Trombosit Darah Menurun? Segera Konsumsi Makanan untuk Menaikkan Trombosit Berikut Ini!

Pernahkah mengalami gejala terganggunya kesehatan, seperti Demam Berdarah (DBD)? Atau juga kondisi, seperti leukemia, autoimun, pembesaran limpa, dan kondisi-kondisi serupa? Ketika terkena penyakit ini, sel darah yang biasa membantu pembekuan darah atau dikenal sebagai trombosit akan mengalami penurunan.

Penurunan ini menunjukkan jumlah trombosit yang rendah. Jika dibiarkan, akan memberikan risiko tinggi terhadap tubuh. Lalu, bagaimana agar trombosit di dalam tubuh dapat naik kembali? Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi makanan untuk menaikkan trombosit. 

Makanan tersebut bisa didapatkan dengan mudah juga dengan harga yang terjangkau. Berikut daftar makanan untuk menaikkan trombosit. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Si Manis Makanan untuk Menaikkan Trombosit

loader

Untuk yang suka dengan makanan manis kaya akan serat, vitamin, dan mineral esensial, serta sedang mengalami kondisi penurunan trombosit, kamu bisa mengonsumsi beberapa buah-buahan berikut ini sebagai makanan untuk menaikkan trombosit.

1. Buah Kurma 

Bukan hanya bisa dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma juga bisa dikonsumsi menjadi makanan untuk meningkatkan trombosit. Buah kurma memiliki kandungan tinggi akan mineral, fitonutrien, dan vitamin. Kandungan vitamin K dalam buah ini bisa meningkatkan trombosit dalam tubuh. 

Buah kurma bisa dijumpai di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional, pasar modern, hingga toko online. Dengan kisaran Rp35.000 per gram, buah ini bisa dicicipi dan rasakan manfaat baiknya.

2. Buah Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki kandungan zat aktif di dalamnya sehingga bisa membantu merangsang Trombopoietin lebih aktif. Dengan aktifnya, Trombopoietin ini akan menghasilkan sel darah yang banyak. Buah ini bisa dibeli dengan harga Rp25.000 per kilogram. 

3. Buah Delima

Buah delima adalah buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang mampu menjadi makanan untuk menaikkan trombosit dalam darah. Harga buah delima di pasaran berkisar Rp51.000 per kilogram. 

4. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak kandungan vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan proses pembekuan darah. Dengan adanya vitamin K bisa merangsang tubuh untuk menaikkan trombosit. Buah ini bisa dibeli dengan harga Rp83.000 per kilogram.

5. Buah Jeruk

Menurunnya trombosit di dalam tubuh salah satu penyebab adalah kurangnya folat atau vitamin B9. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Buah jeruk dapat ditemui dengan mudah di pasaran dengan harga Rp20.000 per kilogram.

Makanan yang Kaya Akan Zat Besi untuk Menaikkan Trombosit

loader

Selain dari serat, vitamin, dan mineral, trombosit juga bisa bertambah ketika mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menaikkan trombosit. 

1. Daging Sapi

Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan sumber zat besi yang tinggi adalah daging sapi. Dilansir dari berbagai sumber daging sapi memiliki kandungan lemak sekitar 100 gram dan 2,7 miligram zat besi. Saat ini, harga daging sapi di pasaran berkisar Rp175.000 per kilogram. 

2. Sayur Bayam 

Sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang baik. Sebanyak 100 gram memiliki 5,7 mg zat besi untuk tubuh. Jika tidak bisa makan daging, maka bisa disiasati dengan mengonsumsi bayam. Harga bayam saat ini berkisar Rp30.000 per kilogram.

3. Hati

Salah satu jeroan yang paling banyak dikonsumsi pada bagian hati pada adalah hati sapi atau ayam. Sekitar 100 gram hati sapi segar memiliki kandungan zat besi mencapai 4 miligram. Kamu bisa membeli hati sapi dengan harga Rp45.000 per kilogram dan hati ayam dengan harga Rp4.400 per seratus gram.

4. Kacang

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan sumber zat besi. Secangkir kacang bisa mengandung 6,59 mg zat besi. Saat ini, harga kacang per kilogram bisa mencapai angka Rp23.000.

5. Kentang 

Kandungan zat besi pada kentang lebih banyak ditemui pada bagian kulitnya. Ketika mengonsumsi satu kentang tanpa dikupas kulitnya, maka kamu sudah mengonsumsi kentang dengan kandungan 2,9 mg zat besi. Harga kentang di pasaran bisa mencapai angka Rp20.000 per kilogramnya. 

Beberapa daftar makanan untuk menaikkan trombosit di atas bisa dikonsumsi untuk menjadi nutrisi yang membantumu menaikkan jumlah trombosit. Akan tetapi, jika kamu penderita trombosit rendah dan mengalami gejala yang membahayakan, seperti perdarahan tanpa didahului cedera, maka wajib segera mendatangi dokter. 

Karena masalah penurunan darah dalam tubuh biasa diatasi oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, maka kamu dapat segera mendatangi Dokter Spesialis Penyakit Dalam di kotamu. Biaya untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam beragam, bergantung kepada kasus medis dan lokasi praktik dokter. Namun, rata-rata besaran biayanya berkisar pada Rp300.000 hingga Rp1.000.000.

Konsumsi Secara Rutin Agar trombosit Cepat Naik

Jika didiagnosis memiliki kandungan trombosit yang menurun, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi secara rutin banyaknya makanan yang bisa menaikkan trombosit darah. Daftar makanan untuk menaikkan trombosit tersebut bisa dibeli di berbagai tempat. 

Namun, berbanding terbalik ketika mengalami kondisi ini secara serius, tidak hanya mengonsumsi makanan-makan tersebut, tetapi juga perlu memeriksakan diri dengan berkonsultasi ke dokter.