Pengganti Gula, Ternyata Kayu Manis Juga Bisa Memberi Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Ini

Keberagaman dan keberlimpahan rempah-rempah yang ada di Indonesia sudah seharusnya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi warganya. Bagaimana tidak, rempah-rempah menjadi primadona masyarakat seluruh dunia karena perannya dalam membuat masakan apapun memiliki tingkat kelezatan jauh lebih tinggi. 

Bahkan, tidak sedikit yang percaya jika rempah-rempah juga memiliki kandungan nutrisi ajaib yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Karena alasan tersebut, tak ayal jika rempah-rempah banyak digandrungi oleh para penikmat kuliner untuk menyedapkan masakan, serta memberikan khasiat untuk kesehatan.

Salah satu jenis rempah-rempah yang cukup populer adalah kayu manis. Kayu manis tergolong sebagai rempah-rempah aromatik dan banyak dijadikan sebagai campuran untuk membuat kue. Ditambah dengan cita-rasa manisnya, kayu manis banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kuliner di hampir seluruh dunia.

Namun, tahukah Anda bahwa manfaat kayu manis jauh lebih hebat dari itu? Rempah dengan bentuk kayu kering tersebut ternyata menyimpan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, lho!

Bahkan, kayu manis atau cinnamon mampu menurunkan risiko seseorang untuk terserang beragam penyakit kronis yang mematikan. Penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari rempah tersebut untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut adalah rangkumannya.   

Baca Juga: Berbagai Manfaat Alpukat yang Baik untuk Kesehatan

8 Manfaat Kayu Manis

loader

  1. Menjadi Sumber Asupan Zat Antioksidan

    Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi di dalamnya. Fungsi dari zat antioksidan tersebut dalam tubuh juga beragam, mulai dari menekan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, melambatkan proses penuaan, hingga mencegah terjadinya stres oksidatif.

    Di samping itu, cinnamon juga dapat membatasi proses pembentukan oksida nitrat yang terjadi dalam peroksidasi darah serta lemak. Dengan dibatasinya proses pembentukan tersebut, risiko munculnya sel kanker atau gangguan otak akan menjadi lebih kecil. Jadi, perlu dipahami jika manfaat kayu manis untuk kesehatan tidak seharusnya dipandang sebelah mata.

    Tidak berhenti sampai di situ, kandungan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan polifenol juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya inflamasi. Dalam kata lain, kayu manis juga berguna untuk melawan beragam tingkat peradangan atau inflamasi yang terjadi di seluruh bagian tubuh. 

  2. Menurunkan Risiko Diabetes 

    Sudah banyak dipahami jika penggunaan kayu manis dalam kue atau masakan adalah sebagai pengganti gula. Secara tidak langsung, penggunaan tersebut memunculkan manfaat selanjutnya yakni sebagai makanan anti diabetes.

    Tidak hanya membuat asupan gula dalam tubuh menjadi lebih terkontrol, kayu manis juga mengandung zat alami yang mampu memblokir enzim yang dikenal dengan nama alanine. Enzim alanine tersebut berfungsi agar tubuh dapat lebih mudah menyerap glukosa ke dalam darah. 

    JIka proses ini terlalu lama dibiarkan dan dibarengi dengan asupan gula yang terlalu banyak, bukan tidak mungkin diabetes akan muncul sewaktu-waktu. Oleh karena itu, agar penyakit diabetes dapat dicegah, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan dengan bahan ini. 

  3. Meningkatkan Efektivitas Program Diet 

    Manfaat kayu manis selanjutnya adalah untuk membantu mendapatkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan zat yang dikenal dengan nama Cinnamaldehyde

    Pada dasarnya, zat yang terkandung pada kayu manis tersebut mampu membantu tubuh dalam melakukan proses pembakaran tumpukan lemak. Dengan kata lain, rutin mengonsumsi cinnamon dapat membuat pelaku program diet lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan.

    Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus kayu manis dan meminum air rebusannya. Bisa juga dicampur dengan madu agar mendapatkan rasa yang lebih lezat dan mendapatkan khasiat tambahan lainnya. 

  4. Mampu Mendukung Kesuburan

    Menjaga kesuburan alat vital merupakan hal yang penting untuk dilakukan, khususnya bagi pasangan suami istri yang sedang berencana untuk segera mendapatkan momongan. Nah, dambaan untuk bisa segera menimang buah hati tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkan kayu manis.

    Dikutip dari sebuah penelitian oleh Natural Fertility Info, mengonsumsi kayu manis dapat membantu kaum hawa untuk terhindar dari risiko penyakit Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS. Penyakit tersebut dapat mengganggu fungsi dari ovarium dan menimbulkan ketidakseimbangan pada sistem hormonalnya. 

    Kayu manis dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut karena mengandung enzim yang bernama phosphatidylinositol 3-kinase. Jadi, agar kesuburan tetap terjaga dan dapat segera mendapatkan keturunan, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumi rempah tersebut.

    Selain itu, kayu manis juga bermanfaat membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika siklus menstruasi yang lancar dapat membantu pasangan suami istri mengetahui waktu yang tepat melakukan proses pembuahan. Oleh sebab itu, khasiat kayu manis untuk kesuburan sudah tidak perlu diragukan lagi. 

  5. Bisa Mempercantik Kulit Wajah

    Tidak hanya untuk kesehatan, kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Bersifat antibiotik serta antimikroba, kayu manis dapat difungsikan sebagai pelindung kulit dari ancaman iritasi, reaksi alergi, infeksi, dan juga ruam kulit. 

    Jika kulit mengalami masalah peradangan tersebut, coba oleskan minyak esensial di area yang terasa nyeri ataupun kemerahan. Masalah jerawat dan penyakit kulit ringan lain juga bisa diatasi dengan menggunakan rempah ini.

    Caranya dengan mencampurkan madu dengan bubuk kayu manis dan mengoleskannya pada kulit atau menjadikannya sebagai masker. Dengan begitu, masalah kulit yang dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri dapat diminimalisir potensi terjadinya. 

  6. Turut Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

    Jantung merupakan salah satu organ paling penting yang dimiliki oleh hampir semua makhluk hidup. Pasalnya, kematian sudah dapat dipastikan datang jika kinerja dari organ tersebut terganggu atau bahkan terhenti. Jadi, tidak mengherankan jika penyakit jantung atau kardiovaskular disebut sebagai penyakit paling mematikan di dunia.

    Agar kesehatan jantung senantiasa terjaga, Anda dapat mengonsumsi kayu manis secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cinnamon bermanfaat menjaga jantung dari potensi masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, dan tingkat trigliserida tinggi.  

    Rahasia di balik manfaat kayu manis tersebut lagi-lagi berasal dari kandungan antioksidan yang dimilikinya. Zat antioksidan berkhasiat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terjadinya masalah kesehatan pemicu penyakit jantung dapat diperkecil.  

  7. Bahan Alami untuk Mencegah Terjadinya Kanker

    Selain penyakit jantung, penyakit kanker juga menjadi jenis penyakit yang paling ditakuti di dunia. Alasannya karena penyakit kanker tergolong sulit untuk dideteksi dan baru diketahui saat sudah dalam fase kronis. Alhasil, proses penyembuhannya pun seringkali terlambat dilakukan dan menyebabkan persentase kematiannya cukup tinggi. 

    Penelitian lain memaparkan jika kayu manis memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Radikal bebas sebagai penyebab utama munculnya sel kanker yang terkandung dalam tubuh dapat ditumpas dengan antioksidan pada kayu manis. 

    Zat antioksidan tersebut berperan sebagai pelindung tubuh dari risiko terjadinya kerusakan DNA, pertumbuhan tumor, serta mutasi sel. Tidak hanya mencegah sel kanker muncul, kandungan Cinnamaldehyde pada kayu manis juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang terlanjur muncul. Oleh karena itu, kayu manis dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mencegah kanker. 

  8. Membantu Otak Menjadi Lebih Sehat

    Masih terkait dengan kandungan antioksidan pada kayu manis, zat tersebut lagi-lagi bermanfaat untuk membuat otak menjadi lebih sehat. Pasalnya, antioksidan dapat mencegah terjadinya penurunan kemampuan kognitif pada otak. 

    Saat dikonsumsi, kandungan antioksidan dari kayu manis akan membuat protein menjadi lebih aktif melindungi saraf pelindung sel otak. Dengan begitu, sel otak tidak akan mengalami mutasi ataupun kerusakan akibat stres oksidatif.

    Hal ini juga berkaitan secara langsung dengan semakin kecilnya risiko seseorang terkena penyakit neurologis, seperti Alzheimer dan juga Parkinson. Dalam kata lain, kayu manis cocok untuk dikonsumsi oleh lansia agar sistem otaknya tetap bekerja dengan semestinya. 

Baca Juga: Inilah Obat Kolesterol Alami yang Gampang Ditemukan di Rumah

Khasiat Kayu Manis Membuktikan bahwa Rempah Amat Bermanfaat Bagi Tubuh

Konsumsi rempah-rempah oleh masyarakat Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi. Hampir semua jenis masakan yang ada di dalam negeri memanfaatkan rempah-rempah agar mendapatkan cita rasa yang lebih kuat dan menggoda. Padahal, di balik penggunaan rempah-rempah tersebut, ternyata tersimpan banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, sebagai contohnya adalah khasiat yang dimiliki oleh kayu manis di atas. 

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Bentuk Tubuh setelah Lebaran