Dear Orangtua, 3 Aktivitas Positif yang Dapat Mengasah Kemampuan Motorik Halus Anak

Mengawasi tumbuh kembang anak merupakan hal penting yang wajib Anda lakukan sejak dini. Anak akan mengalami banyak perubahan dan juga perkembangan selama masa pertumbuhan mereka, itulah mengapa penting untuk selalu memberikan perhatian lebih di masa-masa tersebut. 

Memberikan asupan gizi yang seimbang selama masa pertumbuhan merupakan hal yang tak bisa Anda abaikan. Selain itu, mendukung anak dengan berbagai aktivitas yang positif dan bisa merangsang pertumbuhan juga sangat dibutuhkan. Bagaimanapun juga, Anda tentu menginginkan pertumbuhan yang maksimal bagi si kecil, bukan? 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan anak, salah satunya dengan mengasah kemampuan motorik halus di masa pertumbuhan mereka. Kemampuan motorik halus merupakan keterampilan fisik yang dimiliki anak, di mana hal ini melibatkan bagian otot kecil yang berkoordinasi dengan penglihatan dan juga tangan. 

Kemampuan motorik pada anak akan sangat berguna untuk mendukung mereka melakukan berbagai hal secara mandiri, seperti: bertepuk tangan, membuka resleting, mengancingkan baju, menggunting dan berbagai aktivitas yang lainnya. 

Kombinasi yang terjadi dalam keterampilan motorik halus dan juga koordinasi mata akan sangat membantu anak dalam proses belajar. Keterampilan ini bisa diasah dalam berbagai aktivitas yang positif dan terbilang mudah untuk dilakukan. 

Sebagai orangtua, Anda bisa memilih jenis aktivitas yang paling tepat dan sesuai untuk anak, sehingga perkembangan motorik halusnya bisa berjalan dengan maksimal. 

Simak beberapa aktifitas positif berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk mendukung perkembangan motorik halus anak:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menggambar dan Mewarnai

menggambar  

Menggambar dan mewarnai menjadi salah satu aktivitas yang selalu disukai oleh anak-anak. Hampir semua anak akan begitu antusias dengan aktifitas yang satu ini, bahkan sejak mereka masih kecil sekalipun. 

Anda tidak akan kesulitan mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas ini dan mereka akan sangat menikmati waktunya dengan menyenangkan. Untuk melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai, hanya perlu menyediakan peralatan yang tepat dan aman untuk digunakan oleh anak.

Aktivitas menggambar dan mewarnai akan memerlukan koordinasi antara mata dengan gerakan tangan ketika menggunakan pensil atau alat mewarnai lainnya. Anak-anak akan mempelajari teknik untuk menggenggam pensil dan berbagai peralatan gambar mereka dengan menggunakan tangan. 

Selanjutnya, mata anak akan ikut berperan untuk membantu serta mengarahkan tangan ketika proses menggambar sedang berlangsung. Aktivitas positif ini akan sangat berguna untuk mengasah kemampuan motorik halus anak, bahkan sejak mereka masih berusia dini. Selain itu, menggambar dan mewarnai juga akan membantu meningkatkan kreatifitas dan juga daya imajinasi anak dengan baik.

Baca Juga: Mau Keluarga Harmonis? Ini 12 Tips untuk Dicoba

2. Berkebun dan Memasak

memasak

Saat usia anak sudah cukup besar, mengajaknya bermain di luar rumah tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain di area pekarangan rumah, apalagi jika ternyata Anda memiliki taman di halaman rumah. 

Anak-anak akan sangat antusias untuk menikmati waktu bermain di luar, terutama jika Anda bisa mengajak mereka melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Aktivitas di luar rumah seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan motorik halus anak.

Ajaklah si kecil berkebun dan melakukan berbagai aktivitas di halaman rumah. Anak bisa membantu Anda melakukan banyak hal yang berkaitan dengan aktivitas ini, seperti: memasukkan tanah ke pot, menggali tanah untuk bertanam, bahkan menyiram tanaman yang ada di sana. 

Aktifitas ini akan membantu anak melatih motorik halusnya, di mana tangan dan juga matanya akan berkoordinasi untuk melakukan berbagai aktivitas berkebun tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak memasak dan menikmati waktu bersama di dapur.

3. Bermain Plastisin, Menggunting dan Tempel Kertas

prakarya

Aktivitas yang terakhir ini juga akan sangat disukai oleh anak. Anda bisa mengajak anak untuk bermain plastisin, di mana anak bisa menikmati waktu dengan aktivitas yang menyenangkan. 

Anak akan menggunakan kedua tangannya untuk melakukan berbagai gerakan yang dapat melatih motorik halusnya, seperti: menekan, menarik, menggulung, dan bahkan membentuk sesuatu. Anak bisa membentuk berbagai bentuk karakter yang mereka inginkan, sehingga imajinasi mereka juga terlatih dengan baik. 

Selain aktivitas tersebut, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk bermain dengan gunting dan kertas. Gunakan peralatan yang aman, agar si kecil bisa beraktifitas dengan nyaman. Ajak anak untuk membuat pola tertentu pada kertas, mengguntingnya, lalu menempelkannya dengan menggunakan lem. Ajarkan anak bagaimana membuat berbagai mainan dari kertas, mulai dari pesawat, kamera, hingga berbagai bentuk lainnya.

Baca Juga: Tak Selalu Negatif, Video Game juga Berikan 7 Dampak Positif untuk Anak 

Asah Kemampuan Motorik Halus Anak Sejak Dini 

Mengasah kemampuan motorik halus anak menjadi hal penting yang harus Anda lakukan sejak dini. Pilih berbagai aktivitas yang tepat dan sesuai untuk anak, sehingga bisa melakukannya hal ini dengan lebih mudah. Nikmati waktu Anda dan asah kemampuan motorik anak dengan tepat, agar anak bisa mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas tersebut.

Baca Juga: Mau Keluarga Bahagia? Ini 10 Rahasianya