Harum dan Melezatkan, 10 Manfaat Cengkeh Ini Penting Didapatkan Oleh Tubuh

Penggunaan rempah-rempah sebagai bumbu dapur oleh masyarakat Indonesia tentu tidak bisa diragukan lagi. Penggunaan bahan masakan tersebut bisa dibilang sebagai rahasia utama mengapa kuliner Indonesia banyak diminati hingga masyarakat dari seluruh dunia. Rempah-rempah memang mampu memberikan cita rasa yang kuat pada makanan sehingga mampu menggugah nafsu makan siapa saja yang mencicipinya.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis rempah-rempah yang biasa dicampurkan pada makanan. Masing-masing jenis rempah tersebut memiliki fungsinya tersendiri untuk melezatkan makanan. Salah satu yang paling populer digunakan pada masakan khas Indonesia adalah cengkeh.

Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai bumbu makanan maupun campuran pada minuman agar memberikan rasa manis serta aroma yang harum nan khas. Namun, terlepas dari fungsinya dalam menyedapkan makanan, rempah tersebut juga menyimpan banyak sekali manfaat hebat bagi menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari masalah kesehatan ringan hingga berat bisa diatasi.

Manfaat cengkeh tersebut tentu berkaitan erat dengan nutrisi yang dikandungnya. Cengkeh diketahui memiliki beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, kalsium, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Pengganti Gula, Ternyata Kayu Manis Juga Bisa Memberi Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Ini

10 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

loader

  1. Menjadi Obat Tukak Lambung

    Manfaat cengkeh yang pertama adalah sebagai obat penyakit tukak lambung. Bagi yang belum tahu, tukak lambung adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya penipisan pada lendir lambung. Penipisan pada lambung tersebut diakibatkan karena asam lambung terus mengikis dinding lambung. 

    Seperti yang sudah banyak diketahui, penyebab masalah tukak atau asam lambung ini bisa bermacam-macam. Mulai dari beban pikiran, salah makan, hingga adanya infeksi dapat menjadi faktor yang menyebabkan masalah kesehatan ini. 

    Dalam tanaman cengkeh, terkandung minyak esensial yang mampu meningkatkan produksi lendir pada lambung. Dengan meningkatnya jumlah lendir, dinding lambung menjadi lebih kuat mencegah luka karena asam lambung. Dalam waktu yang bersamaan, peningkatan produksi lendir lambung juga bermanfaat dalam mencegah asam lambung terus meningkat.

  2. Membuat Tubuh Kebal dari Serangan Penyakit

    Cara tubuh dalam menangkal serangan penyakit adalah melalui sistem imun tubuh. Saat sistem kekebalan terjaga, maka tubuh akan lebih kuat dalam melawan infeksi bakteri maupun virus yang menyerang tubuh. Semakin kuat sistem imunitas Anda, tubuh juga akan lebih cepat sembuh saat terkena penyakit. 

    Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, Anda dapat memanfaat kuncup bunga cengkeh yang sudah kering. Dalam bagian tersebut ditemukan sebuah senyawa yang ternyata berkhasiat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pasalnya, senyawa yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan jumlah leukosit atau sel darah putih. 

    Di dalam tubuh, peran dari sel darah putih adalah untuk membersihkan mikroba serta racun berbahaya. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda dijamin akan memiliki imunitas yang lebih baik serta mampu mengobati berbagai infeksi dan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.  

  3. Bersifat Antibakteri

    Manfaat selanjutnya adalah bersifat antibakteri. Sifat antibakteri ini bahkan digadang-gadang mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tubuh. Beberapa jenis bakteri yang dapat ditumpas oleh minyak cengkeh adalah bakteri E. Coli.

    Sifat antibakteri dari cengkeh juga berperan hebat dalam membersihkan bakteri yang tinggal di dalam mulut. Bakteri yang hinggap pada kulit dan menyebabkan jerawat juga bisa diatasinya. Jadi, sifat antibakteri ini dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan banyak bagian tubuh sekaligus.

  4. Memastikan Kesehatan Organ Pencernaan Terjaga

    Sistem pencernaan menjadi salah satu organ yang paling vital bagi tubuh namun sering disepelekan kesehatannya. Pasalnya, segala nutrisi yang didapatkan oleh tubuh mayoritas berasal dari makanan yang diurai di sistem pencernaan. Namun, tak dapat dipungkiri jika sebagian orang kurang menjaga pola makan maupun jenis makanan yang dikonsumsinya. 

    Hal ini dapat memicu munculnya penyakit pada sistem pencernaan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, cengkeh dapat menjadi cara alternatif dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Dengan mengonsumsi cengkeh, sekresi dari enzim pencernaan akan lebih terangsang.

    Cengkeh juga berkhasiat dalam meredakan perut kembung, iritasi pada lambung, dispepsia, dan juga mual. Penderita diare kronis serta disentri kronis juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi cengkeh. 

  5. Obat Alami untuk Masalah Sakit Gigi

    Sama halnya dengan organ pencernaan, gigi juga menjadi salah satu bagian tubuh yang seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, saat sakit gigi terjadi, rasa nyeri yang dirasakan dapat membuat seseorang kesulitan untuk beraktivitas. Jadi, baik anak-anak maupun orang dewasa, menjaga kesehatan gigi adalah hal yang penting untuk dilakukan.

    Ketika sakit gigi sudah terlanjur terjadi, cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatifnya. Kandungan senyawa bernama eugenol lah yang bisa menekan rasa nyeri pada gusi dan juga gigi. Senyawa tersebut juga andal dalam mengatasi peradangan serta infeksi pada sakit gigi. 

    Meski begitu, manfaat cengkeh ini jarang diketahui dan digunakan oleh masyarakat. Nah, jika Anda merasa gigi sakit dan tidak kunjung sembuh, tidak ada salahnya untuk menjajal khasiat yang ini. 

  6. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

    Tidak hanya menyehatkan gigi, cengkeh juga memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Manfaat ini dihasilkan dari kandungan ekstrak hidrokarbon dan senyawa fenolik, misal eugenol, flavon, flavonoid, dan juga isoflavon yang terdapat dalam cengkeh.

    Kandungan cengkeh tersebut dapat membantu tulang agar selalu sehat dan padat. Kandungan mineral pada tulang juga dapat terjaga sebab nutrisi yang ada pada cengkeh tersebut.

    Dengan kesehatan tulang yang terjaga, secara tidak langsung risiko munculnya penyakit tulang seperti osteoporosis juga menjadi semakin kecil. Jadi, rajin mengonsumsi salah satu rempah-rempahan ini dapat menjadikan tulang lebih sehat.

  7. Mengatasi Rasa Nyeri Karena Peradangan

    Dalam kondisi tertentu, tubuh akan merasakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Rasa sakit akibat peradangan tersebut dapat diredakan dengan menggunakan cengkeh. Sebuah penelitian pada hewan membuktikan bahwa senyawa kimia yang terkandung pada cengkeh bisa memberikan efek anti nyeri. 

    Di samping itu, cengkeh juga dapat memberikan efek anti radang dan mencegah terjadinya kerusakan sel saraf. Meski begitu, khasiat ini masih memerlukan studi lebih lanjut agar dapat diketahui efek yang sebenarnya pada manusia. 

  8. Rahasia dalam Menumpas Berbagai Masalah Rambut

    Bagi sebagian orang, khususnya wanita, rambut menjadi aset tersendiri yang perlu dijaga agar penampilan tetap menarik. Salah satu masalah rambut yang seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman adalah rambut rontok. Memang, rambut rontok bisa disebabkan karena faktor usia dan semacamnya.

    Namun, menjaga kesehatan rambut juga dapat menjadi cara agar rambut menjadi lebih tidak mudah rontok. Caranya adalah dengan menggunakan kondisioner yang terbuat dari minyak cengkeh. 

    Jika Anda dapat secara rutin mengaplikasikan minyak cengkeh tersebut pada rambut selama kurun waktu 5 hingga 15 menit, kesehatan rambut dapat dijamin. Jadi, cara ini juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok. 

  9. Mampu Menangkal Radikal Bebas

    Tidak dapat dipungkiri jika antioksidan adalah salah satu nutrisi penting yang harus didapatkan oleh tubuh. Antioksidan dalam tubuh dapat menjadi penangkal utama radikal bebas yang mampu merusak sel dan menyebabkan tumbuhnya sel kanker. 

    Kandungan lainnya yang dimiliki cengkeh dalam melindungi tubuh dari ancaman sel kanker adalah eugenol yang bersifat antikanker. Cengkeh juga diketahui mampu menghambat pertumbuhan tumor hingga mematikan sel kanker itu sendiri. 

  10. Pengontrol Kadar Gula dalam Darah

    Terakhir, peran cengkeh dalam hal kesehatan adalah sebagai pengontrol kadar gula dalam darah, terutama pada penderita diabetes. Produksi insulin pada penderita diabetes sangatlah sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali. Padahal, fungsi dari insulin tersebut adalah untuk mengubah glukosa menjadi energi bagi tubuh.

    Saat tubuh tidak mampu menghasilkan insulin, kadar gula dalam darah tentu akan menjadi tidak terkontrol. Nah, ekstrak cengkeh ini dapat dijadikan sebagai pengganti insulin dalam menjalankan tugasnya mengontrol gula darah.  

Baca Juga: Daerah Wisata Ini Punya Kuliner Pedas yang Bisa Bikin Ketagihan, Mana Saja?

Konsumsi Cengkeh Secara Wajar dan Dapatkan Manfaatnya

Menjadi salah satu bumbu dapur favorit masyarakat Indonesia, tentu akan sangat disayangkan jika tidak banyak orang tahu manfaat kesehatan dari cengkeh. Tidak hanya menyembuhkan beragam penyakit ringan, cengkeh juga mampu meredakan gejala penyakit berbahaya sekalipun.

Meski begitu, mengonsumsi cengkeh tetap harus sesuai batas wajarnya. Sebab, cengkeh yang digunakan secara berlebihan malah dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti alergi dan iritasi kulit. Untuk itu, tetap batasi penggunaan cengkeh setiap harinya agar manfaat kesehatan yang ingin didapatkan tidak berubah menjadi masalah kesehatan.

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kenali Jenis Empon Empon dan Khasiatnya