Oatmeal dan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Gantilah menu sarapan Anda, dari nasi putih dengan oatmeal. Karena selain banyak mengandung serat yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan, oatmeal pun juga memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan diperlukan oleh tubuh.

Dengan semangkuk oatmeal hangat  sebagai menu sarapan pagi, Anda akan siap menjalankan semua aktivitas dengan lebih semangat dan penuh energi. Kaya akan nutrisi penting, jadi jangan heran jika oatmeal punya banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan yang tak perlu diragukan lagi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Kandungan Nutrisi dalam Oatmeal

loader

Dikenal sebagai satu dari sekian jenis makanan sehat, oatmeal merupakan tepung kasar yang dibuat dari biji gandum yang digiling kasar. Di dalam oat sendiri setidaknya ada banyak sekali jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebut saja, karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin kompleks, kalsium, magnesium, fosfor, folat, mangan, zat besi dan kalium. 

Mineral dan vitamin sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang diri, sekaligus menjaga tulang tetap sehat, metabolisme, jaringan tubuh, sistem daya tahan tubuh, dan berbagai proses metabolisme lainnya dalam tubuh.

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam oat, hampir sebagian besarnya berasal dari pati atau tepung halus. Kandungan serat pada oatmeal pun juga merupakan sebuah serat yang disebut dengan beta-glucan. Jenis serat tersebut yang memiliki peran untuk menurunkan kadar gula, kolesterol jahat, hingga insulin di dalam darah. 

Tak hanya kaya akan serat, mineral dan vitamin, oat juga kaya akan kandungan antioksidan yang ditengarai mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit sistem kardiovaskular termasuk jantung.

Berbagai Manfaat Baik Oatmeal untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

loader

Dengan melimpahnya nutrisi yang ada di dalamnya, mengkonsumsi lezatnya bubur oatmeal sehat pastinya ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut sejumlah manfaat oatmeal yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin dan seimbang, diantaranya:

1. Mengurangi risiko obesitas 

Oatmeal kaya akan kandungan serat yang proses pencernaannya membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini akan membuat perut merasa kenyang sedikit lebih lama, sehingga akan mencegah keinginan untuk makan dalam porsi banyak maupun sering-sering ngemil. Alhasil, berat badan pun akan jadi lebih terjaga dan Anda bebas dari masalah obesitas atau berat badan berlebih.

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

2. Mencegah kadar kolesterol jahat meningkat

Kandungan serat yang kaya dalam oatmeal diduga mampu mengurangi sekaligus menghambat penyerapan kolesterol jahat atau LDL di dalam sistem pencernaan (usus). Sehingga ini akan membuat kadar kolesterol jagat dalam tubuh menurun secara signifikan.

Dengan konsumsi serat paling sedikit 6 gr, kurang lebih 1 1/2 cangkir setiap hari, dapat membantu mengurangi tingkat LDL serta kolesterol total yang ada di dalam tubuh. Jika ingin mendapatkan asupan serat yang lebih banyak, Anda dapat mencampur oatmeal bersama buah-buahan, seperti pisang, stroberi, alpukat dan lain sebagainya.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengkonsumsi oatmeal secara rutin bisa menurunkan kadar LDL serta kolesterol total dalam darah. Selain itu, serat laut atau beta-glukan yang melimpah dalam oatmeal juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL).

Hal ini tentu berkaitan dengan kesehatan jantung, dimana penurunan kolesterol dan juga LDL berkaitan dengan menurunnya risiko penyakit jantung. Jadi jika ingin punya jantung yang lebih sehat, konsumsi oatmeal setiap hari sepertinya patut dipertimbangkan. 

4. Menjaga kadar gula darah selalu stabil

Oatmeal kaya akan manfaat luar biasa, salah satunya karena adanya kandungan serat larut atau yang dikenal dengan beta-glukan. Kandungan ini yang ditengarai mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil dengan meningkatkan respon hormon insulin dalam darah. Sehingga membantu memperlambat proses penyerapan gula. 

Dengan rajin mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat larut, salah satunya oatmeal akan mampu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kaya Serat dan Baik untuk Kesehatan, Ini Dia Jenis-jenis Gandum dan Manfaatnya!

5. Mengatasi masalah pada sistem pencernaan

Konsumsi oatmeal atau oat dengan rutin juga diduga mampu membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sebut saja seperti sembelit, irritable bowel syndrome, dan radang usus. 

Oat yang diolah sebagai makanan sehari-hari diduga juga dapat mencegah risiko serangan kanker terutama pada usus besar. Meski begitu, hal ini masih memerlukan bukti yang lebih banyak dan riset yang mendalam. Tapi tak ada salahnya untuk mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi yang sehat.

Penuhi Kebutuhan nutrisi dengan Oatmeal 

Selain dikonsumsi secara langsung sebagai healthy food, oatmeal juga kerap digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit. Misalnya sebagai masker maupun pembersih wajah atau kulit. 

Meski oatmeal punya banyak manfaat dan begitu menyehatkan, tetapi banyak yang kurang menyukainya. Ini karena rasa oatmeal yang hambar dan kurang enak.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan segar sesuai selera. Misalnya saja, seperti bluberi, apel, stroberi, maupun pisang saat menyajikannya. Untuk menambahkan rasa, bisa juga ditambahkan dengan gula merah cair atau madu. Menarik bukan?

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh