15 EDM Music yang Wajib Didengar, Beat-nya Bikin Semangat

Kehadiran musik dalam kehidupan manusia sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sepanjang sejarahnya, musik pun amat melekat sebagai budaya yang kian berembang. Hingga saat ini, musik tetap relevan seiring perkembangan sosial masyarakat sehingga selalu bisa dinikmati.

Banyak yang menganggap bahwa musik merupakan ekspresi diri dari lantunan melodi-melodi indah yang dirangkai dengan penuh makna dan emosi. Tak heran, jika musik sering kali mampu membuat pendengarnya terhanyut dengan iramanya.

Musik pun mengalami perubahan dan inovasi seiring berjalannya waktu. Musik-musik dengan instrumen tradisional tetap ada, akan tetapi ada juga yang menggabungkannya dengan sentuhan modern agar bisa diterima oleh anak muda.

Beberapa genre musik yang paling populer saat ini adalah pop, rock, dan jazz. Namun, berkat kreativitas para penciptanya turut menghadirkan sejumlah genre musik baru. Salah satunya adalah Electronic Dance Music (EDM).

Baca juga: Musik Ansambel, Bukti Kemajuan Musik Dunia yang Mampu Menciptakan Harmoni Indah

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Tentang Musik EDM

EDM pertama kali diperdengarkan pada 1980-an dan makin populer pada 1990-an, khususnya di Amerika Serikat dan Eropa. Kemunculan EDM dibarengi dengan raving, radio bajakan, dan meningkatnya minat dan budaya klub di kalangan anak muda.

Pelan-pelan, EDM pun makin populer dan makin dikenal secara global. Puncaknya pada 2010-an, ketika EDM diangkat oleh media-media besar sehingga makin banyak peminatnya.

EDM dianggap mampu menawarkan pengalaman musik yang unik dengan kombinasi irama elektronik, ritme yang cepat dan kuat, serta suasana yang energetik. Istilah EDM seringkali dikaitkan sebagai aliran musik dengan pencampuran beberapa subgenre, yaitu house, techno, trance, drum and bass, dubstep, dan lainnya.

Salah satu ciri yang membedakan EDM dengan genre musik lainnya adalah nuansa instrumen elektronik yang dominan. Selain itu, ritme EDM biasanya kuat dan teratur, bass yang mendalam, melodi berulang, dan elemen-elemen yang repetitif.

Para Disk Jockey (DJ) sering memainkan EDM di klub-klub malam. Memang, suasana klub yang meriah cocok disandingkan dengan EDM yang bisa memacu semangat para pendengarnya untuk menari.

EDM sangat populer di kalangan anak muda. Salah satu alasannya, karena EDM dianggap dapat membuat perasaan ter-pump up. Meski dengan lirik lagu yang sedih, berkat irama dan beat yang cepat, tidak akan membuat pendengarnya jadi sedih dan menangis.

Dalam perkembangannya, EDM turut melahirkan sejumlah DJ yang membuat EDM terus berkembang. Sebut saja Skrillex, Hardwell, Zedd, David Guetta, dan Tiesto yang disebut memberikan kontribusi dalam perkembangan EDM.

Nama-nama seperti Alan Walker dan Marshmello dianggap sebagai DJ yang membawa EDM menjadi lebih besar lagi saat ini. Tak heran jika EDM, yang tadinya hanya musik untuk satu kalangan, jadi bisa dinikmati semua orang.

Makin populer, EDM juga membuka kesempatan kolaborasi yang lebih luas dan lintas genre. Sejumlah penyanyi, seperti Bebe Rexha, Katy Perry, dan Big Sean berkolaborasi dengan DJ untuk memasukan unsur EDM ke dalam lagu-lagu mereka.

Baca juga: Inilah Tips yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Stres Ketika Melakukan Perjalanan Panjang

Rekomendasi EDM yang Wajib Didengar

  1. Marshmello ft Bastille - Happier

    loader

    Happier (Sumber: spotify.com)

    Lagu ini diracik dengan melodi yang energi dan ritme yang nyaman didengar. Unsur EDM dari Marshmello digabungkan dengan elemen pop dan vokal Bastille yang kuat.

    Dirilis pada 2018, “Happier” sangat populer dan memiliki sejumlah tangga musik di berbagai negara. Lagu ini juga menerima respons positif dari pendengar berkat kualitas musik yang diberikan.

  2. Shaun - Way Back Home

    loader

    Way Back Home (Sumber: spotify.com)

    Vokal Shaun yang mellow dipadukan dengan beat yang catchy membuat lagu ini enak didengar. Tak heran jika lagu ini begitu populer, mulai dari negara asalnya, Korea Selatan, hingga ke seluruh dunia.

    Dirilis 2018, lagu mencapai kesuksesan besar dengan masuk ke tangga lagu di sejumlah negara. Jadi, tidak berlebihan jika “Way Back Home” disebut sebagai salah satu pop elektronik terbaik.

  3. DJ Snake ft Selena Gomez, Ozuna, Cardi B - Taki Taki

    loader

    Taki-Taki 9Sumber: spotify.com)

    Daya tarik lagu Latin dipadukan dengan unsur elektronik hip-hop menjadi daya tarik utama lagi ini. Vokal Selena Gomez yang husky dipadukan dengan beat yang enak untuk berdansa.

    “Taki Taki” makin unik dengan sentuhan EDM dari DJ Snake, Ozuna, dan rap yang powerfull dari Cardi B. Meski dirilis pada 2018, lagu ini masih enak didengar hingga saat ini dan masih sering dimainkan di klub malam.

  4. EXO - Ko Ko Bop

    loader

    Ko Ko  Bop (Sumber: spotify.com)

    Pengaruh EDM juga menyentuh lagu-lagu K-Pop, seperti lagu dari EXO yang satu ini. Dimulai dengan melodi yang santai, tapi seolah mengajak berdansa pada bagian reff dengan beat khas R&B yang kuat.

    Tak heran jika “Ko Ko Bop” disebut sebagai salah satu lagu terbaik dari EXO. Bahkan, penggemar juga memberikan respons positif ketika lagu ini dirilis pada 2018.

  5. Kygo ft Rita Ora - Carry On

    loader

    Carry On (Sumber: spotify.com)

    Tak semua lagu EDM bertempo cepat. Buktinya, “Carry On” mampu memberikan nuansa dance yang enak, tapi dengan emosi vokal Rita Ora yang begitu terasa.

    Lagu ini dihadirkan dengan gaya pop elektronik. Dirilis pada 2019, Kygo dan Rita berhasil membius pendengar dengan lirik yang dalam dan musik yang enjoyable.

  6. Alan Walker, Sabrina Carpenter, Farruko - On My Way

    loader

    On My Way (Sumber: soundcloud.com)

    Kombinasi elektronik, pop, dan reggaeton membuat siapa saja yang mendengar lagu ini jadi ketagihan dan terus mengulang kembali. Melodi yang catchy dan upbeat membuat lagu ini sukses membangkitkan semangat dan memberikan energi.

    Dirilis 2019, kamu pasti sadar bahwa “On My Way” selalu diputar di radio-radio karena lagu ini memang “seenak itu”. Nama Alan Walker pun makin dikenal berkat lagu ini, bersamaan dengan “Sing Me To Sleep”.

  7. David Guetta ft Sia - Titanium

    loader

    Titanium (Sumber: spotify.com)

    Vokal Sia yang kuat dan unik berpadu dengan melodi dance dari synthesizer David Guetta dengan sangat baik. Keduanya menghadirkan lagu yang upbeat dengan sentuhan emosi yang sangat kuat.

    “Titanium” menjadi salah satu lagu terbaik sepanjang 2011. Tak salah jika lagu ini menerima banyak pujian dari penggemar musik di seluruh dunia.

  8. Weird Genius fr Sara Fajira - Lathi

    loader

    Lathi (Sumber: youtube.com)

    Dari Tanah Air, Weird Genius menggabungkan unsur elektronik yang modern dengan instrumen tradisional khas Indonesia. Musik yang energik dan bass yang kuat berpadu dengan vokal Sara Fajira yang merdu.

    Lagu yang diluncurkan pada 2020 ini mendapatkan popularitas yang besar, tak hanya di Indonesia tetapi juga hingga ke luar negeri. Weird Genius juga banjir pujian berkat arensemennya yang unik dan inovatif dalam meracik “Lathi”.

  9. Calvin Harris ft Rihanna - This Is What You Came For

    loader

    This is What You  Came For (Sumber: spotify.com)

    “This is What You Came For” merupakan lagu dance pop elektronik yang sangat populer pada masanya. Calvin Harris memadukan elemen-elemen elektronik dan menciptakan ruang untuk vokal Rihanna yang kuat.

    Dirilis pada 2016 lalu, lagu ini diakui sebagai salah satu EDM/electronic terbaik hingga saat ini. Salah satu bagian terbaik dari lagu ini adalah karena breakdown musik di tengah lagu yang memberikan semangat.

  10. The Chainsmoker ft Daya - Don’t Let Me Down

    loader

    Don't Let Me Down (Sumber: soundcloud.com)

    Instrumen elektronik khas The Chainsmoker yang khas melebur dengan vokal Daya yang kuat untuk “Don’t Let Me Down”. Dengan ritme dan beat yang menarik, lagu ini mampu menggugah semangat dan mengajak pendengarnya ikut berdansa.

    Secara keseluruhan, lagu yang dirilis pada 2016 ini dikategorikan sebagai dance pop dengan sentuhan modern electronic yang balance. Lirik yang emosional dan melodi yang mudah diingat membuat “Don’t Let Me Down” disukai para pendengar.

  11. DJ Snake ft Justin Bieber - Let Me Love You

    loader

    Let Me Love You (Sumber: spotify.com)

    DJ Snake berhasil menciptakan aransemen musik yang dinamis dan memikat di lagu ini. Penggunaan elemen-elemen dari synthesizer dengan vokal Justin Bieber yang khas membuat lagu ini easy listening.

    Lagu ini juga memiliki transisi yang halus pada setiap intro, verse chorus, dan bridge. Dengan melodi yang catchy dan beat yang kuat membuat lagu yang dirilis pada 2016 ini mampu memberikan warna baru dalam genre EDM.

  12. Skrillex - Bangarang

    loader

    Bangarang (Sumber: soundcloud.com)

    Tak lengkap rasanya jika nama Skrillex tidak masuk ke dalam list ini dengan “Bangarang”. Drop bass dubstep yang kuat, drum pattern yang cepat, dengan aksen glitch dan distorsi yang unik membuat lagu ini seakan memiliki feel yang berbeda.

    Dirilis hampir satu dekade lalu, penggemar EDM pasti selalu ingat lagu ini. Meski ada pro dan kontra, tak dapat dipungkiri bahwa “Bangarang” menjadi salah satu titik awal kemunculan EDM.

  13. LMFAO - Party Rock Anthem

    loader

    Party Rock Anthem (Sumber: soundcloud.com)

    “Everyday I’m shufflin” merupakan hook dari lagu yang membuat semua orang otomatis berdansa bersama. Dengan beat dan ritme yang menular, “Party Rock Anthem” menghadirkan lagu yang addictive.

    Meski dengan struktur lagu yang standar, lagu ini menarik perhatian banyak orang. Tak cuma enak didengar, gerakan shuffling di lagu ini juga membuat “Party Rock Anthem” viral pada masanya.

  14. Monsta X ft Steve Aoki - Play It Cool

    loader

    Play It Cool (Sumber: spotify.com)

    Vokal personil Monsta X disatukan dengan sangat baik dengan drum machine dan elektronik oleh Steve Aoki. Hasilnya, “Play It Cool” menampilkan irma drop dan build yang dinamis.

    Dirilis pada 2019, lagu ini sukses dan diterima oleh penggemar K-Pop dan EDM. Pengaruh Steve Aoki dan Monsta X berhasil memberikan lagu yang bernuansa energetik dan inovatif.

  15. BTS ft Zara Larsson - A Brand New Day

    loader

    A Brand New Day (Sumber: soundcloud.com)

    Mengusuh pop dan elemen khas K-Pop, lagu ini memberikan kombinasi yang unik dan menarik. Memadukan elemen pop, instrumen tradisional Korea, serta beat dan ritme menghasilkan melodi yang catchy dan harmoni yang segar.

    Secara keseluruhan,” A Brand New Day” menyuguhkan lagu yang inspiratif bagi para pendengarnya. Dipadukan dengan vokal personil BTS dan Zara, lagu ini menghasilkan harmonisasi yang apik dan sukses menggabungkan dua fandom.

Baca juga: Rasakan Lagi Keseruan Nonton Konser Tanpa Khawatir Keuangan Boncos dengan Tips Nabung Ini

Bikin Harimu Makin Semangat dengan EDM Music

Itulah 15 rekomendasi lagu EDM yang wajib kamu dengar sekarang juga. Selipkan lagu-lagu ini di antara track list favorit agar hari-harimu jadi lebih semangat.

Sama seperti genre lain, EDM adalah cara penciptanya mengekspresikan diri melalui beat dan ritme yang unik. EDM juga memberikan keunikan tersendiri bagi perkembangan industri musik dan kian menarik pencintanya dari seluruh dunia. Maka, agar kamu juga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya, yuk langsung saja dengerin!

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Konser Musik, Bukan Sekadar Cari Hiburan