Mau Cepat Kaya? Ini 7 Gaya Hidup yang Mesti Diubah

Kekayaan yang dimiliki oleh seseorang bukan sekedar faktor keberuntungan semata. Faktanya, banyak orang yang berjuang keras untuk mengubah hidupnya, dari yang biasa saja menjadi kaya raya. Perjuangan ini dimulai dari mengubah beberapa gaya hidup yang dapat menyebabkan ketidakstabilan finansial. 

Mau jadi orang kaya? Pastikan Anda berhasil mengubah beberapa gaya hidup berikut untuk mendapatkan finansial yang lebih sehat:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rubah Kebiasaan Buruk saat Berbelanja

belanja

Jika Anda tipikal orang yang berbelanja karena ingin berburu diskon, berubahlah. Akibat harga barangnya sedang diskon, Anda jadi tergiur untuk berbelanja di luar dari apa yang dibutuhkan. Jadi bukannya makin hemat, kebiasaan ini justru memicu membengkaknya pengeluaran.

Kapanpun ingin berbelanja, pastikan Anda sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Patuhilah daftar ini agar uang yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan.

Tak perlu tergiur dengan harga barang yang murah. Toh, Anda juga tidak membutuhkannya saat ini, jadi untuk apa dibeli? 

2. Menabunglah, tapi Jangan Lupakan Investasi

menabung dan investasi

Rata-rata orang kaya menyisihkan gajinya untuk berinvestasi karena adanya keuntungan yang menjanjikan, misalnya deposito. Suku bunga rata-rata untuk deposito sebesar Rp10 juta adalah 5,5% per tahun. Jadi dalam setahun, keuntungan bersih yang bisa dinikmati adalah berkisar Rp500 ribu.

Cukup lumayan, kan? Hanya dengan menitipkan uang di bank, Anda bisa menikmati keuntungan yang sejatinya akan terus meningkat sesuai dengan nominal uang yang didepositokan di bank.

Anda hanya perlu menyisihkan 10-20% dari gaji untuk investasi. Lakukan secara konsisten agar nominalnya bertambah, keuntungan yang dapat dinikmati pun lebih maksimal.

Baca Juga: Milenial, Simak Nasihat Para CEO Ini dalam Mengatur Uang

3. Negosiasikan Gaji Anda dengan Atasan

negosiasi gaji

Kerja bertahun-tahun, tapi gajinya segitu-segitu saja? Jika Anda kurang puas dengan nominalnya, maka sekarang saatnya untuk menegosiasikan gaji dengan atasan. Bila gaji meningkat, jumlah yang ditabung dan diinvestasi otomatis akan meningkat.

Memang, prosesnya tidaklah mudah. Permintaan Anda mungkin diabaikan, tapi jangan lekas putus asa. Tetaplah berusaha hingga pada akhirnya atasan berkenan untuk menaikkan gaji.

Jika gaji sudah naik, tolong kelola gaji dengan baik. Hindari kebiasaan foya-foya, lebih baik uangnya disimpan untuk kepentingan lain yang bisa membantumu menjadi kaya raya. 

4. Cari Sumber Pemasukan Lain

freelancer

Ketahuilah kalau orang kaya pada umumnya tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan saja, melainkan dua atau tiga sekaligus. Logikanya, semakin banyak sumber pemasukan, maka semakin terjamin pula hidup dalam satu bulan. Atau bahkan terkesan berlebih apabila nominalnya besar. 

Kalau memang bisa, Anda pun harus belajar untuk melakukan hal yang sama. Cari pekerjaan lain yang sekiranya bisa memberimu uang tambah setiap bulan. 

Berapa pun nominalnya nanti, setidaknya Anda bisa gunakan untuk menambah tabungan maupun investasi. Alhasil, uangnya tidak habis untuk hal-hal yang sama sekali tidak termasuk dalam kebutuhan bulanan Anda.

5. Pelajarilah Hal-Hal baru yang Menguntungkan Finansial

belajar hal baru

Keahlian pun cukup membantu untuk mencapai finansial yang lebih baik. Anda bisa manfaatkan skill tersebut untuk membuka les, tempat kursus atau pelatihan, dan menggeluti pekerjaan part-time untuk menghasilkan pemasukan yang lebih besar setiap bulan. 

Sementara untuk skill-nya bisa menyesuaikan dengan kemampuan sekaligus bakat yang melekat dalam dirimu. Misalnya, Anda yang hobi komputerisasi bisa ikut pelatihan pembuatan software yang diselenggarakan di gedung atau universitas terdekat di kota tempat tinggal.

Apabila penguasaannya sudah baik, Anda bisa langsung aplikasikan ilmunya dan dapat uang. Yang pasti, Anda harus lebih serius menggeluti bidang ini karena prospek jangka panjangnya sangat menjanjikan.

6.Berpikirlah seperti Orang kaya

berpikir seperti orang kaya

Berpikirlah seperti orang kaya, yang punya banyak uang, bisa pergi ke mana saja yang diinginkan.  Tidak apa-apa, meskipun sekarang Anda belum punya uang yang banyak. Hal inilah yang akan memotivasimu untuk lebih giat mencari pundi-pundi rupiah, bahkan semangat melewati tantangan finansial yang sekarang. 

Anda tidak perlu takut gagal, apalagi diomongin orang lain. Percayalah kalau segala sesuatunya adalah mungkin, jadi Anda bisa melangkah dengan penuh percaya diri untuk mengejar pundi-pundi kekayaan.

Tekad kuat yang diimbangi dengan pola pikir dan tindakan benar, perlahan-lahan akan membawa Anda pada apa saja yang diinginkan. Jangan khawatir, ya!

Baca Juga: 25 Kata-kata Inspirasi dari Orang Terkaya Dunia

7. Bergaul dengan Orang-Orang Kaya

bergaul dengan orang kaya

Lingkungan pergaulan akan mengubah pola pikir dan kebiasaan Anda sehari-hari. Pola pikir yang tadinya ortodoks, perlahan-lahan akan menjadi terbuka. Kebiasaan malas pun akan terkikis secara perlahan, digantikan dengan sikap disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah.

Itu sebabnya ketika ingin menjadi kaya, Anda harus mulai berteman dengan orang-orang kaya. Tidak hanya di kantor, tapi juga di dalam sebuah komunitas atau di mana saja berada.

Tapi ingat, jangan sampai terikut arus kebiasaan yang kurang baik, seperti berfoya-foya. Beberapa orang kaya suka melakukannya, jadi Anda harus bisa menjaga diri dengan baik sehingga pendirianmu tidak mudah goyah.

Hadapi Tantangan dengan Mental yang Kuat

Itu dia beberapa gaya hidup yang mesti diubah kalau ingin menjadi kaya. Pastikan Anda punya mental yang kuat, karena proses untuk menjadi kaya sangat panjang. Bahkan Anda harus melewati banyak tantangan sebelum akhirnya berhasil mewujudkannya. Semangat!

Baca Juga: 7 Orang Tersohor ini Dulunya adalah Seorang Buruh