Google Indonesia Rilis Kormo, Aplikasi Lowongan Kerja Khusus Fresh Graduate

Sebelumnya, Google memang sudah memiliki laman pencarian lowongan kerja, Jobs on Google Search. Namun, demi menambah kemudahan bagi pelamar kerja pemula atau part-time khususnya fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan, Google Indonesia merilis sebuah aplikasi lowongan kerja yang diberi nama Kormo pada Senin, 18 November 2019, kemarin oleh Bickey Russell, Project Lead Kormo.

Dikutip dari indonesia.googleblog.com, adapun alasan kuat mengenai hadirnya aplikasi pencarian kerja tersebut yaitu sesuai dengan misi Google yang ingin memberikan peluang ekonomi dan mobilitas ke lebih banyak orang di Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari laman Kompas.com, saat ini sudah banyak perusahaan besar di Indonesia yang telah resmi bekerja sama dengan Kormo seperti Bukalapak. Go-Life, Tiket.com, Indocareer, Potato Head, Asuransi Sastra, Union Group, Archipelago International dan masih banyak lainnya. Meski begitu, Kormo masih dalam proses untuk memperluas mitra perekrutan di seluruh kota di Indonesia.

Bagi yang baru mendengar Kormo dan ingin mencoba peruntungannya mendapat pekerjaan pertama melalui Kormo, kenali dulu fitur-fiturnya berikut ini yang berhasil Cermati.com rangkum dari Google Blog Indonesia dan berbagai sumber media lainnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Perjalanan Kormo

kormo
Peluncuran Kormo di Jakarta via dailysocial.id

Kormo adalah salah satu proyek yang diinkubasi dalam Area 120, workshop Google untuk proyek-proyek eksperimental. Kormo pertama kali diluncurkan di Dhaka, Ibu Kota Bangladesh yang merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Aplikasi Kormo telah menyalurkan lebih dari 25 ribu pekerjaan, termasuk untuk posisi penjualan ritel (sales), kurir dan pusat kontak layanan pelanggan.

Sukses membantu para anak muda mendapatkan pekerjaan pertamanya di Bangladesh, kemudian Google merambah ke Indonesia dan pertama kali di Jakarta. Rusell menyatakan bahwa dirinya bersama tim Google banyak belajar tentang kebutuhan para pencari kerja muda dan pemberi kerja di pasar yang bursa tenaga kerjanya dipengaruhi oleh pesatnya urbanisasi dan pertumbuhan penduduk.

Fitur-Fitur Kormo

fitur kormo
Berbagai Fitur Kormo

Sama seperti aplikasi lowongan kerja pada umumnya, Kormo juga memiliki berbagai fitur yang mendukung para calon pekerja untuk mendapatkan peluang pekerjaan lebih besar. Namun, fitur Kormo ini bisa dibilang berbeda daripada yang lain. Berikut fitur dan ulasan lengkapnya:

1. Bisa Membuat CV Digital

Curriculum Vitae atau CV ini menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Dengan CV tersebut, perusahaan bisa mengetahui gambaran sekilas mengenai diri pelamar baik dari segi keahlian yang dimiliki, pendidikan, dan pengalaman.

Jika biasanya membuat CV seseorang harus ketik terlebih dahulu di Microsoft Word, kini dengan Kormo bisa menjadi lebih mudah dan tentunya gratis. Pelamar hanya diminta untuk mengisi data pribadi, visi, misi minat dan data lainnya dengan benar. CV dalam bentuk digital ini jugalah yang akan menjadi profil akun Kormo pelamar.

Selain pengaturan privasi CV bisa diatur oleh pelamar, CV digital tersebut juga bisa dibagikan secara online ke perusahaan atau orang tertentu dan mengunduhnya kemudian dicetak yang nantinya bisa digunakan sebagai dokumen lamar kerja ke perusahaan.

2. Proses Seleksi Kerja Transparan

Tidak ada kabar mengenai kelanjutan lamaran kerja dari perusahaan memang sering kali membuat pelamar kerja menjadi jengkel. Sebab dengan tidak adanya kepastian bisa membuat pelamar kerja menjadi bingung, apakah harus mencari pekerjaan lain atau menunggu kabar. Hal ini tentunya membuat banyak waktu yang terbuang.

Jangan khawatir, hal tersebut bisa dihidari bila melamar pekerjaan dengan menggunakan aplikasi Kormo. Ya, Kormo memberikan informasi mengenai proses lamaran kerja secara transparan. Artinya, pelamar bisa melihat tahapan seleksi setiap saat, mulai dari lamaran sudah dibaca, mendapat panggilan wawancara, hingga pengumuman akhir diterima kerja atau tidak.

Tak hanya dari pengguna saja, perusahaan juga akan mendapatkan notifikasi saat lamaran pekerjaan yang diunggah ditanggapai oleh semua pencari kerja.

Baca Juga: Pencari Kerja Perlu Kenali 5 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja via Online

3. Rekomendasi Pekerjaan Secara Personal

Hampir semua orang pasti setuju mencari pekerjaan satu per satu yang sesuai dengan keinginan sangat sulit. Tapi dengan Kormo, pengguna akan dimanjakan dengan fitur rekomendasi pekerjaan yang dikirimkan secara personal dengan menggunakan sistem machine learning.

Rekomendasi pekerjaan ini tak sembarang pilih, sebab akan sesuai dengan minat, skill dan resume pengguna. Untuk itu, isilah data-data tersebut dengan baik dan benar apa adanya.

4. Belajar Tingkatkan Pengetahuan

Tak hanya sekedar sebagai wadah lowongan kerja saja, tapi Kormo juga ingin mendorong para pengguna yang sedang mencari pekerjaan dengan memberikan pelajaran-pelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan semangat bekerja.

Berbagai pelajaran yang Kormo berikan tersebut disajikan dalam dua cara yang berbeda, yaitu melalui artikel dan ada juga yang berbentuk video singkat. Kormo akan memberikan pembelajaran tersebut berdasarkan minat masing-masing penggunanya. Dalam membuat konten pembelajaran video ini, Kormo bekerja sama dengan Youtube Hujan Tanda Tanya.

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir

5. Badge

Pengguna Kormo akan mendapatkan badge yang bisa dibilang sebagai penilaian apabila pengguna sudah menyelesaikan pembelajaran atau ada keterampilan baru yang diberikan Kormo pada menu ‘Pelajari’.

Dengan adanya badge yang nantinya akan muncul di profil ini juga bisa membantu pelamar kerja untuk meningkatkan peluang pekerjaan yang lebih luas dan sesuai dengan profil pelamar.

Manfaatkan Fitur Kormo dengan Maksimal

Memang benar mencari kerja itu susah-susah gampang, apalagi bagi mereka yang masih fresh graduate sebab pengalaman kerja, kontak profesional dan sumber daya yang masih terbatas. Tapi jika pelamar kerja menggunakan dan memanfaatkan fitur Kormo dengan maksimal dalam mencari pekerjaan, pastinya pekerjaan akan mudah didapat. Download aplikasinya di Google Play Store lalu isi data-data yang menunjang profil atau CV dengan benar dan lengkap. Pastikan pilih pekerjaan yang sesuai dengan minat yang dimiliki. Jika gagal, jangan mudah menyerah dan teruslah mencari pekerjaan.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate