Inilah 10 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Jangan Malas Minum!

Apakah Anda adalah salah satu di antara sebagian orang yang lebih memilih meminum soft drink, minuman boba, dan thai tea daripada air putih? Atau, barangkali Anda masih menganggap remeh manfaat air putih saat rutin dan teratur dikonsumsi bagi tubuh? Jika ya, artinya tubuh Anda saat ini mungkin sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat.

Minuman kekinian memang terkesan jauh lebih menarik dan memanjakan lidah saat dikonsumsi dibanding air putih biasa. Namun, tahukah Anda jika kebanyakan minuman jenis lainnya tersebut mengandung kadar gula dan juga kalori yang sangat tinggi? Saat tubuh mendapatkan asupan tersebut secara berlebihan, tentu ada beragam masalah kesehatan yang mungkin saja sedang mengintai. 

Sebenarnya, minum minuman selain air putih sah-sah saja untuk dilakukan. Yang menjadi masalah adalah saat Anda jadi jarang atau bahkan tak pernah mengonsumsi air putih sama sekali karena terlalu doyan dengan minuman rasa-rasa. 

Padahal, agar kesehatan dan kinerja organ dalam tubuh terjaga, Anda diwajibkan untuk meminum setidaknya delapan gelas atau setara 2 liter air putih dalam sehari. Dengan mencukupi kebutuhan tersebut, tubuh akan lebih mampu menjalankan segala fungsinya secara maksimal dan optimal. 

Tak hanya itu, minum air putih dengan jumlah yang cukup juga mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Nah, bak pengingat bagi Anda yang masih enggan atau jarang minum air putih, simak beberapa manfaat minum air putih secara rutin dan teratur untuk kesehatan berikut ini. 

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat

10 Manfaat Air Putih

air putih

Manfaat Minum Air Putih

  1. Mengoptimalkan Performa Tubuh dan Fisik

    Manfaat air putih yang pertama adalah menjaga dan mengoptimalkan performa fisik. Saat tubuh terhidrasi, performa tubuh, mulai dari, otot, persendian, dan berbagai kinerja organ akan terjaga. Rutin minum air putih juga penting untuk dilakukan, khususnya saat sedang melakukan olahraga yang berat dan intens.

    Ketika melakukan aktivitas yang melelahkan dan membuat Anda berkeringat, tubuh bisa kehilangan sekitar 6 hingga 10 persen cairan di dalam tubuhnya. Kondisi tersebut mampu menyebabkan perubahan temperatur atau suhu tubuh, motivasi berkurang, rasa lelah, hingga tak mampu lagi untuk beraktivitas atau berolahraga secara mental dan juga fisik.

    Saat terlalu banyak mengeluarkan keringat dan tak mendapat asupan air yang cukup, tubuh akan mengalami dehidrasi. Efek dari kondisi tersebut bisa sangat terasa walaupun tubuh hanya kehilangan cairan tubuh sekitar 2 persen saja. Untuk itulah mengapa rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup mampu membantu Anda mengoptimalkan kembali performa tubuh yang sempat berkurang. 

    Sebagai acuan, ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami mengenai kebutuhan air putih tubuh ketika berolahraga. Untuk lebih jelasnya, simak poin penjelasannya berikut ini. 

    • Usahakan untuk minum air putih sebanyak 400 sampai 600 ml, 1 hingga 2 jam sebelum melakukan olahraga agar kadar cairan dalam tubuh tercukupi.
    • Kembali minum air sebanyak 200 sampai 30 ml 15 sebelum aktivitas berolahraga dimulai
    • Selama berolahraga, usahakan untuk minum air sebanyak 200 ml setiap 15 menit sekali guna mengganti cairan yang hilang bersama keringat.
    • Jika setelah melakukan olahraga berat terlihat berat badan menurun, segera ganti setiap setengah kilogram berat tubuh yang hilang dengan air putih sejumlah 500 sampai 600 ml.
  2. Menjaga Sistem Kerja Otak dan Peningkatan Energi

    Akibat kurang minum air putih, tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sistem kerja otak yang menurun serta tubuh menjadi tak berenergi. Otak yang sebagian besar merupakan cairan perlu mendapatkan asupan air yang cukup agar tetap mampu berfungsi dengan maksimal.

    Bahkan, dalam sebuah studi, air putih mampu meningkatkan memori otak serta menurunkan risiko kelelahan dan munculnya rasa cemas. Jadi, jangan lagi remehkan manfaat minum air putih agar sistem kerja otak terjaga dan menjadikan tubuh lebih bertenaga.

  3. Mencegah dan Meredakan Sakit Kepala

    Bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala atau pusing, akar penyebabnya bisa jadi akibat kurang minum air putih. Sebab, kekurangan air putih juga dapat memicu munculnya sakit kepala akibat tegang. Meminum cukup air juga dipercaya mampu mengurangi durasi atau intensitas sakit kepala, walaupun tak memberi efek apapun mengenai frekuensi kemunculannya. 

  4. Bantu Ringankan Masalah Konstipasi

    Sudah bukan rahasia lagi jika kurang minum dapat menimbulkan masalah pencernaan dan sulit BAB. Saat tubuh kekurangan cairan, tekstur feses akan menjadi lebih keras dan susah dikeluarkan atau dalam istilahnya konstipasi. Jika tak segera ditangani, masalah konstipasi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius, misalnya ambeien. 

  5. Menurunkan Risiko Penyakit Batu Ginjal secara Signifikan

    Batu ginjal merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya konsentrasi pada zat dengan tingkat kelarutan rendah, sebagai contoh, oksalat dan kalsium, di dalam tubuh. Kedua kandungan tersebut adalah pemicu penyakit batu ginjal yang paling umum dalam urine.

    Untungnya, rutin meminum air putih dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit ini dengan cukup signifikan. Dengan banyak minum, zat yang mampu terkonsentrasi akan lebih mudah larut dan tak lagi berisiko membentuk batu ginjal pada urine.

  6. Menetralkan Kembali Kadar Alkohol dalam Tubuh dan Atasi Hangover

    Hangover adalah reaksi imun di mana kadar alkohol di dalam tubuh terlalu berlebihan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada orang yang baru saja meminum minuman beralkohol dalam jumlah yang cukup banyak di hari sebelumnya. Saat mengalami hangover, tubuh akan terasa tidak nyaman dan pusing. 

    Karena bersifat diuretik, alkohol mampu membuat tubuh banyak kehilangan cairan dan memicu dehidrasi. Walaupun penyebab utama dari hangover bukanlah dehidrasi, kondisi tersebut dapat memberikan gejala kelelahan, haus, mulut kering, dan juga sakit kepala. Untuk meredakannya, Anda dapat meminum air putih dengan jumlah yang cukup banyak atau setara dengan jumlah minuman beralkohol yang dikonsumsi. 

  7. Lebih Mudah Kontrol Berat Tubuh

    Cukup minum juga mampu membantu Anda dalam mengontrol berat tubuh. Pasalnya, air putih dapat melancarkan kinerja sistem pencernaan dalam membuang kotoran di dalam tubuh. Manfaat minum air putih lainnya juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengatur pola makan. 

    Sistem metabolisme tubuh juga akan meningkat jika rutin mengonsumsi air putih. Dengan begitu, proses pembakaran lemak atau kalori tubuh dapat berlangsung dengan lebih optimal. 

  8. Menjadikan Kulit Tampak Sehat dan Terawat

    Setidaknya 60 persen dari tubuh manusia merupakan cairan, termasuk juga jaringan sel pada kulit. Jadi, dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, proses fisiologis tidak akan sampai terganggu. Dalam kata lain, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memiliki kondisi kulit yang tampak lebih sehat dan terawat.

  9. Mendinginkan Tubuh di Cuaca Panas dan Cegah Dehidrasi

    Di cuaca yang panas atau tengah melakukan aktivitas fisik yang berat, tubuh akan secara otomatis mengeluarkan keringat agar suhu tubuh tetap terjaga. Bersamaan dengan keluarnya keringat tersebut, tubuh akan terus kehilangan cairan. 

    Dalam waktu yang cukup panjang, hal ini mampu membuat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk menyiasatinya, saat tubuh Anda mengeluarkan keringat dengan jumlah yang cukup banyak, segera minum agar cairan dalam tubuh cepat tergantikan. 

  10. Meningkatkan Proses Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh

    Tak hanya memberikan sederet khasiat di atas, minum air putih juga mampu meningkatkan proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Dengan bantuan air, proses pemecahan nutrisi makanan, seperti, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya akan menjadi lebih ringan dilakukan. Jadi, tubuh pun dapat segera mendistribusikan zat gizi tersebut ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkannya.

Baca Juga: Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Air Putih

Cukupi Kebutuhan Air Putih dalam Tubuh agar Terhindar dari Risiko Dehidrasi

Itulah 10 manfaat air putih bagi kesehatan tubuh yang penting untuk Anda dapatkan. Sebagai asupan terpenting bagi makhluk hidup, kebutuhan air dalam tubuh tentu harus senantiasa dijaga agar tak sampai menimbulkan masalah kesehatan serius.

Akibat kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi dan mampu berbuntut ke masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya, seperti, tekanan darah menurun, gangguan pencernaan, kram otot, hingga meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Selain itu, kadar cairan yang rendah dalam tubuh juga dapat mengakibatkan tubuh tak bertenaga, kerja otak menurun, hingga stroke. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih meremehkan manfaat minum air putih, mulai jauhi kebiasaan tersebut agar kesehatan tubuh semakin terjaga.

Baca Juga: Cara Sehat di Masa Depan dengan Sehat Mulai dari Sekarang