Daftar Harga Vaksin Influenza Anak dan Dewasa

Terserang flu tentu sangat mengganggu aktivitas harian. Kepala terasa berat, hidung tersumbat, tubuh terasa lemas, dan tak bergairah dalam beraktivitas umumnya dirasakan penderita flu. Jangankan beraktivitas, bernapas dengan lega saja rasanya sulit dirasakan. 

Sebagai orang tua, momen ketika anak terserang flu pun akan sangat mengkhawatirkan. Flu yang dirasakan pada anak umumnya membuat mereka menjadi lebih rewel daripada biasanya. Hal ini dikarenakan tubuh mereka juga terasa tak nyaman.

Tak hanya itu, penyakit flu yang tidak ditangani dengan tepat juga dapat berbahaya, lho. Salah satunya adalah timbulnya peradangan pada saluran pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, paru-paru, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari penyakit flu. Vaksin influenza menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi flu. 

Lau, apa itu vaksin influenza? Apa saja manfaat dan berapakah harga vaksin influenza itu? Simak jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Harga Vaksin Sinovac di Indonesia

Apa itu Vaksin Influenza?

loader

Vaksin Influenza

Vaksin influenza adalah vaksin yang bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit flu. Tidak serta-merta menjadi kebal, tapi dengan menerima vaksin ini, risiko serta tingkat keparahan penyakit flu dapat ditekan. 

Sama seperti vaksin lainnya, vaksin influenza berisi virus influenza yang telah mati atau dilemahkan. Cara kerjanya pun sama seperti vaksin lainnya, yaitu virus yang dilemahkan dimasukkan ke dalam tubuh agar sistem imun dapat mengenali virus tersebut lebih dulu sebelum tubuh terinfeksi virus aktifnya. 

Setelah virus influenza dikenali, antibodi pun akan terbentuk sehingga tubuhmu sudah jauh lebih siaga saat virus asli yang aktif nantinya masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, kamu pun dapat terhindar dari gejala berat flu yang dapat membahayakan tubuh. 

Vaksin influenza sendiri sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali. Hal ini dikarenakan virus influenza merupakan virus yang banyak sekali jenisnya dan kerap bermutasi. Oleh karena itu, vaksin influenza sebaiknya dilakukan tiap setahun sekali untuk beradaptasi dengan virusnya yang kerap bersifat harian, musiman, dan bermutasi menjadi varian baru.

2 Jenis Vaksin Influenza

Sebelum memutuskan untuk mendapatkan dan mencari tahu harga vaksin influenza, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis vaksin Influenza itu sendiri. Di Indonesia, terdapat 2 tipe atau jenis vaksin influenza yang bisa didapatkan, yaitu sebagai berikut.

Jenis

Kandungan

Vaksin Trivalent

Terdiri dari 3 jenis virus influenza: 

  • 2 virus influenza tipe A.
  • 1 virus influenza tipe B. 

Tenang saja, ketiga virus tersebut sudah tidak aktif. Sehingga, tidak akan membuatmu terinfeksi virus tersebut. 

Vaksin Quadrivalent

Terdiri dari 4 jenis virus influenza:

  • 2 virus influenza tipe A.
  • 2 virus influenza tipe B.

Jika dibandingkan dengan jenis Trivalent, vaksin Quadrivalent dapat dikatakan lebih baik dalam memberikan perlindungan.

Manfaat Vaksin Influenza

Memangnya apa, sih, manfaat vaksin influenza itu? Bukankah flu itu termasuk penyakit ringan dan mudah diobati? Eits, jangan salah, ya. Walaupun flu termasuk penyakit ringan, jika tidak dicegah dan diatasi dengan cepat dan tepat, flu dapat berbahaya, lho

Terlebih jika virus flu sudah menyerang saluran pernapasan, seperti paru-paru dan jantung. Jika dibiarkan bisa membahayakan nyawa. Oleh karena itu, kamu perlu mencegah virus ini sedini mungkin dengan vaksin influenza. Berikut adalah berbagai manfaat vaksin influenza. 

  1. Membantu Mengurangi Gejala Flu

    Salah satu manfaat vaksin influenza adalah dapat membantu mengurangi gejala flu. Manfaat ini dapat dirasakan karena virus yang dilemahkan dalam vaksin dapat membantu tubuh beradaptasi lebih dulu dan membentuk antibodi sebagai perlindungan. 

    Dengan begitu, jika suatu saat terinfeksi virus flu aktif, sistem imun dalam tubuh sudah siap untuk mengatasinya. Gejala flu yang dirasakan pun cenderung akan lebih ringan dan cepat terobati.

  2. Mengurangi Angka Kematian Akibat Flu

    Tahukah kamu, walaupun flu tergolong penyakit ringan, jika tidak ditangani dengan tepat dapat membahayakan nyawa. Pada 2018 lalu, data WHO menunjukkan bahwa setidaknya 3 sampai 5 juta penduduk dunia terinfeksi influenza berat setiap tahunnya dan 290 ribu hingga 650 ribu jiwa melayang akibat flu per tahunnya. 

    Untuk mengurangi angka kematian ini, vaksin influenza dapat menjadi solusinya. Dengan mendapatkan vaksin influenza, sistem imun masyarakat akan semakin kebal dalam menghadapi virus flu. Akhirnya, gejala dan risiko terinfeksi dapat semakin teratasi dan angka kematian akibat flu pun dapat menurun. 

  3. Mencegah Tertular Virus Influenza

    Tak hanya mengurangi gejala yang dirasakan, vaksin influenza juga dapat mengurangi risiko tertular virus influenza. Hal ini dikarenakan vaksin membuat tubuh lebih cepat beradaptasi dengan virus.

  4. Membantu Mengurangi Gejala Covid-19

    Terakhir, vaksin influenza juga dapat membantu menurunkan risiko gejala berat pada penderita Covid-19.

Baca Juga: Harga Vaksin HPV Beserta Info Kandungan, Efek Samping, dan Manfaat Vaksin HPV

Harga Vaksin Influenza 2022

  • Harga Vaksin Influenza Bayi

    Harga vaksin influenza untuk bayi di Rumah Sakit: Rp165.000 – Rp290.000

  • Harga Vaksin Influenza Anak

    Lokasi Vaksin

    Harga

    Puskesmas

    Rp150.000

    Rumah Sakit

    Rp350.000

    Klinik (Trivalent)

    Rp165.000 – Rp210.000

    Klinik (Quadrivalent)

    Rp240.000 – Rp290.000

  • Harga Vaksin Influenza Dewasa

    Lokasi Vaksin

    Harga

    Puskesmas

    Rp150.000

    Rumah Sakit

    Rp385.000

    Klinik (Trivalent)

    Rp180.000 – Rp220.000

    Klinik (Quadrivalent)

    Rp280.000 – Rp350.000

Perlu diketahui bahwa harga vaksin influenza ini hanya kisaran saja. Harga vaksin influenza sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada lokasi vaksin, biaya dokter, administrasi, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan vaksin influenza di unit pelayanan kesehatan, seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit. 

Efek Samping Vaksin Influenza

Efek samping vaksin influenza sendiri bisa terjadi karena tubuh sedang beradaptasi. Kira-kira efek samping apa saja yang dirasakan pasca vaksinasi influenza? Berikut adalah efek samping ringan yang mungkin akan dirasakan. 

  • Nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Demam.
  • Mual.
  • Bengkak di area lengan atau bekas jarum suntik.

Selain efek samping ringan, kamu juga mungkin merasakan efek samping berat, namun hal ini termasuk jarang terjadi. Efek samping berat yang mungkin akan dirasakan adalah sesak napas, bibir bengkak, ataupun muncul ruam-ruam kemerahan pada tubuh. 

Jika merasakan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera mencari pertolongan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. 

Lebih Baik Mencegah daripada Megobati

Itulah ulasan mengenai jenis, manfaat, hingga harga vaksin influenza 2022. Dengan vaksin influenza, tentunya kamu jadi dapat menanggulangi virus flu lebih awal dan menghindari dampak buruknya. 

Oleh karena itu, yuk, pastikan diri dan keluarga mendapatkan vaksin influenza. Jika kesehatan kamu dan keluarga terjamin, tentu aktivitas harian semakin lancar untuk dijalani bukan?

Baca Juga: Indonesia Sediakan 6 Jenis Vaksin Covid-19, Simak Harga dan Cara Pesan Vaksin Mandiri

Disclaimer: Seluruh informasi yang terdapat dalam artikel ini terutama mengenai rincian atau estimasi biaya, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan. Harap melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau unit pelayanan kesehatan tempat kamu divaksin untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat.