Mengenal Senam Pilates dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pilates merupakan rangkaian gerakan yang lambat, metodis dan membutuhkan konsentrasi serta akurasi yang disertai dengan pernapasan yang terkontrol baik. Pilates adalah olahraga yang tidak masuk dalam kategori kardio. 

Namun di lain sisi, olahraga pilates ini justru sering dianggap sebagai olahraga yang mudah diadaptasi, sehingga olahraga yang satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang baru akan mengenal aktivitas olahraga atau bahkan bagi mereka yang baru saja pulih dari cedera. 

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Ringan untuk Menjaga Tubuh Fit selama Puasa

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pilates Memiliki Banyak Keunggulan

loader

Pilates

Pada dasarnya, pilat bukanlah sekedar sebuah rutinitas olahraga semata. Olahraga pilates terdiri dari gerakan-gerakan yang memberi keseimbangan, memberi dampak pengencangan pada otot, memberi lebih banyak fleksibilitas dan peregangan, di mana semua hal ini harus terkoneksi dengan pikiran. 

Pilates adalah olahraga yang akan mengajarkan bagaimana caranya bergerak dan ke mana arah gerakan tubuh tersebut harus dilakukan. Hal ini akan membuat manfaat pilat menjadi lebih terasa pada tubuh, sehingga tujuan untuk melakukan senam yang satu ini bisa dicapai dengan baik.

Di dalam prakteknya, olahraga pilates akan diarahkan oleh seorang pelatih yang sudah berpengalaman, di mana pelatih tersebut akan mengarahkan bagaimana cara untuk menggerakkan tubuh dengan benar. Hal ini akan membuat tujuan senam pilat itu sendiri bisa dicapai dengan baik. 

Selain untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik, pilates adalah senam yang bisa dilakukan untuk meminimalisir rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh sesuai dengan arahan pelatih pilates itu sendiri. 

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa senam pilat ini banyak mendapatkan dukungan dari para ahli kesehatan, seperti: ahli bedah, fisioterapis, ahli osteopati, dokter umum, dan bahkan ahli terapi fisik. 

Selain mendukung kekuatan inti serta meningkatkan fleksibilitas, olahraga pilates juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Berbagai manfaat ini tentu hanya bisa didapatkan jika pilates dilakukan dengan gerakan yang benar dan sesuai dengan kebutuhan/tujuan tubuh. 

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Pilates Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh 

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga pilates: 

  1. Meningkatnya Kepadatan Tulang

    Senam pilat bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan baik, sehingga kondisi tulang menjadi lebih kuat. Senam yang satu ini diketahui bisa memberikan manfaat pembentukan tulang yang sangat positif. 

    Hal serupa juga disampaikan oleh Elizabeth Ordway, seorang instruktur Pilates dan pendiri Movement Studio LA. Menurutnya, tulang memiliki kemiripan dengan otot, yakni bisa merespon gerakan latihan dan juga menahan beban. 

    Latihan ketahanan akan melibatkan otot-otot yang menarik tulang untuk mendorong terciptanya ketegangan yang bisa menguatkan tulang itu sendiri. Pada pilates, resistensi yang dihasilkan bersumber dari pegas reformer serta cincin pilates itu sendiri. 

  2. Pilates Bakar Kalori

    Pilates adalah olahraga yang tidak membakar kalori dalam jumlah yang sangat besar, sebagaimana dalam olahraga lari. Namun pada dasarnya, olahraga yang satu ini tetap bisa membakar kalori dalam tubuh. 

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan IDEA Health and Fitness Association, olahraga pilates yang dilakukan di kelas pemula bisa membakar 4 kalori per menitnya. Sedangkan kelas menengah adalah sebanyak 6 kalori per menitnya, dan kelas lanjutan sebanyak 7,5 kalori per menit. 

    Namun tingkat pembakaran kalori di dalam tubuh tentu akan dipengaruhi oleh banyak hal, seperti: tingkat kebugaran, intensitas olahraga, dan juga kondisi kebugaran seseorang. Jika ingin lebih efektif, olahraga ini tentu akan memberi hasil maksimal ketika dijalankan bersamaan dengan diet yang sehat.

  3. Meredakan Sakit Punggung

    Pilates juga bisa meningkatkan kekuatan inti tubuh yang akan menopang punggung. Bukan hanya itu saja, gerakan senam ini juga bisa meningkatkan keselarasan dan memberi peregangan pada bagian otot punggung yang kaku, sehingga menjadi lebih lentur. 

    Pilates adalah senam yang dapat mengatasi ketidak seimbangan dasar yang kerap menjadi penyebab tidak tegaknya postur tubuh dan juga timbulnya rasa sakit pada area punggungRoll-up dan swan prep merupakan senam pilates yang secara khusus bisa memperkuat bagian tulang belakang.

  4. Memperkuat Tubuh Inti 

    Mimosa Gordon, seorang instruktur pilates dari New York mengatakan bahwa, senam pilates merupakan latihan tubuh yang menyeluruh, namun tetap fokus pada bagian panggul serta otot-otot tubuh lainnya. Inilah alasan mengapa tubuh inti merupakan bagian utama dari senam yang satu ini. 

    Pilates akan memperkuat bagian otot perut dan juga otot obliques, bahkan jauh lebih baik dari yang didapatkan dalam crunch tradisional. Pilat akan disadarkan pada kontraksi otot perut dengan efisien pada setiap sesi latihannya. Selain itu, senam ini juga berfokus pada keselarasan serta bentuk yang tepat, di mana perut harus bekerja dengan efektif dalam setiap sesi latihan.

  5. Membantu Mencegah Terjadinya Cedera

    Secara garis besar, pilates memang bisa meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan juga keseimbangan tubuh. Semua hal ini akan membantu mengurangi terjadinya resiko cedera pada tubuh.

    Jika kelenturan hamstring meningkat, maka kemungkinan mengalami cedera pada area punggung ketika membungkuk bisa saja terjadi. Namun sebaliknya, saat kekuatan tubuh dibangun melalui senam pilates, maka tubuh akan memiliki kontrol gerakan yang cukup baik, sehingga resiko cedera bisa diminimalisir. 

    Bukan hanya itu saja, pilates juga bisa meningkatkan keseimbangan tubuh dan membantu tubuh meminimalisir risiko jatuh. Senam yang satu ini juga dapat meningkatkan kesadaran tubuh dalam menciptakan pola gerakan-gerakan yang efisien, sehingga risiko stres pada area sendi, otot, ligamen, dan juga tendon bisa dicegah. 

  6. Menjadi Cross-Training Workout yang Tepat 

    Mengkombinasikan olahraga secara berkala merupakan salah satu cara untuk menghindari risiko cedera. Di antara banyak jenis olahraga, pilates bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. 

    Senam yang satu ini bisa menjadi olahraga kombinasi bagi pelari, sebab pilates memiliki serangkaian latihan inti yang akan membantu tubuh tetap seimbang. Selain meningkatkan mekanisme ketika berlari, pilates juga bisa melatih gerakan pada bagian sendi pinggul dengan baik. 

  7. Memperbaiki Postur Tubuh 

    Ada banyak rutinitas seringkali membuat postur tubuh menjadi buruk atau bahkan membungkuk, seperti: bekerja terlalu lama di depan komputer, menggunakan smartphone dengan posisi menunduk dalam waktu yang panjang, dan yang lainnya. 

    Senam Pilates bisa membantu postur tubuh kembali tegak dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Senam ini tidak hanya sekedar melatih otot, namun juga mengembalikan kekuatan tubuh yang telah hilang dan menciptakan keseimbangan yang baik pada tubuh. 

  8. Membangun Daya Tahan Kardiovaskular

    Sebagaimana latihan pada umumnya, manfaat yang bisa didapatkan dari pilates tentu akan sangat tergantung pada intensitas dalam melakukannya. Jika dilakukan secara rutin, senam ini akan memberikan dampak positif pada tubuh secara keseluruhan.

    Gerakan tingkat lanjut pada pilates akan membantu meningkatkan detak jantung, sehingga bisa membuat kinerja organ tersebut menjadi lebih baik. Namun berbagai latihan yang dilakukan dalam posisi tengkurap atau duduk, pada umumnya hanya memiliki intensitas rendah dan tidak memberi dampak besar pada tubuh. 

  9. Mengurangi Tingkat Stres

    Pilates juga bisa mengurangi ketegangan pada saraf dan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Senam pilates bahkan bisa mengurangi tingkat stres yang terjadi pada tubuh dengan cara yang cepat.

    Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam pilat pada umumnya menggunakan “prinsip napas” dan ini adalah manfaat terbesar yang bisa didapatkan dari senam ini. Gerakan pilates akan membantu sistem saraf pusat menjadi turun dan menimbulkan efek menenangkan pada tubuh.

  10. Membantu Mendapatkan Tidur yang Berkualitas 

    Selain semua manfaat di atas, senam pilates juga bisa membantu tubuh mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Hal ini bisa didapatkan, sebab tubuh akan menjadi lebih rileks dan santai selama dan setelah melakukan senam yang satu ini secara rutin. 

    Pilates akan membantu pikiran tetap fokus pada apa yang terjadi sekarang, dan bukan pada kecemasan masa lalu atau bahkan masa depan. Ketenangan seperti ini tentu akan membuat tubuh lebih mudah untuk tertidur. 

Lakukan dan Dapatkan Manfaat Terbaik Pilates 

Pilates adalah salah satu olahraga yang belakangan ini begitu populer dan cukup banyak diminati. Selain bisa membuat bentuk tubuh menjadi lebih baik, pilates juga memiliki banyak manfaat positif lainnya bagi kesehatan. Lakukan senam pilates dengan cara yang tepat, agar berbagai manfaat terbaik dari olahraga ini bisa dinikmati.

Baca Juga: 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kementrian Kesehatan RI!