Membahas Ilmu Studi Koin dan Mata Uang, Ternyata Ini Pengertian Numismatics

Kamu pasti pernah membaca berita tentang seseorang yang berhasil menjual satu keping koin klasik yang langka dengan harga yang selangit. Bahkan, di Indonesia, belum lama lalu masyarakat dihebohkan dengan kabar koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit yang laku terjual hingga jutaan rupiah. Tapi, apakah kamu tahu bagaimana koin langka tersebut bisa dihargai sangat tinggi dan dianggap begitu bernilai?

Jawabannya karena ada sebuah ilmu studi khusus tentang koin dan mata uang yang disebut numismatics. Secara umum, numismatics adalah ilmu studi tentang media pembayaran dan juga atribut fisik yang dimilikinya, atau dalam bahasa awamnya koin dan beragam jenis unit mata uang lain. Bagi kamu yang tertarik atau memiliki hobi mengumpulkan koin atau mata uang yang langka, memahami tentang ilmu numismatika tentu sangat penting. 

Nah, jika kamu ingin tahu tentang apa itu numismatics, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Numismatics

loader

Numismatics, atau dalam bahasa Indonesia disebut numismatika, adalah sebuah ilmu yang mempelajari perwujudan fisik dari berbagai media pembayaran seperti mata uang. Pembahasan pada bidang studi ini juga mencakup koin dan biasanya melakukan penelitian terhadap cara pembuatan dan penggunaan dari koin tersebut untuk menentukan kelangkaannya. 

Dengan cakupan ilmu studi tersebut, numismatics biasanya dihubungkan dengan dunia penaksiran dan koleksi koin langka. Untuk mengetahui nilai sebuah koin, numismatics mempelajari tentang properti fisik, teknologi pembuatan, dan konteks sejarah dari spesimen mata uang. 

Terkait mata uang yang memiliki sifat kelangkaan dan bisa dikoleksi, ilmu numismatics memungkinkan sebuah mata uang atau komoditas ditransaksikan melebihi nilai dasarnya. Biasanya, mata uang yang telah ditarik peredarannya dan telah dianggap sebagai aset investasi akan ditaksir serta diketahui nilainya melalui analisis numismatics.  

Sejarah Kemunculan Ilmu Numismatics

Sebagai ilmu yang mempelajari dan menganalisis bagaimana masyarakat menggunakan uang, sekaligus aktivitas mengoleksi berbagai jenis mata uang, numismatics memiliki sejarah yang panjang. Kehadiran ilmu numismatika sendiri telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Tapi, untuk aktivitas mengoleksi koin baru dimulai ketika mata uang telah ditemukan dan dipraktekkan secara umum.

Penggunaan dari kata numismatics sendiri dalam bahasa Inggris dimulai dari tahun 1829. Sementara untuk organisasi yang membahas tentang ilmu studi ini salah satunya didirikan di  tahun 1859, yaitu the American Numismatic Society yang berada di New York. Seiring berjalannya waktu, numismatics terus berkembang dan kian populer. 

Bahkan, dengan kehadiran internet saat ini, numismatics semakin berkembang pesat, sekaligus memberikan daya tarik tersendiri pada aktivitas koleksi koin di seluruh dunia. Sehingga, potensi dan peran dari orang yang ahli di bidang numismatics atau numismatist terus dibutuhkan, sekaligus memiliki akses informasi tanpa batas terhadap keilmuan tersebut.  

Nilai Mata Uang Menurut Ilmu Numismatics

Karena karakteristik dan nilainya sebagai barang koleksi, mata uang langka bisa diperdagangkan di atas nilai dasar atau nilai komoditas dari unsur fisiknya. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu viral di Indonesia tentang nilai jual dari koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit mencapai angka jutaan rupiah. 

Daripada menggunakan uang tersebut untuk berbelanja sesuai nilai dasarnya, kolektor menariknya dari peredaran dan menjanjikannya sebagai barang koleksi atau aset investasi. Praktik ini mirip dengan hukum Gresham’s Law yang menyatakan jika melalui hukum yang legal, uang dengan nilai yang buruk memiliki nilai yang lebih tinggi apabila keluar dari peredaran pada pasar. Beberapa koin yang bisa dikoleksi tertentu bahkan kenaikan nilainya mencapai titik yang ekstrim sehingga peran dari numismatics ini penting untuk menakar hal tersebut. 

Cakupan Studi pada Ilmu Numismatics

Karena ada banyak jenis mata uang, koin, dan uang kertas, cakupan studi pada ilmu numismatics dibedakan ke beberapa sub bidang dengan fokus analisis berbeda. Berikut penjelasannya. 

Notaphily Exonumia Scripophily
Notaphily adalah bidang studi dan aktivitas mengoleksi uang kertas. Notaphilist adalah sebutan untuk seseorang yang menjadikan uang kertas, termasuk bank notes sebagai barang koleksi.  Exonumia adalah ilmu tentang koin, termasuk token, medali, dan obyek yang serupa lainnya. Koin yang menjadi obyek ilmu ini adalah koin yang digunakan sebagai mata uang, atau digunakan di peristiwa maupun pencapaian tertentu. Exonumia umumnya berfokus pada medali militer khusus yang diberikan sebagai penghargaan atas kontribusi saat perang atau ekspedisi militer.  Terakhir ada Scripophily, yaitu studi tentang sekuritas seperti saham dan sertifikat obligasi. Studi ini secara umum mengoleksi instrumen tersebut karena kecantikan, kelangkaan, dan aspek historisnya. Karena menganggap sertifikat atau surat berharga tersebut sebagai barang antik, hobi koleksi ini jauh lebih sulit untuk dipraktekkan dibanding dengan sub bidang keilmuan numismatics lainnya. 

Cara Menjadi Seorang Numismatist

Numismatist adalah sebutan untuk orang yang ahli di bidang numismatics. Individu dengan keahlian tersebut juga bisa disebut sebagai coin grader, atau seorang profesional yang mengoleksi, menganalisis, dan menentukan kualitas dari koin, mata uang, atau objek koleksi serupa lainnya. 

Di beberapa negara, untuk menjadi seorang numismatist, seseorang harus tergabung ke asosiasi numismatics, mengikuti sejumlah pelatihan khusus, dan lulus ujian tertentu. Di Amerika sendiri, ada program khusus yang terdiri dari 6 kursus agar seseorang bisa menjadi ahli numismatics. 

Tapi, untuk di Indonesia, numismatics belum menjadi profesi resmi yang harus melalui proses khusus agar diakui secara legal. Walaupun begitu, ilmu ini cukup banyak diminati oleh kalangan tertentu, terlebih ada banyak mata uang langka dan klasik yang kerap menjadi incaran para kolektornya di dalam negeri. 

Unik dan Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan, Apa Kamu Tertarik Mempelajari Numismatics?

Itulah penjelasan tentang numismatics sebagai ilmu yang mempelajari koin dan mata uang yang berhubungan dengan aktivitas penaksiran dan koleksi barang langka. Dengan mempelajari keilmuan ini, kamu bisa menjadikannya sebagai hobi dan profesi yang menghasilkan cuan. Nah, setelah memahami penjelasannya di atas, apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang numismatics ini?