Mengenal Email Marketing dan Tips Sukses Menerapkannya di Dalam Bisnis

email marketing

Melakukan promosi bisnis secara online merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan angka penjualan yang maksimal. Hal ini dijalankan oleh banyak pebisnis tanah air, barangkali Anda salah satunya. Di antara banyak layanan yang kerap dipilih, email marketing menjadi salah satu yang paling populer dan dianggap efisien.

Selain lebih hemat biaya, email marketing juga dianggap bisa menyasar target yang lebih tepat dan sesuai dengan bisnis itu sendiri, sehingga angka penjualan bisa dicapai dengan lebih mudah.

Namun sebagaimana media promosi lainnya, Anda juga wajib membuat email marketing yang tepat dan sesuai dengan kepentingan bisnis. Hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan promosi bisnis tersebut dengan lebih mudah.

Email marketing haruslah menarik dan bisa mendatangkan angka penjualan di dalam bisnis, sehingga penting untuk membuatnya dengan langkah yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib Anda cermati ketika membuat email marketing:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mulai dengan Kata “Mengapa”

Mengapa mengirim email tersebut? Kenapa orang harus membaca email yang Anda kirimkan? Kenapa orang harus membeli produk Anda?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menjadi poin penting yang harus dipahami sejak awal, sehingga Anda bisa membuat email yang benar-benar menarik dan memberi respon positif bagi penerimanya. Anda harus bisa membuat penerima merasa perlu dan ingin sekali membuka email tersebut, bahkan dalam beberapa detik pertama setelah mereka menerimanya. 

2. Sampaikan Pesan dengan Jelas dan Mudah

Pembaca tidak akan tertarik dengan email yang panjang dan terlihat membosankan, Anda harus menghindari yang seperti ini. Tulislah email yang bisa menyampaikan pesan dengan detail, namun sekaligus menarik untuk dibaca dengan mudah. Sampaikan poin penting dengan jelas, sehingga tujuan Anda bisa ditangkap dengan cepat.

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah, seperti: penggunaan paragraf pendek, pemakaian bold pada keyword, pemakaian ilustrasi atau gambar pendukung, dan yang lainnya.

3. Pakai Kalimat Aktif

Jangan gunakan kalimat pasif di dalam email, sebab hal ini akan menutup peluang kesuksesan dalam pemasaran ini. Gunakan kalimat aktif dan mudah dipahami, sehingga pesan tersampaikan dengan baik. Hal ini akan mempermudah Anda membangun kepercayaan pembaca, termasuk mendapatkan respon yang lebih besar dalam bentuk pembelian dari mereka.

4. Gaya Bercerita

Bangunlah komunikasi yang hangat melalui email. Gunakan gaya bercerita di dalam email, seolah-olah sedang berhadapan langsung dengan pembaca. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah mempengaruhi pembaca dan membuat mereka mendapatkan respon positif dari email tersebut.

5. Jangan Gunakan Jargon

Jargon bisnis bukanlah sesuatu yang tepat untuk Anda sematkan di dalam email marketing, termasuk berbagai istilah asing lainnya. Upayakan untuk selalu menggunakan kata yang familiar dan mudah dipahami oleh banyak orang, sehingga pesan  tersampaikan dengan lebih mudah.

6. Buat desain yang menarik

Jangan lupa untuk membuat desain email semenarik mungkin, tanpa menghilangkan kesan profesional sama sekali. Hal ini akan membuat respon penerima menjadi lebih positif dan tertarik untuk membacanya secara detail.

Baca Juga: Jika Masih Ragu, Ini 5 Tips Atasi Rasa Takut Saat Memulai Bisnis 

Tips Membuat Email yang Bisa Mendatangkan Penjualan

email marketing

Jika Anda baru akan membuat email marketing untuk pertamakalinya, pastikan Anda sudah memahami berbagai hal penting di dalam pembuatan email ini. Jangan sampai tujuan tidak tercapai dengan maksimal, hanya karena email marketing yang tidak tepat dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Simak beberapa tips berikut ini, yang perlu dicermati saat membuat email marketing untuk bisnis;

  1. Ciptakan topik yang tepat untuk disampaikan kepada calon pembeli dan juga pelanggan
  2. Buatlah email yang menjadi solusi bagi permasalahan pelanggan, dan bukan email yang berisi tentang bisnis. Berikan 90% porsi email untuk konten positif, sedangkan 10% sisanya untuk informasi bisnis.
  3. Temukan ide segar untuk email dan pastikan pembaca tertarik membukanya, bahkan untuk meng-klik link yang Anda sematkan di sana.
  4. Tetaplah fokuskan email pada tujuan utama, di mana pembaca akan melakukan Call to Action (CTA) dan merespon Anda untuk melakukan transaksi pembelian.
  5. Hindari email yang panjang dan membosankan. Buatlah email yang singkat dan padat, sehingga pesan tersampaikan dengan mudah dan jelas.
  6. Pakai All Text untuk memudahkan pembaca mengakses semua informasi yang Anda sampaikan dengan jelas.
  7. Berikan akses yang mudah untuk unsubscribe, agar bisa lebih mudah mengelola pelanggan yang potensial saja.
  8. Kirimkan email dengan profesional dan hindari kesan spamming.
  9. Gunakan foto yang tepat dan memiliki relevansi dengan isi email yang Anda kirimkan.
  10. Jangan lupa untuk menguji/ mengecek email terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengirimkannya kepada banyak orang. Anda bisa mencoba mengirimkannya ke smartphone terlebih dahulu.

Baca Juga: 10 Tips Bisnis Frozen Food ini Bikin Jualan Laris Manis

Email Marketing Terbaik dan Sesuai untuk Bisnis Anda

Bagi yang ingin memperluas bisnis, Anda bisa menggunakan email marketing sebagai sarana pemasaran yang baru. Pastikan membuat email yang tepat dan profesional, sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pembaca. Selain itu, pilih pembaca yang tepat dan bisa berpotensi menjadi pembeli di dalam bisnis, agar tujuan bisa tercapai dengan baik.

Baca Juga: Memperhatikan Kebutuhan Konsumen Itu Penting untuk Kesuksesan Bisnis, Kenapa?