Daftar 12 Anime Terbaik dari Kyoto Animation, Bisa Jadi Rekomendasi Tontonan Kalian!

Salah satu studio animasi yang menghasilkan anime-anime terbaik ini didirikan sejak Juli 1985 lalu oleh pasangan suami dan istri, yakni bernama Youko Hatta serta Hideaku Hatta. Kendati demikian, pada awal didirikan, Kyoto Animation justru lebih berfokus melakukan finishing yang diproduksi oleh perusahaan lain.

Meski demikian, lambat laun Kyoto Animation mulai mengembangkan produksi dari perusahaannya sendiri. Berbagai anime dihasilkan dari studio animasi ini, diantaranya adalah ada Violet Evergarden, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Clannad, K-On! Hingga Nichijou.

Buat kalian para pecinta anime, berikut adalah rekomendasi karya terbaik yang diproduksi oleh Kyoto Animation dan bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian. Ini rangkumannya berdasarkan tahun perilisannya;

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Full Metal Panic? Fumoffu (2003)

    loader

    Anime terbaik pertama yang bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian hasil produksi dari Kyoto Animation adalah Full Metal Panic? Fumoffu yang mana spin off dari Full Metal Panic! Season ini cukup berbeda karena menghadirkan cerita yang menekankan aspek komedi serta romantis di sekolah menengah atas (SMA).

    Cerita dalam Full Metal Panic? Fumoffu bermula saat Sousuka Sagara yang kembali ke SMA Jindai untuk melindungi aset perang yang berbahaya, dan Kaname Chidori dari ancaman apapun. Namun dikarenakan kurangnya keterampilan bersosial membuat pengalaman kehidupan dari Sagara menghasilkan situasi yang lucu namun tetap berbahaya.

  2. The Melancholy of Haruhi Suzumiya (2006)

    loader

    Kalau anime yang satu ini diadaptasi dari sebuah novel karya dari Nagaru Tanigawa, yakni berjudul The Melancholy of Haruhi Suzumiya. Anime ini mengisahkan tentang seorang siswi yang cukup unik bernama Haruhi Suzumiya karena dirinya yang memiliki ketertarikan untuk bertemu dengan makhluk supernatural.

    Dengan dibantu teman sekelasnya yang bernama Kyon, Haruhi Suzumiya akhirnya mendirikan sebuah klub yang bernama ‘SOS Brigade’. Ia pun kemudian merekrut teman-teman sekolahnya yang lain untuk mewujudkan keinginannya bertemu dengan alien, makhluk supernatural dan pelintas waktu.

  3. Clannad (2007)

    loader

    Anime terbaik dari Kyoto Animation ini diadaptasi dari novel visual yang kemudian dibuatkan menjadi game atau permainan terlaris. Clannad sendiri mengisahkan tentang seorang anak bernama Tomoya Okazaki yang merasa hidupnya membosankan, dan meyakini kalau dirinya tidak berarti apa-apa.

    Bersama dengan salah satu temannya yang bernama Youhei Sunohara, ia berencana menghabiskan masa SMA dengan bolos sekolah. Kemudian, Tomoyo Okazaki bertemu dengan seorang perempuan bernama Nagisa Furukawa yang setelah pertemuan itu, dan mereka pun melewati segala bentuk masalah dan rintangan secara bersama-sama.

  4. Clannad: After Story (2008)

    loader

    Rekomendasi anime terbaik dari Kyoto Animation masih dari lanjutan cerita atau season kedua berjudul Clannad: After Story yang dirilis satu tahun kemudian dari penayangan Clannad. Dalam bagian ini, Tomoya dan Nagisa akhirnya memutuskan untuk menikah dan hidup bersama setelah melalui banyak masalah dan kesulitan, salah satunya adalah penyakit Nagisa.

    Cerita bermula ketika Nagisa yang meninggal dunia setelah melahirkan buah hati mereka bernama Ushio. Hal tersebut menyebabkan Tomoya menjadi sangat tertekan dan tidak bisa membesarkan anaknya, namun ia berusaha keluar dari masalah dan mengatasi depresinya dengan memutuskan untuk membesarkan anaknya sendiri.

  5. K-On!! (2010)

    loader

    Sekuel dari K-On ini rupanya masih menjadi anime terbaik yang diproduksi oleh Kyoto Animation. Cerita dalam bagian kedua ini masih melanjutkan kisah tentang klub music yang kini anggotanya sudah menjadi senior, namun terdapat satu-satunya anggota bernama Azusa Nakano yang merupakan tahun kedua dan akan merekrut anggota baru.

    Meski telah melakukan berbagai cara untuk merekrut anggota baru, seperti salah satunya menyebarkan brosur, membawa siswa ke klub dan tampil di upacara penyambutan, namun tidak ada tanda-tanda akan ada anggota baru. Lantas apakah mereka akan terus melanjutkan untuk merekrut anggota baru atau justru memutuskan untuk tidak menambahnya?

  6. Nichijou (2011)

    loader

    Popularitas dari anime produksi Kyoto Animation yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, pasalnya karya tersebut tidak hanya dirilis di Jepang dan wilayah Asia melainkan juga di Amerika Utara, Australia dan Selandia Baru. Nichijou sendiri memiliki arti setiap hari yang diadaptasi dari sebuah manga dari Keiichi Arawi.

    Terletak di pinggiran sebuah kota di Jepang, Nichijou dihuni oleh sekumpulan karakter yang menampilkan kehidupan sehari-hari mereka dengan keberagaman kebiasaan yang aneh. Maka dari itu, Nichijou menyuguhkan cerita unik dan mengandung banyak unsur komedi, sehingga bisa menjadi pilihan jika ingin menonton anime ringan.

  7. Hyouka (2012)

    loader

    Satu lagi anime terbaik dari Kyoto Animation dengan mengambil latar cerita tentang anak sekolah yang rupanya banyak memikat para penikmat anime hingga mancanegara. Hyouka sendiri mengisahkan tentang seorang siswa SMA Kamiyama bernama Houtarou Oreki yang harus tergabung dalam Klub Sastra Klasik di sekolahnya.

    Selain dirinya, ada pula beberapa teman sekolahnya yang bergabung dalam klub tersebut, yakni Eru Chitanda, Satoshi Fukube dan Mayaka Ibara. Kendati demikian, ketika berada di organisasi itu, Oreki merasa sifatnya yang kerap bermalas-malasan harus terhalang dengan berbagai macam permintaan dari Chitanda dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

  8. Love, Chunibyo & Other Delusions (2012)

    loader

    Love, Chunibyo & Other Delusions mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Yuta Togashi yang tengah mencoba membuang masa lalunya dengan sindrom chunibyo yang dimiliki. Chunibyo sendiri adalah perasaan dimana seseorang merasa kalau dirinya memiliki kekuatan mistik, dan mempercayai mereka berasal dari alam fantasi.

    Guna membuang jauh masa lalunya tersebut, Yuta hingga memutuskan untuk berpindah sekolah agar tidak ada yang mengenalinya. Namun di tengah usahanya untuk melupakan hal itu, ia justru bertemu dengan sosok wanita bernama Rikka Takanashi dimana ternyata juga memiliki delusi yang sama dengannya, lantas bagaimanakah kelanjutan cerita antara Yuta dengan Rikka Takanashi selanjutnya?

  9. Sound! Euphonium (2015)

    loader

    Anime yang diadaptasi dari serial novel karya Ayano Takeda ini berfokus pada sebuah klub musik di SMA Kitauji. Cerita dimulai ketika klub musik di sekolah tersebut mampu meraih banyak prestasi dan kerap berpartisipasi dalam turnamet nasioanal, namun situasi berubah ketika adanya pelatih baru.

    Kendati demikian, berkat adanya instruksi dari pelatih yang baru diangkat, para siswa yang tergabung dalam klub tersebut meningkatkan kembali usaha serta kemampuan mereka. Lantas apakah klub musik sekolah itu mampu kembali berpartisipasi dalam turnamen nasional?

  10. A Silent Voice (2016)

    loader

    Jika ingin menonton anime dengan suguhan cerita yang cukup berat, karya dari Kyoto Animation berjudul A Silent Voice ini layak untuk direkomendasikan. Pasalnya, film drama animasi yang digarap oleh sutradara Naoko Yamada tersebut memiliki cerita tentang  intimidasi, bunuh diri, kesehatan mental hingga penindasan.

    A Silent Voice berfokus pada kehidupan seorang siswa bernama Shoya Ishida yang melakukan perundungan terhadap Shoko Nishimiya, yakni siswa tuli yang baru pindah ke sekolahnya. Kejadian tersebut membuat Shoya memiliki reputasi sebagai pembuli hingga depresi, untuk menebus kesalahan itu , ia akhirnya berusaha mencari dan bertemu Shoko Nishimiya.

  11. Miss Kobayashi’s Dragon Maid (2017)

    loader

    Miss Kobayashi’s Dragon Maid menceritakan tentang pertemuan antara seorang pekerja kantoran bernama Kobayashi dengan seekor naga besar yang dilihat di seberang balkon rumahnya.  Lalu, pemandangan luar biasa terjadi ketika naga besar tadi berubah menjadi seorang gadis muda yang menggemaskan, dan energik dengan mengenakan pakaian khas pelayan bernama Tooru.

    Dikarenakan tidak memiliki tempat tinggal, Kobayashi pun akhirnya menawarkan Tooru untuk tinggal di rumahnya. Kehadiran Tooru di kediamannya tersebut pun mendatangnya sejumlah masalah, dan menarik datangnya naga, dewa dan makhluk mitos lainnya ke rumahnya.

  12. Violet Evergarden (2018)

    loader

    Anime terakhir ini merupakan karya terbaik dan terpopuler yang dihasilkan oleh Kyoto Evergarden, yakni berjudul Violet Evergarden yang ditayangkan sejak 2018 lalu. Cerita berawal ketika mantan tentara muda bernama Violet Evergarden sudah tidak lagi menjalankan tugasnya sebagai prajurit militer setelah perang berakhir.

    Setelah tidak lagi bertugas sebagai prajurit, akhirnya Violet Evergarden memutuskan untuk kembali beradaptasi dengan kehidupan masyarakat. Ia pun bekerja di sebuah perusahaan pos yang bertugas menuliskan surat yang dapat menghubungkan orang lain.

    Baca Juga: Ini Rangkuman Anime Terbaik dari A-1 Pictures, Manakah yang Jadi Kesukaan Kamu?

Anime dari Kyoto Animation Mana yang Terbaik Menurut Kalian?

Nah, berikut tadi adalah sederet rangkuman anime terbaik yang dihasilkan oleh Kyoto Animation. Karya-karya produksi studio animasi tersebut pun memiliki alur cerita, tema maupun genre yang berbeda-beda, namun menurut kalian anime mana yang paling bagus?

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik dan Seru