Ini 10 Manfaat Buah Markisa yang Juga Kaya Akan Vitamin Esensial

Anda pasti tidak asing dengan berbagai minuman kemasan dan sirup dengan cita rasa buah markisa. Ya, tak sedikit brand minuman yang memilih buah ini sebagai salah satu varian rasa yang bisa dipilih oleh pelanggannya. Dengan rasa manis yang unik dan aroma yang wangi, tak mengherankan jika minuman dengan cita rasa buah markisa tersebut laris manis di pasaran.

Namun, mengesampingkan hal tersebut, pernahkan Anda melihat bagaimana bentuk buah markisa dan merasakannya secara langsung? Kebanyakan dari Anda mungkin belum pernah menemui buah dengan bentuk lonjong dan berwarna coklat kemerahan ini secara langsung. Karenanya, masih sedikit masyarakat yang tidak tahu bahwa buah dengan nama latin Passiflora edulis ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. 

Hal ini disebabkan karena buah markisa ternyata memiliki banyak sekali kandungan vitamin esensial yang amat penting dibutuhkan tubuh. Vitamin esensial yang terkandung meliputi vitamin C, A, B2, B3 dan B6. Tidak hanya itu, buah yang hanya bisa tumbuh di wilayah sejuk ini juga kaya akan serat dan berbagai mineral penting, sebagai contoh kalium, fosfor, magnesium, zat besi, dan tembaga.

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah tersebut, buah markisa mampu memberikan banyak khasiat positif bagi kesehatan tubuh sembari memanjakan lidah Anda. Nah, daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Selain Turunkan Berat Badan, Diet Buah Juga Berikan Manfaat Lain untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Buah Markisa?

loader

Manfaat Buah Markisa

  1. Mampu Menyehatkan Pencernaan

    Saluran pencernaan menjadi salah satu organ paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Pasalnya, penyakit yang dapat muncul akibat adanya gangguan pada saluran pencernaan tidak terhitung jumlahnya. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan agar kesehatan pencernaan terjaga, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah markisa dalam porsi yang cukup.

    Kandungan seratnya yang tinggi ampuh menyembuhkan berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut dan sembelit. Selain itu, rutin mengonsumsi buah ini juga mampu membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik serta menurunkan risiko munculnya penyakit pada sistem pencernaan.

  2. Membuat Tubuh Lebih Kebal Terserang Penyakit

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah markisa kaya akan kandungan vitamin esensial di mana vitamin C adalah satu di antaranya. Dengan kandungan vitamin tersebut, buah ini mampu membantu tubuh memiliki sistem kekebalan yang baik. Tidak tanggung-tanggung, jumlah vitamin C yang terkandung dalam 100 gram buah markisa mencapai 50 persen.

    Senyawa alami dan antioksidan juga menjadi alasan mengapa buah ini layak dijadikan asupan rutin agar daya tahan tubuh terjaga secara alami. Jadi, tubuh pun akan lebih kuat menahan serangan bakteri dan virus penyebab penyakit yang dapat menghambat Anda untuk beraktivitas setiap harinya. 

  3. Membuat Tulang dan Gigi Menjadi Lebih Kuat

    Markisa juga menjadi buah yang memiliki kandungan mineral berupa kalsium dan juga fosfor. Kedua mineral tersebut sudah umum dipahami mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi agar lebih kuat dan tidak mudah keropos. 

    Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kekurangan kalsium dan fosfor yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh seiring dengan bertambahnya usia. 

  4. Pencegah Alami Gangguan Tidur atau Insomnia

    Ada banyak hal yang mengganggu penderita insomnia atau kesulitan tidur. Tidak hanya membuat tubuh selalu merasa lelah dan mengganggu produktivitas, tidak cukup tidur juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan pikiran. Dalam jangka panjang, insomnia dapat menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya kepada para penderitanya. 

    Dengan rutin mengonsumsi buah berkulit orange kekuningan dan merah ini, penyakit insomnia mampu dikurangi dampaknya. Selain itu, rasa cemas yang berlebih juga dapat diredakan saat mengonsumsi buah tersebut. 

    Jadi, Anda pun bisa beristirahat yang cukup di malam hari guna mendapatkan kembali energi yang terkuras setelah seharian beraktivitas.

  5. Menjadikan Kulit Nampak Segar dan Bersinar

    Khususnya bagi kaum hawa, memiliki kulit yang nampak segar dan bercahaya adalah hal yang didambakan. Namun, terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan dengan terpaan sinar matahari dan polusi membuat kulit tampak lebih kusam dan kering. Alhasil, kulit pun lebih rentan terkena break out atau kerusakan.

    Solusinya, Anda dapat memanfaatkan kandungan vitamin A pada buah markisa agar kesehatan kulit tetap terjaga. Tidak hanya menyegarkan, buah ini juga mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya sekaligus memberi kesan awet muda. 

  6. Menyehatkan Mata

    Masih berkaitan dengan vitamin A, kandungan vitamin tersebut juga dapat memberi manfaat pada kesehatan mata. Kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab utama mengapa kesehatan mata sering terganggu dan memicu beragam penyakit mata berbahaya.

  7. Melancarkan Sirkulasi Darah

    Bagi Anda yang menderita kelainan tekanan darah, mengonsumsi buah markisa dapat menjadi salah satu metode pengobatan alami yang bisa dipilih. Sebabnya, buah tersebut memiliki kandungan kalium yang mampu membantu tubuh menjaga dan mengontrol sirkulasi darah. 

    Saat sirkulasi darah terjaga, tubuh akan menjadi lebih stabil dan terhindar dari risiko tekanan darah yang dapat memicu terjadinya penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke. Menjaga kelancaran sirkulasi darah juga penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil. Dengan begitu, calon buah hati dapat menerima nutrisi yang dibutuhkan dengan lebih baik. 

  8. Memperkecil Risiko Munculnya Sel Kanker

    Manfaat buah markisa selanjutnya adalah memperkecil risiko munculnya sel kanker. Penyebabnya karena kandungan antioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan potensi kerusakan sel akibat radikal bebas. 

    Selain itu, mengonsumsi markisa kuning juga dapat menumpas sel kanker yang sudah terlanjur tumbuh dan berkembang di dalam tubuh. Hal ini terjadi berkat kandungan polifenol, harman, karotenoid, harmalin, passiflorine, vitexin, dan zat fitokimia lainnya. 

  9. Memberi Efek Relaksasi

    Aktivitas yang menyibukkan setiap harinya sudah pasti akan memberi banyak tekanan pada pikiran. Saat terlalu banyak tekanan yang muncul, banyak dampak buruk yang akan terjadi dalam tubuh, seperti munculnya stres dan tekanan darah yang meninggi. 

    Untuk mengatasinya, Anda harus bisa mencari cara agar tubuh bisa merasa rileks dan meringankan beban pikiran yang semakin lama semakin menumpuk.

    Untungnya, tidak hanya memiliki rasa yang lezat, buah markisa juga akan memberi efek relaksasi ketika dikonsumsi. Kandungan zat pada buah markisa kuning ternyata mampu memberi efek menenangkan bagi pikiran dan membuat saraf lebih rileks serta kendur. 

    Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu menyajikan buah markisa sebagai minuman dan dalam keadaan dingin agar efek relaksasi tersebut terasa lebih menenangkan.

  10. Dapat Meringankan Penyakit Asma

    Manfaat buah markisa yang terakhir adalah mampu meringankan penyakit asma. Bagi Anda yang menderita penyakit asma, disarankan untuk mengonsumsi markisa kuning. Alasannya karena markisa kuning memiliki kandungan zat yang mampu menenangkan asma saat kambuh. 

    Markisa kuning juga memiliki kandungan zat yang mampu memblokir histamin. Histamin sendiri adalah zat kimia yang diproduksi tubuh dan dapat memicu munculnya gejala penyakit asma. 

    Dalam kata lain, rutin mengonsumsi buah tersebut dalam porsi yang cukup mampu mengurangi intensitas penyakit asma kambuh, bahkan menyembuhkannya secara total. 

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Semangka yang Sayang untuk Dilewatkan

Berikan Segudang Manfaat Menyehatkan, Tetap Berikan Batasan agar Tak Menimbulkan Efek Samping

Berdasarkan penjelasan di atas, kini Anda mengetahui bahwa buah markisa juga memberikan segudang manfaat menyehatkan bagi tubuh di samping memiliki rasa yang sehat dan aroma yang menyegarkan. Meski begitu, mengonsumsi buah tersebut juga harus tetap dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping yang malah dapat membahayakan tubuh, terutama pada ibu hamil. 

Oleh karena itu, konsumsi buah markisa dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebih agar khasiat kesehatannya bisa didapatkan dengan lebih optimal. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan