Home Sweet Home, Begini Tips Ciptakan Ruang Rapi dan Leluasa

Ukuran rumah sekarang bisa dikatakan lebih sempit dibandingkan rumah dulu. Hal ini tak lepas untuk mengurangi penggunaan lahan dan meminimalisir harga jual rumah itu sendiri. Sebab, harga rumah akan semakin mahal bila lahan yang digunakan luas.

Situasi seperti ini tentu mengurangi daya tampung rumah. Penempatan perabotan harus lebih teliti untuk menghilangkan kesan rumah yang berantakan dan sempit.

Untungnya, Anda bisa akali ini dengan tips-tips menata ruangan berikut. Alhasil, ruangan tampak rapi dan leluasa. Yuk, dicek selengkapnya!

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Buat pengelompokan barang

pengelompokkan barang

Pertama, coba kelompokkan barang berdasarkan kategori masing-masing. Mana yang masuk dalam kategori buku, majalah, alat-alat makan, dan lain sebagainya. Lalu, pisahkan dari barang-barang lain yang kategorinya berbeda.

Untuk barang yang sering dipakai, sebaiknya dikelompokkan lagi sesuai ukurannya. Tujuannya agar barang yang ukurannya kecil tidak tertimbun barang yang ukurannya lebih besar.

Sedangkan untuk barang yang tidak mempunyai pasangan dan jarang dipakai, Anda bisa simpan ke gudang. Atau ke tempat penyimpanan khusus yang diberi label tertentu. Jika suatu saat dibutuhkan, Anda tidak perlu susah payah mencarinya.

2. Simpan di lemari tertutup

menyimpan di lemari

Apapun barangnya, mau yang sering atau jarang dipakai, sebaiknya simpan di lemari yang tertutup. Dengan tujuan agar barang tersebut tetap bersih walaupun jarang dipakai, jadi tidak perlu dicuci lagi saat hendak dipakai.

Pilihlah lemari yang bening atau terbuat dari kaca agar lebih mudah dijangkau. Begitu pula saat ingin digunakan untuk keperluan tertentu.

Letakkan lemari ini sesuai dengan fungsi barang-barang yang ada di dalamnya. Untuk alat-alat makan, ya di dapur. Sedangkan buku, hiasan, atau mainan koleksi bisa ditempatkan di ruang tamu untuk menambah keindahan ruangan.

Baca Juga: Cara Mudah dan Hemat Mendesain Interior Rumah yang Menarik

3. Memanfaatkan sudut-sudut ruangan

sudut ruangan

Sudut-sudut ruangan acap kali menjadi bagian yang sering dihiraukan dari rumah. Padahal, bagian ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat tanaman, atau lampu. Alhasil, bagian tengah ruangan tidak perlu dipakai untuk menaruh barang-barang ini.

Barang atau benda tentu harus disesuaikan dengan kondisi di sudut ruangan dan barang apa saja yang sudah ada di sekelilingnya. Alhasil, rumah lebih tertata rapi, juga enak dilihat.

Tapi, ingat, jangan terlalu memaksakan sudut ruangan. Kalau memang tidak sesuai, lebih baik dibiarkan kosong agar tidak merusak konsep dan isinya.

4. Manfaatkan kotak-kotak kosong

kotak-kotak kosong

Kotak-kotak kosong yang selama ini tak terpakai sebaiknya jangan langsung dibuang. Manfaatkanlah untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai dan sudah usang, seperti CD atau buku.

Kemudian, taruh kotak ini pada gudang agar tidak mengganggu pemandangan di ruang tamu. Tapi, kalau kotaknya estetik, Anda bisa tempatkan di ruang tamu dan mengganti fungsinya menjadi meja kecil.

Mengingat kotak-kotak ini juga makan tempat, ada baiknya minimalisir jumlahnya. Takutnya kalau kebanyakan malah membuat rumah kelihatan lebih sempit dan terkesan berantakan.

5. Gantungkan cermin di ruang tamu

menggantungkan cermin di ruang tamu

Selain untuk berdandan, cermin juga dibutuhkan untuk membuat tampilan rumah lebih luas. Pantulan cahayanya akan memberi kesan ruangan yang lebih banyak. Jadi orang yang melihat akan berasumsi kalau ruangan di dalam rumah ada banyak, padahal hanya pantulan ruangan yang ada di depan atau belakangnya.

Tempatkan cermin pada posisi yang pas, seperti di jalan menuju ruang kamar. Dengan posisi yang lebih tinggi agar seisi rumah kelihatan semua.

Untuk memperindah tampilan interior rumah, pilihlah cermin yang bentuknya bulat atau petak tapi dengan ukiran di sekeliling cermin. Warnanya juga harus menyesuaikan dengan cat dinding agar tidak menyilaukan mata.

Baca Juga: Tips Poles Rumah Berkonsep Minimalis dengan Furniture yang Tepat

6. Jangan meletakkan barang sembarangan

meletakkan barang sembarangan

Tips ciptakan ruang rapi dan leluasa yang terakhir adalah jangan meletakkan barang sembarangan. Sebisa mungkin letakkan sesuai kategori barang, lalu simpan ke ruangan atau bagian yang tidak terlihat. Anda juga bisa taruh ke dalam drawer televisi atau DVD yang kosong.

Jangan biarkan barang sekecil apapun terletak di lantai. Lebih baik dipajang di dinding agar dinding tidak kelihatan kosong. Atau bisa buat rak-rak gantung di dinding untuk menyimpan mainan atau hiasan lain.

Jika tak mau ribet, alangkah lebih baik kurangi jumlah barang-barang di dalam rumah. Terutama yang ukurannya kecil karena menatanya bukan hal yang mudah. Butuh sedikit research agar tidak terkesan ramai dan berlebihan.

Luangkan Waktu untuk Menata Kembali Rumah Anda

Menata rumah adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan, terutama di akhir pekan. Sebaiknya pilih waktu luang yang tepat terkait kapan Anda akan menata rumah karena aktivitas ini cukup menguras waktu. Belum lagi kalau banyak sisi atau bagian yang perlu ditata ulang untuk dapatkan hasil akhir yang rapi, luas, dan enak dipandang mata.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 8 Filosofi Warna Cat Rumah Beserta Artinya