Kenali 4 Gangguan Retina Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya

Penting untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan baik, bahkan sejak masih berusia dini. Berbagai kebiasaan yang dimiliki seseorang, bisa saja ikut serta mempengaruhi kesehatan mata. Banyak bagian mata yang sangat rentan terkena gangguan, salah satunya retina mata yang merupakan lapisan tipis yang terdapat pada area belakang mata.

Di dalam praktiknya, retina mata akan menangkap cahaya dari berbagai objek dan mengelolanya dengan sedemikian rupa, sehingga bisa dikirim lewat saraf optik ke bagian otak. Pada bagian pusat saraf inilah terdapat makula, bagian penting lainnya yang akan membuat Anda memiliki kemampuan untuk melihat objek tersebut. 

Jika bagian retina mengalami kerusakan, maka sudah jelas kemampuan penglihatan Anda juga akan terganggu. Sebaiknya, ketahui beberapa gangguan retina mata yang membuat kemampuan penglihatan menjadi menurun, agar Anda bisa menjaga kesehatan mata menjadi lebih baik:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

4 Gangguan Retina Mata

gangguan mata
Gangguan retina mata

1. Retinopati diabetik

Retinopati diabetik merupakan komplikasi dari penyakit diabetes, di mana terjadi penyumbatan pembuluh darah di sekitar area retina mata. Kondisi ini terbilang buruk dan bisa membuat area retina mata mengalami bengkak atau bahkan kebocoran. 

Pembengkakan ini bisa menimbulkan terbentuknya pembuluh darah yang baru di area retina mata. Hal ini sangat rentan dan bisa menimbulkan masalah penglihatan, sebab pembuluh darah yang baru ini pada umumnya sangat rapuh dan mudah pecah. 

2. Degenerasi makula

Degenerasi makula merupakan kondisi gangguan penglihatan lainnya yang wajib diwaspadai. Kondisi ini terjadi akibat menurunnya kemampuan penglihatan akibat terjadinya kerusakan di bagian pusat retina mata (makula). Pada dasarnya, degenerasi makula ini lebih rentan dan sangat sering diderita oleh para orangtua yang sudah lanjut usia.

3. Ablasi retina

Ablasi retina merupakan kondisi kerusakan pada mata, dimana retina mata lepas dari bagian jaringan penyangganya. Kondisi ini termasuk dalam masalah yang sangat serius dan bisa menimbulkan kerusakan fatal pada penglihatan. 

Ablasi retina harus ditangani dengan segera oleh ahlinya, sebab kondisi ini bisa menimbulkan kebutaan permanen bagi yang mengalaminya.

4. Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan kanker mata yang dapat berakibat fatal bagi penglihatan. Kanker langka ini banyak diidap oleh anak-anak, terutama balita.

Retinoblastoma bisa ditandai dengan adanya refleks mata kucing pada area mata, yakni timbulnya pantulan cahaya putih di bagian pupil mata saat terkena bias cahaya atau blitz kamera.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Retina Mata

mata sehat
Cara menjaga kesehatan retina mata 

Tak perlu khawatir, gangguan retina mata tersebut tentunya bisa dihindari dengan melakukan berbagai cara mudah seperti berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dair berbagai sumber. 

1. Konsumsi asupan makanan yang bergizi

Makanan yang bernutrisi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh, termasuk berbagai penyakit di retina mata.

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang tepat. Penuhilah asupan vitamin dengan baik, seperti: vitamin A, C, dan E, lutein, zinc, serta asam lemak omega-3. Ada banyak sumber vitamin yang bisa Anda jadikan pilihan, mulai dari kacang-kacangan, ikan laut, telur, sayuran hijau, buah-buahan, dan yang lainnya.

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

2. Pakai kacamata hitam

Hindari paparan langsung sinar ultraviolet (UV) ke mata, sebab hal ini berisiko menimbulkan berbagai masalah mata, termasuk degenerasi makula dan juga katarak. Jika ingin beraktifitas di luar ruangan di saat siang hari, pastikan Anda menggunakan kacamata hitam khusus untuk mengatasi sinar UV. 

Baca Juga: Cara Beli Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan

3. Beri waktu istirahat pada mata

Bekerja sepanjang hari di depan komputer atau bahkan terlalu lama memandang layar ponsel, mata Anda tentu akan lelah. Kondisi ini bisa membuat penglihatan menjadi kabur, mata kering, bahkan rasa nyeri di kepala karena terlalu lama fokus pada layar komputer dan ponsel. 

Jangan paksa mata bekerja terus menerus seperti ini. Biasakan untuk berhenti sejenak dan mengalihkan pandangan selama 20-30 detik dari layak komputer dan ponsel, setidaknya sekali dalam setiap 20 menit.

4. Jangan merokok

Merokok juga bisa membawa banyak dampak negatif bagi kesehatan mata. Banyak penyakit mata yang bisa timbul akibat hal ini, antara lain: kerusakan pada saraf optik, katarak, degenerasi makula, dan bahkan kebutaan permanen. 

Jika selama ini Anda termasuk perokok, maka berhentilah merokok mulai saat ini. Hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan retina mata dan juga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Pahami Dampak Buruknya dan Mulai Hidup Sehat

Retina mata menjadi bagian penting dan sangat mempengaruhi kemampuan melihat Anda. Jangan abaikan hal ini, sebab berbagai gangguan pada area retina bisa saja fatal dan bahkan menimbulkan kebutaan. Pahami berbagai dampak buruknya dan mulailah melakukan hidup sehat dengan melakukan kegiatan yang seimbang antara mengkonsumsi makanan yang bergizi, bekerja tepat waktu dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, retina mata tetap sehat dan berfungsi dengan normal.

Baca Juga: Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata