Kata-kata Motivasi Nabung dan Investasi yang Bikin Termotivasi Cepat Kaya

Siapa sih yang tidak ingin cepat kaya? Pastinya semua orang ingin kaya, termasuk kamu yang masih berusia muda. Untuk memiliki harta, rumah, kendaraan dan sebagainya, tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan atau gigit cabai langsung terasa pedasnya.

Butuh bekerja keras, baik bekerja di perusahaan atau bisa dari membangun bisnis sendiri. Dari penghasilan itulah, kamu bisa mengelola keuangan sehingga ada sekian persen penghasilannya yang bisa ditabung hingga melakukan investasi.

Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang sudah memiliki penghasilan tapi mengabaikan tabungan dan investasi. Setelah mendapatkan penghasilan, hal utama yang dilakukan adalah belanja baju, sepatu dan lainnya. Padahal, menjadi orang kaya adalah salah satu impian.

Bukan hanya menjadi kaya, dengan rutin menabung dan investasi, setidaknya akan membuat keuangan di masa depan menjadi lebih aman. Apalagi disaat kondisi tertentu yang membutuhkan uang cepat, hasil dari menabung atau investasi tersebut bisa menjadi penolong pertama.

Bagi yang saat ini masih malas-malasan menabung dan investasi, sebaiknya simak beberapa kata-kata motivasi yang membuat kamu semangat menabung dan investasi, sehingga impian menjadi kaya bisa tercapai.

Berikut ulasannya yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kata-Kata Motivasi Menabung

menabung
Kata-kata motivasi menabung

1. "Jangan menabung apa yang tersisa, tapi habiskan apa yang tersisa setelah menabungnya." – Warrant Buffet.

Kebanyakan orang terutama kalangan anak muda, berbelanja terlebih dahulu, lalu menabung kemudian. Jika uang sudah habis karena belanja, maka menabung tidak dilakukan. Kebiasaan ini adalah hal yang salah dalam keuangan. Sebaiknya seperti Warrant Buffet, menabung terlebih dahulu, kemudian barulah habiskan sisa uangnya untuk belanja kebutuhan, bayar tagihan, hingga belanja barang keinginan.

2. "Kaya bukanlah tentang seberapa banyak uang yang kita peroleh, melainkan tentang seberapa baik kita mengelola uang tersebut." – Noel Whittaker.

Dari motivasi yang diutarakan Noel Whittaker, mengajarkan bagaimanapun kerja keras dan seberapa besar hasilnya, akan tetap habis begitu saja jika tidak dikelola dengan baik. Beda halnya, jika penghasilan yang diperoleh tidak seberapa, tapi seseorang pandai mengelola keuangan, maka menjadi kaya bukan hal yang tidak mungkin.

3. "Hemat bukan berarti murah! Itu berarti ekonomis dan menghindari pemborosan." -Catherine Pulsifer

Memiliki penghasilan yang banyak atau besar, bukan berarti kamu bisa dengan bebas menghambur-hamburkan uang. kamu tetap harus hemat dalam belanja kebutuhan atau belanja lainnya. Dengan hemat, tentunya akan ada banyak uang untuk dialokasikan ke tabungan.

4. "Kekayaan bukan berarti memiliki harta yang banyak, tetapi memiliki sedikit keinginan."-Epictetus

Memang untuk dianggap menjadi kaya itu pastinya memiliki rumah pribadi, kendaraan dan sebagainya. Namun, untuk menjadi kaya, kamu harus memiliki keinginan yang sedikit untuk belanja. Dengan begitu, penghasilan bisa lebih banyak disimpan, sehingga harta kekayaan menjadi lebih banyak di kemudian hari.

5. "Secara definisi, menabung mengharuskan kita untuk tidak membeli sesuatu sekarang, jadi kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih besar nanti." – Jean Chatzky

Terkadang seseorang tidak sabar ketika dihadapi dengan barang atau produk yang bagus. Ada uang, pasti langsung beli tanpa berpikir panjang. Padahal, jika bersabar sedikit dan uang tersebut ditabung, kamu bisa membeli barang atau produk yang lebih bagus atau mahal.

6. "Jika kamu ingin kaya, pikirkanlah menabung dan menghasilkan." – Benjamin Franklin

Seseorang ingin menjadi kaya, tapi yang selalu dilakukan hanya menghambur-hamburkan uang belanja barang branded, hangout sana sini dan lainnya. Ini adalah cara yang salah. Sebaiknya, lakukan menabung dan terus menghasilkan, dengan begitu harta bisa terus bertambah.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Sesuai dengan Usia

Kata-Kata Motivasi Investasi

investasi
Kata-kata motivasi investasi

1. "Dalam berinvestasi, apa yang nyaman, jarang menguntungkan." - Robert Arnott

Sering kali orang memiliki pemikiran, pilih investasi yang memberikan keuntungan besar. Namun nyatanya, investasi yang langsung memberikan keuntungan besar juga memiliki yang besar juga. Lebih baik, pilihlah investasi yang membuat kamu lebih nyaman dan tak perlu khawatir dengan adanya risiko yang besar. Dengan begitu, keuntungan yang didapat bisa lebih awet.

2. "Hasilkan sebanyak yang kamu bisa, hemat sebanyak yang kamu bisa, investasikan sebanyak yang kamu bisa, berikan sebanyak yang kamu bisa." - John Wesley

Untuk menjadi kaya, mudah saja asalkan mau tekun pada pendirian. Lakukan apa yang diutarakan oleh John Wesley, mulai dari mendapatkan penghasilan, menghemat, dan juga investasi.

3. "Ketika kamu berinvestasi, kamu membeli satu hari di mana kamu tidak perlu bekerja." - Aya Laraya

Dengan melakukan investasi, Kamu bisa membuat keuangan menjadi lebih aman di kemudian hari. Bahkan, jika investasi dilakukan mulai hari ini, kemungkinan di masa depan atau tua, Kamu tidak perlu bekerja karena hasil dari invetasi sudah bisa mencukupi keseharian.

4. "Kekayaan tidak ditentukan oleh kinerja investasi, tetapi oleh perilaku investor." - Nick Murray

Investasi menjadi andalan yang tepat bagi yang ingin kaya di masa depan. Namun, investasi yang dilakukan akan sia-sia, jika kamu sebagai investor masih berperilaku boros dan tidak bijak dalam mengelola keuangan.

5. "Pengeluaran yang bijaksana adalah bagian dari investasi yang bijaksana. Dan tidak ada kata terlambat untuk memulai." - Rhonda Katz

Bagi kamu yang sudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan, kelola semua pengeluaran keuangan dengan baik. Bukan berarti, setiap belanja di mall atau e-commerce dicatat dengan detail. Perilaku seperti ini tidak bijak dalam mengelola keuangan, sebab sebaik-baiknya pengeluaran adalah yang bermanfaat, salah satunya untuk investasi.

6. "Bukan berapa banyak uang yang kamu hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang kamu simpan, seberapa keras itu bekerja untukmu, dan berapa banyak investasi yang kamu simpan." - Robert Kiyosaki

Percuma saja jika gaji atau penghasilan yang diperoleh besar, tapi tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Bahkan, Kamu terbiasa untuk belanja produk yang sebenarnya belum diperlukan. Hal ini tentunya hanya akan membuat Kamu boros dan kondisi keuangan menjadi buruk.

Untuk memiliki keuangan yang baik dan bisa menjadi kaya di suatu saat nanti, kamu bisa bekerja lebih keras dan banyak melakukan investasi. Dengan begitu, keuangan akan lebih jelas dan jumlahnya akan semakin besar di keesokan harinya.

Baca Juga: Jadikan Kasus Winda Earl vs Maybank Pelajaran, Ini Tips Aman Menabung di Bank

Menabung dan Investasi Bisa Membuat Kehidupan Lebih Cerah

Selain memiliki karir yang bagus, ternyata menabung dan melakukan investasi juga mendukung kamu memiliki kehidupan yang lebih cerah. Sebab, dengan menabung dan investasi, keuangan akan lebih terkendali dengan baik, sehingga kehidupan akan berjalan lancar. Beda halnya, jika kamu bekerja dan berbisnis tapi hanya menghambur-hamburkan uang, tentunya akan membuat keuangan buruk yang pada akhirnya membuat kehidupan menjadi buruk juga.

Baca Juga: Biar Tak Boros, Begini Tips Menabung Seminggu Sekali