Yuk Ikut Maraton, Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia

Maraton merupakan salah satu olahraga yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Olahraga ini dilakukan dengan cara berlari dalam jarak tertentu, paling jauh 42.195 kilometer (Km), untuk diselesaikan oleh peserta.

Maraton dianggap sebagai salah satu cabang atletik paling bergengsi. Peserta maraton mencakup berbagai tingkat kemampuan dan kategori. 

Seiring berjalannya waktu, maraton semakin digemari banyak orang. Kini, olahraga ini juga tidak hanya dilakukan sebagai perlombaan resmi dengan syarat yang ketat.

Ada beberapa jenis maraton yang sering diadakan, seperti untuk merayakan momen tertentu atau untuk menggalang dana amal. Persyaratannya juga tidak terlalu ketat dan terbuka untuk umum sehingga bisa diikuti siapa saja. 

Jangan Asal Ikut, Ini Aturan Lomba Maraton yang Harus Kamu Tahu

loader

Banyak persiapan yang perlu dilakukan oleh penyelenggara dalam melaksanakan lomba maraton. Hal ini akan mempengaruhi dalam keberhasilan acara.

Ada beberapa aturan atau hal-hal yang harus dipertimbangkan demi mendukung lomba maraton. Berikut 8 hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan lomba maraton. 

1. Terdapat Jarak Maksimal dan Minimal

 Lomba maraton memiliki beberapa kategori yang diselenggarakan. Biasanya, lari maraton dimulai dengan jarak 5k, 10K, Half Marathon/HF (21K), dan Full Marathon/FM (42K).

Pilihlah jarak yang sesuai dengan kemampuan. Untuk first timer, dapat dimulai dengan melakukan 5K dulu. Setelah itu, bisa lanjut ke jarak yang lebih jauh dengan melakukan latihan yang benar terlebih dulu agar tubuh tidak “kaget”. 

2. Batas Waktu

Dalam sekali perlombaan dibutuhkan setidaknya 5 hingga 7 jam untuk jarak terjauh 42 kilometer. Namun, batas waktu juga bervariasi, tergantung pada jenis medan dan kondisi saat lomba berlangsung.

Pada dasarnya, lari maraton bukanlah adu cepat. Hal yang terpenting adalah menyelesaikan rute hingga garis finis. Jadi, kamu bisa mengambil waktu istirahat di tengah-tengah pertandingan atau menurunkan pace untuk menyimpan tenaga.

3. Jalur Lintasan yang Memadai

Salah satu pertimbangan penting untuk menyelenggarakan lomba maraton adalah medan atau lintasan. Jalan yang ditempuh oleh peserta harus rata, tidak ada halangan, dan bisa dilewati banyak orang.

Sementara itu, peserta juga harus berlari sesuai dengan rute yang telah disediakan. Peserta tidak boleh melewati jalan pintas, apalagi menggunakan kendaraan untuk mengurangi jarak tempuh.

4. Kategori Lomba

Lomba maraton dapat diikuti oleh semua orang, bebas untuk semua usia, golongan, dan jenis kelamin. Namun, ada juga lomba maraton yang dilaksanakan berdasarkan kategori, misalnya khusus untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga: Sehatkan Jantung dengan Jenis Olahraga Ini

5. Perlengkapan

Saat mengikuti lomba marathon, penyelenggara harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap. Mulai dari nomor peserta, tempat untuk garis start dan finish, hingga hadiah berupa piala atau medali.

Sedangkan, peserta juga harus menggunakan atribut maraton yang sesuai, mulai dari sepatu yang nyaman dan pakaian yang baik.

6. Kesehatan Fisik Peserta

Untuk mengikuti marathon, peserta harus dalam keadaan yang sehat. Beberapa penyelenggara lomba biasanya akan melakukan pengecekan kesehatan sederhana kepada peserta sebelum lomba dimulai.

Jika kamu berminat mengikutinya, persiapkan diri dengan matang dan jaga kondisi tubuh dengan baik. Pastikan untuk cukup tidur dan latihan sebelum mengikuti lomba.

7. Keamanan dan Kesehatan Lintasan

Penyelenggara wajib memastikan keamanan lintasan saat lomba berlangsung. Sebaiknya buat tim khusus yang akan menjadi tim keamanan untuk memantau dan memastikan tidak ada hal yang akan membuat lomba terkendala dengan melakukan pengecekan rutin.

Selain itu, sediakan fasilitas kesehatan seperti ambulan, tenaga kesehatan, perlengkapan serta obat-obatan sebagai pertolongan pertama.

8. Fasilitas yang Memadai

Penyelenggara juga harus menyediakan fasilitas penunjang lain, seperti ruang kesehatan dan minuman. Beberapa penyelenggara juga akan menyediakan booth untuk berfoto agar peserta bisa mengabadikan momennya.

Terkadang, penyelenggara juga menghadirkan booth makanan dan panggung hiburan. Meski tidak menjadi kewajiban, fasilitas ini dapat membuat suasana lomba semakin meriah. 

Itulah 8 aturan harus diadakan dalam penyelenggaraan lomba maraton. Persiapan yang matang akan mempengaruhi kelancaran acara. Selain itu, peserta juga harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh penyelenggara. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Manfaat Maraton untuk Kesehatan 

Seperti kebanyakan olahraga lainnya, maraton memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tak hanya menyehatkan, maraton juga dapat berdampak baik untuk kesehatan mental.

Namun, sebelum melakukannya, kamu harus melakukan berbagai persiapan, seperti melakukan latihan dengan rutin. Jika dilakukan dengan persiapan yang matang, maraton dapat memberikan banyak manfaat. Berikut 10 di antaranya. 

Jenis Manfaat Keterangan
Membakar kalori Lari maraton merupakan salah satu olahraga yang cepat membakar kalori. Dalam sekai maraton, tubuh dapat membakar hingga 2.600 kalori.

Untuk pemula, sebaiknya ikut lomba maraton setidaknya dua kali dalam setahun. Namun, jika ingin rutin, kamu bisa beralih ke jogging dan melakukannya sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu.
Meningkatkan kerja jantung Sebagai salah satu olahraga kardio, maraton juga baik untuk kesehatan jantung. Alasannya, karena otot jantung akan bekerja lebih banyak saat maraton sehingga ototnya akan lebih kuat.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan kapasitas dan kesehatan jantung saat maraton. Jika terlalu berlebihan, jantung juga akan terbebani dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 
Memperkuat otot Maraton merupakan olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi kuat. Sebab, seluruh otot tubuh akan bekerja saat kamu berlari. Selain itu, massa otot  juga akan bertambah sehingga tubuh akan lebih kuat.

Rutin maraton juga akan membuat tubuh lebih bugar. Tubuh juga tidak mudah lemas jika melakukan aktivitas fisik.
Menghilangkan stres Sama seperti jogging, maraton juga dapat menurunkan kadar stres. Hal ini disebabkan karena hormon kortisol yang menyebabkan stres akan berkurang saat berlari.

Berdasarkan penelitian, maraton juga membantu otak terhindari dari negatif stres sehingga kamu akan merasa lebih bahagia.
Media bersosialisasi
Momen maraton juga menjadi kesempatan yang baik untuk bertemu berbagai orang dari berbagai latar belakang. Kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang ikut maraton.

Jangan ragu ikut komunitas maraton agar lebih mengenal banyak orang. Biasanya, komunitas ini rutin mengikuti lomba maraton di berbagai daerah. Seru, ya!
 Tingkatkan kemampuan yang lebih jauh, kamu bisa menguji ketahanan dan kekuatan tubuh.

Biasanya, peserta akan latihan 2 hingga 3 bulan dengan melakukan jogging sebelum lomba maraton dimulai. Hal ini dilakukan untuk membiasakan tubuh dan meningkatkan performa serta endurance.
 Lebih percaya diri Ada kepuasan tersendiri jika kamu berhasil menyelesaikan maraton. Dengan pencapaian ini, kamu akan merasa lebih percaya diri pada kemampuan. Pencapaian itu semakin lengkap ketika menerima medali.
Meningkatkan daya tahan
Ketika mempersiapkan lomba, biasanya peserta akan melakukan latihan yang intensif. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika tubuh lebih bugar, tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah sakit. Kamu pun akan memiliki stamina lebih banyak dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes Maraton juga disebut dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

Selain itu, maraton juga dapat menurunkan risiko obesitas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, maraton memang mampu membakar banyak kalori sehingga lemak dalam tubuh akan mudah luruh.
Pengalaman baru yang seru Jika baru pertama kali ikut maraton, kamu akan merasakan pengalaman seru yang tidak terlupakan. Berlari dengan jarak tertentu, menguji ketahanan, dan sambil melihat pemandangan dan lingkungan akan jadi hal yang menyenangkan.

Belum lagi jika kamu bertemu dengan banyak orang dan berinteraksi dengan mereka. Bagi first timer, momen ini akan menjadi kenangan berbeda dari olahraga lainnya. 

Itulah 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti lomba maraton. Jika berminat berpartisipasi, jangan lupa persiapkan diri dengan matang dengan melakukan diri dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Senam Pilates dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Lari Maraton: Pengalaman yang Menyehatkan

Maraton merupakan olahraga kardiovaskular yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, kamu harus melakukan berbagai persiapan fisik dan mental yang serius.

Dengan mengikuti lomba maraton, kamu akan merasakan pengalaman olahraga yang seru dan menyenangkan. Yuk, mulai persiapkan diri untuk ikut maraton!

Baca Juga: Yuk Senam Aerobik! Biar Raga Jadi Lebih Sehat