Gerakan Yoga untuk Atasi Perut Buncit dan Turunkan Berat Badan

Selain untuk kesehatan, tidak sedikit juga orang yang berolahraga demi mendapatkan tubuh ideal. Sebab, ketika berolahraga, tubuh akan kehilangan lemak dari proses pembakaran kalori.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, misalnya lari, bersepeda, dan berenang. Namun, jika kamu ingin olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah, yoga adalah pilihan yang tepat. Dengan gerakan-gerakan yang tepat, yoga dapat membakar lemak di bagian tubuh yang bergelambir, seperti perut, paha, dan pinggul.

Secara umum, yoga merupakan perpaduan gerakan, pernapasan, dan meditasi yang menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Dalam yoga, kamu akan menggabungkan beberapa gerakan, peregangan, teknik pernapasan, dan relaksasi.

Soal relaksasi, yoga memang olahraga yang mencakup dimensi spiritual seseorang. Sebab, setiap gerakan yoga memiliki nilai filosofis yang kuat dan seringkali dikaitkan dalam suatu kepercayaan.

Sementara, jika dilihat sebagai bentuk olahraga, yoga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, memperbaiki postur, serta meringankan nyeri otot dan sendi. Beberapa gerakan yoga juga dibuat untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. 

Jadi, yoga dapat dikatakan sebagai olahraga yang menyeluruh dan bermanfaat bagi fisik dan mental. Olahraga ini juga dapat dilakukan semua umur selama mengikuti panduan dari instruktur dengan benar. Tidak hanya itu, Yoga juga dapat mengatasi perut buncit dan juga menurunkan berat badan bila diikuti rutinitas dan diet yang tepat.

Baca Juga: Sehatkan Jantung dengan Jenis Olahraga Ini

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Gerakan Yoga yang Dapat Kamu Coba

loader

Yoga

Jika kamu baru mau memulai yoga, ada beberapa tahapan dan gerakan yang dapat dicoba. Gerakan-gerakan ini terbilang sederhana dan cocok dilakukan siapa saja. Berikut ulasannya.

  1. Mountain pose

    Gerakan ini bisa dibilang sangat dasar dalam yoga. Caranya, kamu hanya perlu berdiri dengan kaki sejajar dengan pinggul, tahan napas selama lima hingga delapan detik, dan hembuskan perlahan.

    Sembari terus mengulang tahapan di atas, sebisa mungkin pertahankan pose ini selama 5 hingga 10 menit. Gerakan ini dapat membantu relaksasi dan mengatur pernapasan. Sangat cocok untuk dilakukan di awal sesi.

  2. Chair pose

    Setelah mountain pose dapat dilakukan dengan stabil, kamu dapat melanjutkannya dengan gerakan ini. Caranya, angkat tangan ke atas, rentangkan jari-jari, dan satukan masing-masing ujung kiri dan kanan tangan.

    Keluarkan napas perlahan sambil ubah posisi seperti duduk di atas kursi. Gerakan ini membantu memperkuat otot kaki, daerah punggung atas, dan bahu.

  3. Down dog on a chair

    Untuk melakukan gerakan ini, kamu butuh kursi berukuran sedang sebagai media. Letakkan tangan di atas sandaran kursi sambil membungkukan badan.

    Sesuaikan jarak kaki agar tubuh bisa sejajar dengan sandaran kursi, membentuk sudut 90 derajat. Dengan melakukan gerakan ini, otot paha dan bahu akan lebih rileks ketika akan melakukan pose-pose selanjutnya.

  4. Downward-Facing Dog

    Salah satu pose klasik dalam yoga yang menjadi sering menjadi gerakan utama. Untuk melakukan pose ini, mulailah mengatur tubuh ke pose seperti merangkak dan telapak tangan terbuka hingga menyentuh lantai.

    Sambil mengatur napas, dorong tangan agar pinggul ke atas. Usahakan agar kaki tetap lurus, begitu juga dengan punggung. Gerakan ini akan membantu tubuh menjadi rileks, meregangkan paha bawah, dan melenturkan tubuh.

  5. Warrior II

    Mulai pose ini dengan melebarkan kaki dan geser tumit kanan ke arah luar dan jari-jarinya menghadap sedikit ke dalam. Putar kaki 90 derajat, rentangkan tangan sejajar dengan bahu.

    Lakukan pose ini selama 30 detik sebelum berganti sisi. Gerakan ini terlihat simpel, tapi dapat memperkuat kaki dan meningkatkan stamina.

  6. Triangle pose

    Berdiri dengan posisi kaki lebih lebar sedikit dari bahu dan arahkan kaki kanan ke arah samping. Letakan tangan kanan sejajar dengan kaki, sementara tangan yang lainnya ke atas lurus.

  7. Lakukan gerakan ini selama 20 detik, lalu tukar sisi dengan langkah-langkah yang seperti awal. Pose ini membantu melemaskan otot kaki dan melatih keseimbangan. 

  8. Bridge pose

    Mulailah dengan posisi tidur dan letakkan tangan di sisi tubuh. Coba angkat panggul ke atas dengan lutut naik dan tumit tetap menempel di lantai.

    Lakukan pose ini selama satu menit atau sesuai dengan kemampuan. Gerakan ini membantu menenangkan pikiran dan memperlancar proses pencernaan.

  9. Upward-facing dog

    Awali gerakan ini dengan berbaring di lantai, lalu tekuk siku dan sejajarkan tangan dengan tulang rusuk bagian bawah. Jangan lupa posisikan kaki lurus dan punggung kaki menempel ke lantai.

  10. Tekan telapak tangan ke atas untuk mengangkat bagian atas tubuh, dari pinggang hingga kepala. Keluarkan napas dan buatlah posisikan tubuh seperti melakukan push-up. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik untuk mengencangkan otot perut.

  11. Itulah 8 gerakan yoga yang cocok untuk pemula. Gerakan-gerakan ini cukup mudah dilakukan. Kamu bisa mencari tutorial pose ini di YouTube.

    Baca Juga: Normal Hingga Berbahaya, Kenali Penyebab Nyeri Perut Saat Haid!

Gerakan Yoga untuk Mengencangkan Perut

loader

Yoga untuk Mengencangkan Perut

Gerakan yoga memang mengutamakan kelenturan dan kekuatan otot. Beberapa gerakan bahkan difokuskan pada otot perut.

Dengan melakukan gerakan-gerakan yang khusus, otot perut akan tertarik karena gerakan yang terkontrol. Berikut gerakan yang bisa mengencangkan perut yang bisa kamu coba.

  1. Plank

    Gerakan ini cukup ampuh untuk mengecilkan perut. Meski terlihat sepele, gerakan ini cukup menantang untuk dilakukan. Terlebih jika harus melakukannya selama semenit tanpa jeda.

    Awal gerakan dengan memposisikan tubuh seperti merangkak. Secara perlahan, ubah posisi seperti push up, lalu gunakan kedua tangan untuk menopang tubuh. Kamu akan merasakan otot perut seperti tertarik.

  2. Hand to foot pose

    Gerakan ini tidak rumit, tapi belum tentu semua orang bisa melakukannya. Caraya hanya perlu berdiri tegak dan rapatkan kaku, lalu regangkan tangan setinggi mungkin sambil tarik nafas panjang.

    Ketika sudah siap, turunkan tangan ke bawah hingga menyentuh ujung kaki dengan mempertahankan posisi kaki agar tetap lurus. Pertahankan posisi selama 10 detik.

  3. Bow pose

    Masih fokus pada otot perut, gerakan ini menyerupai bentuk perahu. Untuk melakukannya, kamu harus berbaring, tekuk kaki, dan pegang dengan kedua tangan untuk masing-masing kaki.

    Palingkan wajah ke arah depan hingga kepala terdongak. Tahan selama 10 detik, lalu ulangi dari awal.

  4. Boat pose

    Kebalikan dari bow pose, lakukan gerakan ini dengan terlentang. Rentangkan kedua tangan ke depan, lalu angkat kedua bahu dan kepala.

    Arahkan tangan ke samping paha, lalu angkat kaki sekitar 45 derajat. Tahan posisi ini selama 15 detik. Istirahat sebentar, lalu lakukan lagi 3 set sebanyak 3 kali.

  5. Upward-facing

    Gerakan ini sangat cocok sebagai pose penutup. Ambil posisi berbaring dan letakkan tangan di samping paha.

    Ambil napas teratur sambil naikkan kaki ke atas hingga 90 derajat. Taha pose ini selama 10 detik dan ulangi sebanyak 5 atau 10 kali dalam waktu satu menit.

    Itulah beberapa gerakan yoga yang ampuh mengecilkan perut. Selain otot perut, gerakan-gerakan ini juga membentuk otot lain, seperti paha, kaki, lengan, dan punggung.

    Pose di atas juga mudah dilakukan sendiri di rumah. Lakukan secara rutin untuk membakar lemak dan perut rata pun tak cuma impian belaka.

Gerakan Yoga untuk Mengencangkan Otot Kewanitaan

loader

Gerakan Yoga untuk Mengencangkan Otot Kewanitaan

Yoga merupakan olahraga yang banyak digemari perempuan. Dengan mengandalkan fleksibilitas, pose yoga juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Contoh gerakanya pun mudah ditemukan di internet sehingga bisa diikuti oleh siapa saja.

Selain untuk mengecilkan perut, yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot kewanitaan. Gerakan-gerakan ini fokus untuk memperkuat otot sekitar paha dan pinggul. Berikut ulasannya.

  1. Wide legged forward bend

    Awali gerakan ini dengan membuka kedua kaki lebar dan sejajar. Tarik napas panjang, lalu tekuk badan ke bawah hingga kepala menyentuh lantai.

    Letakkan tangan di sisi kiri dan kanan atau di dekat masing-masing ujung kaki. Lakukan selama 30 detik dan ulangi 3 kali sambil mempertahankan posisi punggung dan kaki tetap lurus.

  2. Butterfly pose

    Duduk di atas lantai, lipat kedua kaki seperti bersila. Pertemukan kedua telapak kaki menjadi satu dan tahan dengan kedua tangan.

    Gerakkan paha atau lutut ke atas dan bawah sambil mengatur napas. Lakukan selama 30 detik sebanyak 3 set.

  3. Bound angle pose

    Sama seperti butterfly pose, awali gerakan ini dengan duduk dan kaki bersila. Bedanya, ketika ambil napas, condongkan badan ke depan sehingga dahi menyentuh lantai.

  4. Wheel pose

    Mulai dengan posisi tidur di lantai. Lalu, letakkan kedua tangan di samping telinga dan tekuk kedua kaki.

    Ambil napas, angkat panggul ke atas secara perlahan, susul dengan bagian punggung. Tahan dengan kedua tangan hingga badan membentuk huruf O selama 30 detik.

  5. Bow pose

    Selain mengecilkan perut, bow pose juga bermanfaat untuk mengencangkan otot kewanitaan. Gerakan ini juga memperkuat bagian tumit, paha, dada, leher, dan bahu.

Tubuh Sehat dan Ideal Berkat Yoga

Itulah 5 gerakan yoga yang dapat bermanfaat untuk mengencangkan otot kewanitaan. Gerakan tersebut juga tergolong mudah bila dilakukan sesuai instruksi.

Meski bukan olahraga yang menguras tenaga, yoga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Bila dilakukan dengan tepat dan rutin , yoga dapat memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan mental, dan membuat awet muda.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita yang Aktif Bekerja