihak atau orang, dimana kemudian digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Sementara jika mengacu pada penjelasan dari KBBI, crowdfunding Indonesia bisa disebut sebagai urun dana, merupakan pendanaan sebuah proyek, usaha, atau semacamnya yang melibatkan banyak orang atau masyarakat. Hal tersebut biasanya dilakukan via jaringan internet.

Jika sering berkecimpung di dunia maya, khususnya media sosial, kamu mungkin tidak asing dengan upaya penggalangan dana melalui berbagai situs, salah satu contohnya kitabisa.com. Cara kerja dari situs tersebut pada dasarnya bisa disebut sebagai aktivitas crowdfunding Indonesia yang dilakukan dengan tujuan membantu yayasan, individu, atau pihak lain yang kekurangan uang untuk melakukan suatu proyek tertentu. 

Baca Juga:  Mengenal Istilah Leverage dalam Dunia Investasi dan Cara Kerjanya bagi Keuntungan Investor

Beragam Jenis Crowdfunding

Tergantung dari cara kerja dan tujuan dilakukannya, crowdfunding bisa dibedakan ke dalam 4 jenis. Berikut penjelasannya. 

Jenis Crowdfunding Keterangan
Equity Crowdfunding

Jenis yang pertama adalah equity crowdfunding alias crowd investing, dimana aktivitas urun dana tersebut dilakukan dengan cara menawarkan saham pada investor. Kerap disingkat sebagai ECF, jenis urun dana ini ideal dipilih oleh perusahaan start up atau bisnis skala menengah yang memerlukan modal besar. 

Sistem dari metode mengumpulkan dana ini dibuat agar pemilik bisnis bisa menawarkan saham bisnisnya dengan target nominal dan kurun waktu tertentu. Kemudian, investor bisa membeli saham tersebut di platform yang telah disediakan. Walaupun secara cara kerja terlihat sedikit rumit, tapi metode ini mampu menggalang dana dengan jumlah besar.
Donation Crowdfunding

Sesuai namanya, jenis urun dana ini memakai sistem donasi dalam mengumpulkan dana. Umumnya, cara ini digunakan untuk aktivitas bantuan sosial yang tak mengharapkan imbal hasil apapun dari memberikan dana tersebut. Walaupun bisa diajukan untuk kebutuhan bisnis, tapi umumnya produk yang ditawarkan bisnis tersebut harus mampu berdampak positif terhadap kepentingan banyak orang, seperti pelestarian lingkungan atau semacamnya.

Cara pengajuan urun dana jenis ini pun terbilang simpel, yaitu cukup menggunakan platform semisal kitabisa.com. Pihak yang memulai crowdfunding tentu harus mampu menjelaskan pada publik terkait upaya atau tujuan apa yang ingin diraih melalui aktivitas tersebut. Selain itu, nominal target dana juga perlu ditentukan, termasuk mengenai batas waktunya.
Reward Crowdfunding

Jenis yang ketiga ini memiliki kemiripan dengan urun dana jenis equity. Yang membedakan, pemberi dana pada ECF mendapatkan keuntungan berupa saham. Sementara untuk jenis ini, pemberi dana diuntungkan melalui penawaran, misalnya, potongan harga, produk uji coba atau pra rilis, keanggotaan eksklusif, dan sebagainya. 

Dalam kata lain, crowdfunding jenis ini memanfaatkan hadiah sebagai cara untuk menarik dana dari publik. Karenanya, jenis urun dana ini cenderung lebih pas dipilih oleh pemilik bisnis atau perusahaan kecil yang belum lama dirintis.
Debt Crowdfunding

Jenis urun dana yang terakhir adalah debt crowdfunding, yang mana cara kerjanya lebih mirip jasa peminjaman dana. Mekanismenya, pencari dana mendatangi pihak peminjam untuk meminjam dana guna memenuhi kebutuhan bisnisnya. Setelah mendapat keuntungan, peminjam akan mengembalikan dana tersebut dalam bentuk insentif, misalnya bunga. 

Cara kerja tersebut juga mirip jasa peer to peer lending. Namun, antara keduanya, ada perbedaan terkait pemberian dana. Yakni, pada urun dana, pemberian dana berbentuk donasi dan melibatkan 3 pihak, antara lain pemilik usaha, pemberi dana, serta penyedia platform, serta penggalangan dana bersifat sosial. Sedangkan untuk P2P lending dananya berupa pinjaman dengan beban bunga yang telah ditentukan.

Cara Kerja Crowdfunding

Terdapat sejumlah alur atau cara kerja dari aktivitas crowdfunding, antara lain:

1. Menyusun Proposal Bisnis

Langkah pertama dalam melakukan urun dana adalah menyusun proposal bisnis yang informatif, menarik, dan interaktif. Tujuannya agar orang yang melihatnya tertarik menanam modal di dalamnya. 

Informasi yang perlu tercantum pada proposal bisnis tersebut juga harus lengkap dan detail. Beberapa hal yang tak boleh terlewat dalam proposal tersebut, antara lain, jenis usaha, proses pemasaran, proses manajemen, dan tujuan bisnis. Penggunaan gambar dan video selayaknya company profile juga bisa menjadi cara untuk membuat proposal bisnis lebih menarik. 

2. Daftar di Platform Crowdfunding

Setelah proposal selesai dibuat, selanjutnya kamu hanya perlu mencari platform urun dana yang terpercaya dan kredibel. Selain itu, perhatikan pula regulasi yang berlaku terkait pendaftaran proposal bisnis tersebut.

3. Memantau Perkembangan Proposal

Kemudian, jangan lupa terus memantau perkembangan proposal bisnis yang telah didaftarkan. Sebab, apabila ada investor yang bertanya mengenai rancangan bisnis tersebut, kamu bisa langsung menjawab dan menjelaskannya dengan baik. Dengan begitu, pemilik modal menjadi lebih yakin untuk menanamkan modalnya pada bisnismu.

Baca Juga: Dianggap Terlalu Berisiko, Kenali Apa Itu Day Trading dan Pengaruhnya pada Bursa

Keunggulan dan Manfaat Crowdfunding

loader

Sebagai metode untuk mendapatkan pendanaan, tentu ada beragam keuntungan dari melakukan crowdfunding. Berikut adalah sederet manfaat dari aktivitas urun dana.

1. Menjadikan Bisnis Lebih Dikenal

Dengan cara pendanaan ini, bisnis bisa menjadi lebih dikenal karena ada banyak orang mengetahui tentang upayanya dalam mengumpulkan modal. Semakin banyak orang mengetahui bisnis tersebut, jumlah pendanaan yang didapatkan juga menjadi lebih besar. Selain itu, selain memanfaatkan platform pendanaan, gunakan pula situs, media sosial, hingga media alternatif lain guna menginformasikan upaya crowdfunding bisnismu agar lebih dikenal.

2. Menarik Minat Investor Potensial

Crowdfunding juga bisa membuka potensi mempertemukan pemilik usaha dengan investor potensial. Khususnya jika ide bisnis terbilang unik dan berpotensi tinggi, banyak pemilik dana pasti tertarik untuk berinvestasi di dalamnya. Melalui metode urun dana ini juga pemilik modal bisa mempelajari lebih lanjut seputar bisnis dan potensi keuntungannya sebelum memutuskan untuk menanam modal. 

3. Mudah Diajukan

Keuntungan lainnya adalah proses pengajuan crowdfunding ini terbilang mudah dan simpel. Dapat dilakukan secara daring, ada banyak platform yang membuka layanan urun dana ini. Yang terpenting, cek dulu kredibilitas platform agar terhindar dari risiko tertipu atau semacamnya. 

4. Fleksibel Tentukan Sistem Crowdfunding

Dengan beragam jenis crowdfunding yang tersedia, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan tujuan. Dengan tepat memilih jenis urun dana, dampak yang diberikan juga bisa lebih optimal untuk mencapai tujuan atau targetnya. 

5. Sarana Merealisasikan Ide Bisnis

Dengan adanya metode pendanaan ini, banyak orang memiliki kesempatan untuk merealisasikan ide bisnis yang dimilikinya. Sebab, pendanaannya bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa terkecuali. Yang terpenting, sempurnakan ide serta rancangan bisnis agar proses pendanaan berjalan sukses.

6. Menciptakan Basis Konsumen

Tak hanya mendapatkan dana, proses crowdfunding juga mampu menciptakan basis konsumen menjanjikan bagi bisnis. Sebab, upaya pendanaan tersebut disebarkan melalui sejumlah platform yang bisa dilihat oleh banyak orang, termasuk calon investor, penggalang dana, maupun konsumen potensial. 

Kekurangan dan Risiko Crowdfunding

Kendati memiliki beragam keunggulan di atas, tapi metode crowdfunding juga mempunyai sejumlah risiko yang penting untuk diperhatikan, antara lain:

  • Risiko dana tak tercapai sesuai target yang membuat bisnis tak bisa direalisasikan atau dijalankan dengan semestinya.
  • Pencurian ide bisnis juga cukup rentan terjadi akibat publikasi urun dana.
  • Risiko keamanan layanan crowdfunding yang rentan menyebabkan kejahatan siber, termasuk penipuan dan scam.

Lebih Mudah Realisasikan Ide Bisnis dengan Crowdfunding

Pada dasarnya, crowdfunding adalah upaya mendapatkan pendanaan secara kolektif guna merealisasikan atau mengembangkan sebuah bisnis. Metodenya bisa dengan donasi, reward, equity, maupun debt crowdfunding. Tentunya, disesuaikan rencana dan tujuan yang ingin dicapai dengan crowdfunding agar mampu memberi keuntungan dan manfaat sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Kartu Debit Crypto, Alat Pembayaran Masa Depan yang Tawarkan Banyak Keuntungan